Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom


Tak terasa ternyata sudah beberapa bulan saya vakum tidak menulis artikel / tutorial di blog yang saya cintai ini, bukan karena sibuk, tapi karena malas aja sebetulnya. 

Oke, di kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara memperbaiki graph pada cacti yang tidak bisa dizoom, bagi teman-teman network engineer yang menggunakan NMS cacti untuk memonitoring traffic di jaringannya, pasti sudah pada tahu fitur zoom ini. Jadi fitur zoom pada cacti ini berfungsi untuk melihat traffic yang digraph / dicollect oleh NMS cacti secara lebih detail.

Penggunaan fitur zoom pada cacti biasanya digunakan jika kita ingin melihat traffic pada periode waktu tertentu, misalnya traffic pada jam sekian, tanggal sekian, bulan sekian, dan seterusnya. Jadi bisa dikatakan fitur zoom ini sangat krusial sekali, biasanya saya pakai fitur zoom ini untuk keperluan menghitung SLA untuk customer saya.

Tapi beberapa hari kemaren cacti di kantor yang saya manage tiba-tiba error, fitur zoomnya tidak berfungsi. Untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman lihat animasi GIF di bawah ini.

Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom
Nah jadi kaya gitu lah error yang saya maksud, kalau teman-teman mengalami kendala yang sama seperti yang saya alami, silahkan baca tutorial ini sampai akhir, tapi jangan lupa dishare juga dong.

Untuk diketahui, cacti yang saya pakai adalah Versi 0.8.8b yang saya jalankan di Ubuntu Server 16.04 LTS.

Penyebab Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom

Mari kita cari tahu dulu penyebab graph pada cacti tidak bisa dizoom, sebetulnya kenapa sih? Kok bisa gitu? Nah jadi ini disebabkan karena ada bug pada timestamp cacti, dimana timestamp yang lebih dari atau sama dengan 1600000000, tidak bisa dizoom / tidak bisa diperbesar.

Coba perhatikan gambar di bawah ini (Credit to @SinDeng on Github) :
Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom

Pada gambar di atas, coba perhatikan baris kalimat yang terdapat pada URI yang ditandai dengan warna merah berikut ini :

graph_start=1600052916&graph_end=1600055235&
Jadi setiap kali kita melakukan zoom graph pada cacti, maka tanggal atau waktu yang kita ambil datanya akan didefinisikan dalam bentuk timestamp seperti itu, dimana kalau kita bedah lebih lanjut, kita lakukan konversi, maka timestamp 1600000000 ini equivalent atau sama dengan tanggal 9/13/2020, 7:26:40 PM. 

Jadi kalau dikonversi : 
1600000000 = 9/13/2020, 7:26:40 PM
Kira-kira sampai sini sudah ada pencerahan? Belum? Oke kita lanjut.

Jadi secara default, timestamp pada cacti itu hanya diset sampai 1600000000 atau sampai tanggal 13/9/2020, 7:26:40 PM saja, jadi kalau lebih dari itu, ya datanya enggak bisa kita ambil, enggak bisa dizoom / diperbesar untuk dilihat secara lebih detail, meskipun dizoom ya tetap tidak akan ada perubahan apapun, persis seperti pada gambar GIF yang saya sertakan di atas.

Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom

Jadi begitulah kira-kira penyebab kenapa graph pada cacti tidak bisa kita zoom / perbesar, lalu gimana cara memperbaikinya? Caranya sederhana, kita cukup mengubah nilai timestamp-nya saja menjadi lebih besar.

Pertama, silahkan teman-teman login ke server cacti menggunakan aplikasi PuTTY, disini saya menggunakan Ubuntu 16.04 LTS sebagai servernya, jika sudah, silahkan masuk ke directory cacti, untuk cacti versi lawas seperti yang saya pakai (versi 0.8.8b), directory cacti berada di /usr/share/cacti/site.

$ cd /usr/share/cacti/site/
Di dalam directory /usr/share/cacti/site ini ada 2 file .php yang akan kita edit, yaitu file graph_image.php dan file graph_xport.php. Yang pertama akan kita edit yaitu file graph_image.php.

Buka file tersebut menggunakan teks editor nano.
$ sudo nano graph_image.php
Kemudian cari angka 1600000000, untuk memudahkan pencarian, silahkan tekan tombol CTRL + W pada keyboard, jika sudah ketemu silahkan ubah nilai tersebut menjadi 2600000000, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh gambar di bawah ini :
Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom

Silahkan simpan file dengan menekan tombol CTRL + X lalu ketik Y dan tekan tombol Enter.

File kedua yang harus kita edit yaitu file graph_xport.php. 

$ sudo nano graph_xport.php
Cari lagi angka 1600000000, untuk memudahkan pencarian, silahkan tekan tombol CTRL + W pada keyboard, jika sudah ketemu silahkan ubah nilai tersebut menjadi 2600000000, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh gambar di bawah ini :
Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom

Simpan file dengan menekan tombol CTRL + X lalu ketik Y dan tekan tombol Enter.
 
Langkah terakhir ialah restart web servernya, saya menggunakan apache2 sebagai web server, untuk merestartnya silahkan jalankan perintah berikut :
$ sudo service apache2 restart
 
Silahkan teman-teman login ke dalam cacti, kemudian test apakah fitur zoom sudah bisa digunakan kembali atau belum?

Demikian tutorial kali ini, mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih.
 

Sumber referensi : 
https://github.com/Cacti/cacti/issues/3798

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Tidak Bisa Dizoom"