Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI TAB REFERENCES PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2010

 

Tab References berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan atau rujukan dalam penulisan berbentuk buku. Contoh penulisan berbentuk buku itu sendiri seperti skripsi, karya tulis ilmiah, makalah, proposal dan lainnya.

Tab References terdiri dari beberapa group, diantaranya Group Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Caption, Index dan Table of Authorities. Untuk penjelasan dari masing-masing group sebagai berikut :

1. Group Table of Contents


Group Table of Contents berfungsi untuk mengelola daftar isi dengan beberapa bentuk yang telah disediakan oleh aplikasi Microsoft Word. Group ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Table of Contents : berfungsi untuk memilih dan mengatur daftar isi otomatis.
  • Add Text : berfungsi untuk menambahkan teks dalam paragraf terpilih ke dalam format daftar isi otomatis yang telah dibuat sesuai dengan level yang diinginkan.
  • Update Table : berfungsi untuk memperbarui bentuk daftar isi otomatis (menu ini biasanya digunakan ketika terdapat perubahan secara manual/tidak otomatis pada daftar isi otomatis yang telah dibuat sehingga membutuhkan penyesuaian dengan perubahan terbaru).

2. Grup Footnotes


Group Footnotes berfungsi untuk menyisipkan dan mengelola berbagai macam model rujukan seperti cacatan kaki atau footnoote dan sejenisnya. Group Footnotes ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Insert Footnote : berfungsi untuk menambahkan rujukan yang berupa cacatan kaki dan terletak di bagian bawah halaman.
  • Insert Endnote : berfungsi untuk menambahkan rujukan yang berupa cacatan di akhir dokumen.
  • Next Footnote : berfungsi untuk memantau footnote dan endnote yang ada secara berurutan.
  • Show Notes : berfungsi untuk menampilkan letak footnote ataupun endnote yang telah ditambahkan sebelumnya.

3. Group Citations & Bibliography


Group Citations & Bibliography berfungsi untuk menyisipkan dan mengelola kutipan langsung. Group ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Insert Citations : berfungsi untuk menambahkan kutipan secara langsung pada area dimana kursor aktif.
  • Manage Sources : berfungsi untuk mengelola semua sumber kutipan yang telah ditambahkan sebelumnya pada dokumen Microsoft Word yang sedang aktif.
  • Style : berfungsi untuk memimilih model/gaya penulisan kutipan langsung sesuai dengan keinginan.
  • Bibliography : berfungsi untuk menambahkan dan mengelola daftar pustaka ke dalam dokumen Microsoft Word yang sedang aktif.

4. Group Caption


Group Caption berfungsi utama untuk menambahkan dan mengelola keterangan gambar sehingga dokumen perbukuan yang dibuat lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Group ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Insert Caption : berfungsi untuk memberikan keterangan pada ilustrasi atau objek yang telah ditambahkan.
  • Insert Table of Figures : berfungsi untuk menambahkan daftar gambar yang ada dalam dokumen.
  • Update Table : berfungsi untuk memperbarui daftar gambar yang telah dibuat sebelumnya.
  • Cross-refrence : berfungsi untuk menambahkan daftar rujukan secara cepat dengan memilih rujukan yang diinginkan pada daftar rujukan yang telah ada. 

5. Group Index


Group Index ini dapat memberikan tanda pada sumber rujukan, daftar kata juga dapat dikelola dengan baik dalam group ini. Group ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Mark Entry : berfungsi untuk memberikan tanda terhadap masukan (sumber) baru dalam dokumen.
  • Insert Index : berfungsi untuk menambahkan indeks atau daftar kata ke dalam dokumen.
  • Update Index : berfungsi untuk memperbarui daftar kata atau indeks yang ada.

6. Group Table of Authorities


Group Table of Authorities berfungsi untuk mengelola daftar isi, daftar gambar, daftar kata dan dalam hal ini pengguna diberikan otoritas untuk melakukan pengaturan berbagai daftar tersebut. Group ini terdiri dari beberapa menu, diantaranya :
  • Mark Citation : berfungsi untuk menandai dan mengelola teks yang telah dipilih dengan memanfaatkan perintah-perintah yang terdapat di jendela Mark Citation.
  • Insert Table of Authorities : berfungsi untuk menambahkan daftar Authorities pada dokumen Microsoft Word.
  • Update Table : berfungsi untuk memperbarui daftar authorities sehingga sinkron dengan kondisi terkini.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi Tab References pada Microsoft Office Word 2010. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "FUNGSI TAB REFERENCES PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2010"