Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengganti Latar Belakang Aplikasi Zoom


Di masa pandemi seperti pada saat ini aplikasi-aplikasi platform video conference untuk melakukan pertemuan virtual secara daring atau online sangatlah populer, bagaimana tidak, hampir seluruh penggiat yang beraktifitas saat ini melakukannya di rumah yang disebut dengan istilah WFH (Work From Home) / Bekerja dari rumah untuk pekerja atau juga belajar dari rumah bagi para belajar

Salah satunya adalah aplikasi Zoom yang telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Playstore dan menduduki posisi nomor #1 di AppStore untuk kategori Komunikasi Bisnis. Selain untuk smartphone, Zoom juga tersedia pada perangkat PC seperti Windows dan MacOS. Aplikasi Zoom ini telah banyak digunakan dari banyak kalangan seperti pekerja, guru-murid, dosen-mahasiswa untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara daring dari rumah.

Zoom memiliki berbagai fitur-fitur yang mendukung produktifitas meskipun dilakukan dari rumah, salah satunya adalah fitur unggulan mengganti latar belakang menjadi berbagai gambar yang telah disiapkan dan sesuai dengan yang pengguna inginkan agar lebih menarik untuk digunakaan selama pertemuan online, fitur ini dinamakan Virtual Background. Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana mengganti latar belakang Virtual Background pada aplikasi zoom.

Langkah-Langkah Cara Mengganti Latar Belakang atau Virtual Background Aplikasi Meeting Online Zoom di PC/Laptop atau Smartphone/HP

Cara mengganti Virtual Background Zoom di PC/Laptop :

  1. Pertama-tama bukalah aplikasi Zoom
  2. Masuk ke Setting (dengan mengklik icon Setting yang ada di sudut kanan atas)
  3. Pada bagian menu yang berada sebelah kiri pilih "Virtual Background"
  4. Akan ada beberapa latar belakang atau background yang telah disiapkan dari bawaan aplikasi Zoom, namun jika ingin memilih gambar yang telah disiapkan sendiri bisa memilih klik ikon plus atau tambah (+) yang ada di samping pilihan Choose Virtual Background
    *(Note : gambar yang digunakan setidaknya memiliki ukuran resolusi sebesar 1280x720p dengan rasio gambar 16:9 agar hasilnya lebih optimal)
  5. Kemudian masuk ke dalam folder dan pilih gambar atau foto yang telah disiapkan untuk digunakan selama meeting online berlangsung.

Cara mengganti Virtual Background Zoom di Smartphone/HP :

Virtual Background juga bisa diganti jika menggunakan Smartphone/HP, namun tidak semua handphone memiliki fitur ini, hanyalah untuk iPhone/iPad yang menjalankan iOS, sementara Virtual Background belum tersedia untuk Smartphone/HP Android. Cara mengganti virtual background di hp iPhone/iPad pun tidak sulit dan cukup mudah dengan langkah-langkah berikut :
  1. Pertama-tama buka aplikasi Zoom di Smartphone/HP
  2. Tekan tombol menu More yang berada pada pojok kanan sebelah bawah layar
  3. Lalu pilih klik menu Virtual Background
  4. Sama seperti di PC/Laptop akan muncul background bawaan dari Zoom, namun jika ingin menggunakan gambar atau foto yang diinginkan, klik ikon plus atau tambah (+)
  5. Pilih gambar yang telah disiapkan untuk menjadi latar belakang atau background saat meeting online masih berlangsung
  6. Tunggu beberapa saat dan latar belakang akan langsung berubah
  7. Kemudian tekan tombol Close untuk kembali ke halaman Zoom meeting
Nah itulah tutorial langkah-langkah cara mengganti virtual background atau latar belakang aplikasi zoom baik di pc/laptop maupun smartphone/hp. Dengan adanya fitur unggulan dari platform video conference online Zoom ini cukup menarik bukan dalam menjalankan WFH saat meeting secara daring bukan? Jika bermanfaat bisa dibagikan kepada teman-teman lainnya yang mungkin belum tahu


Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Mengganti Latar Belakang Aplikasi Zoom"