Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install GApps di Custom Rom Based AOSP (AEX / AospExtended, RR, Pixel Experience, Corvus dll)


Bagi yang sering mengoprek Android atau sekedar menginstall cusrom/Custom ROM yang berbasis AOSP pastilah tidak asing dengan GApps, karena custom rom yang AOSP-Based tidak menyediakan layanan Google saat pertama kali diinstal. GApps atau Google Apps Packages adalah projek open-source yang berisikan berbagai macam kumpulan daftar aplikasi layanan bawaan Google untuk Android seperti Google Play Store, Google Search, Gmail, Google Calender dan lain sebagainya.
Install GApps adalah sesuatu yang diharuskan setelah berhasil flashing/install cusrom berbasis AOSP seperti AEX (Aosp Extended), Pixel Experience, LineageOS dan custom rom lainnya agar OS Android yang ada dapat menjalankan layanan Google Play (Google Play Service), karena jika tidak, maka tidak dapat download aplikasi-aplikasi yang ada di playstore. Terdapat berbagai macam GApps seperti OpenGApps, NikGapps, BitGapps dan BeanGapps. Meskipun banyak pilihannya, salah satunya yang paling populer digunakan hingga saat ini adalah OpenGApps.
OpenGApps pun memiliki banyak varian ukuran paket yang disediakan dari yang terkecil yaitu versi Pico hingga yang terbesar yaitu Super/Aroma untuk bisa dipasang pada Android dengan versi apapun (yang saat ini tersedia dari versi Lollipop 5.0 sampai Android 10) dan berbagai arsitektur android. Karena banyaknya pilihan yang mungkin beberapa diantara orang awam bingung memilihnya, maka untuk itu pada artikel kali ini akan membahas bagaimana menginstall atau memasang Gapps serta mimilih OpenGApps di Android berbasis AOSP.

Cara Install GApps / Google Apps Packages di Custom Rom AOSP :


1. Membuka OpenGApps.org

Langkah pertama adalah kunjungi halaman resmi OpenGApps disini. Saat di awal halaman sudah terdapat beberapa jenis pilihan yang tersedia, diantaranya adalah ; Platform, Android dan Variant
Jika salah memilih diantara ketiga pilihan itu maka akan terjadi ketidakcocokan dengan device atau rom yang digunakan dan akan menyebabkan paling tidak bootloop / berhenti di logo brand HP atau paling parahnya bahkan bisa menyebabkan hardbrick / tidak bisa menyala. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan untuk hati-hati dalam memilih paket GApps yang akan didownload. Di langkah-langkah selanjutnya akan menjelaskan bagaimana pemilihan paket GApps untuk Android yang terinstall custom rom AOSP.

2. Memilih Jenis Paket; Platform

Langkah kedua adalah pemilihan jenis pilihan paket yang disediakan; Platform, Android dan Variant. Pilih sesuai dengan spesifikasi device yang digunakan, penjelasannya sebagai berikut.
Platform, adalah sebagaimana yang dimaksud itu jenis arsitektur SoC (System-on-Chipset) yang digunakan pada device. Di pilihan ini terdapat 4 jenis Platform diantaranya yaitu : 
  • ARM; atau biasa juga tertulis ARMv7 / armeabi dimaksudkan dengan platform chipset berasitektur 32-bit. Arsitektur jenis ini digunakan pada HP lawas low-end sampai mid-end yang dirilis pada tahun 2016 ke bawah (contohnya seperti Samsung generasi awal seperti Galaxy Note series; I-III ataupun series Galaxy S; I-III).
  • ARM64; atau biasa juga tertulis ARMv8-A / aarch64 adalah platform chipset dengan arsitektur 64-bit. Jenis inilah yang digunakan dan rata-rata pada handphone produksi tahun 2016 keatas hingga saat ini dari low-end sampai high-end yang beredar dipasaran. Bahkan HP yang digunakan pembaca saat ini tidak menutup kemungkinan kalau HP tersebut 64-bit.
  • x86; untuk chipset yang menggunakan platform berasitektur x86 hanya dikhususkan bagi device dengan SoC Intel Atom, karena platform x86 memanglah keluaran Intel dan sangat populer pada jaman Zenfone (4, 5, 6) generasi awal rilis dulu.
  • x86_64; untuk jenis platform arsitektur ini dikhususkan bagi para developer yang menjalankan Android di emulator atau pada Sistem Operasi Android x86_64 yang bisa diinstall pada komputer desktop.
Lalu bagaimana cara mengetahui platform arsitektur SoC / Chipset prosesor device HP yang digunakan adalah ARMv7 (32-bit) atau ARMv8-A (64-bit) di Android? Bisa menggunakan aplikasi AIDA64.
  • Download di playstore, AIDA64
  • Buka Aplikasi AIDA64 yang sudah terinstall
  • Di menu utama, pilih dan masuk ke menu CPU
  • Pada baris Instruction Set akan tertera jenis platform arsitektur yang digunakan.
Jika sudah menemukan jenis arsitektur chipset yang digunakan, pilih platform tersebut di OpenGApps dan bisa ke langkah selanjutnya

3. Memilih Jenis Paket; Versi Android

Langkah ketiga adalah pemilihan versi Android yang digunakan dan telah terinstall pada HP. Misal terinstal custom rom AEX (Aosp Extended) v7.3 yang berarti Android 10 (Ten) maka pada pilihan Gapps adalah Android pilih 10.0.
Untuk melihat versi Android sendiri cukup mudah, bisa menggunakan aplikasi AIDA64 tadi dengan masuk ke menu Android saat menu di menu utama. Atau dengan cara yang hampir semua orang tau yaitu masuk ke Settings > About. Versi Android yang tersedia untuk GApps adalah dari Lollipop 5.0-5.1, Marshmellow 6.0, Nougat 7.0-7.1, Oreo 8.0-8.1, Pie 9.0 dan Ten 10.0. Untuk dari KitKat 4.4 kebawah sayang sekali sudah tidak tersedia.

4. Memilih Jenis Paket; Variant GApps

Langkah keempat adalah pemilihan jenis paket Variant yang tersedia. Setelah mengetahui platform dan versi android yang digunakan, pada langkah ini adalah pemilihan paket Variant yang kadang cukup membingungkan untuk memilih GApps mana yang ingin diinstall. Adapun jenis paket Variant disediakan dari yang terkecil hingga terbesar, yaitu diantaranya :
  • Pico; jenis paket varian yang paling terkecil ukurannya, bisa dikatakan sebagai Minimum GApps, varian ini hanyalah menyediakan layanan dasar Google seperti fungsi Google Play Service yang akan menjalankan sekaligus menginstall Google Play Store.
  • Nano; sama seperti Pico yang memberikan layanan dasar, hanya saja pada versi Nano ini terdapat beberapa additional installation layanan Google agar lebih optimal, seperti Google Digital Wellbeing. Pilih paket varian ini atau Pico jika hanya ingin mendapatkan fungsi Google Play Store / Service
  • Micro; versi Micro akan menginstall beberapa aplikasi standar Google seperti Gmail, Google Calender, Google Search App, Google Wallapers dan bahkan Pixel Launcher. Biasanya yang digunakan untuk instalasi gapps setelah instal custom rom/cusrom aosp adalah jenis paket varian Micro ini.
  • Mini; untuk versi varian Mini ini ukurannya sudah lumayan besar, karena terdapat beberapa aplikasi bawaan layaknya Android bawaan tetapi sudah dioptimasi, contohnya aplikasi seperti Google Maps, Google Calculator, Google Clock, Google Messages, Google Photos, Youtube dan lainnya.
  • Full; versi varian ini akan memberikan hampir semua layanan bawaan Google, sama seperti versi Mini tapi lebih complete dengan aplikasi-aplikasi produktifitas lainnya yang akan terinstall seperti Google Chrome, Google Drive, Google Keep Notes, Google News, Google Play Books, Google Play Games dan lainnya. Tentu dengan ukuran yang lebih besar juga.
  • Stock; versi varian Stock akan memberikan layanan dan aplikasi sama seperti HP Android bawaan pabrik tanpa modifikasi didalamnya, jika diistilahkan, aplikasi yang ada sama seperti ketika membeli Android milik Google yaitu Google Pixel. Serta ada dukungan layanan tambahan seperti fitur VR. Untuk ukuran varian GApps Stock Android ini hampir mencapai 1GB.
  • Super; ini adalah paket varian GApps  terkomplit dan terlengkap. Semua aplikasi dan layanan Google akan terinstall jika memilih varian ini. Seperti yang dituliskan di website OpenGApps "for those who want everything, includes all Google Apps that ever shipped on a Google Device"
  • Aroma; untuk versi ini bisa dibilang juga versi lengkap yang sama seperti varian Super, tetapi ditunjukkan bagi mereka yang ingin mengkustomisasi aplikasi dan layanan Google apa saja yang perlu dicentang kemudian diinstall. Aroma sendiri memanglah sebuah installer yang berbentuk graphical.
Lalu paket varian versi apa yang harusnya diinstall? Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian versi Nano, Pico dan Micro diatas tadi. Jika hanya ingin fungsi Google Play Store nya saja, bisa memilih Nano atau Pico (tapi rekomendasinya Pico). Jika ingin ada sedikit layanan penunjang produktifitas seperti Gmail, Calender dan Calculator, bisa memilih varian Micro karena memang standarnya itu ketika menginstall gapps setelah pemasarang custom rom AOSP.
Hapemu kentang dan penyimpananmu sedikit? Sangat tidak direkomendasikan untuk memilih varian versi Full atau Stock atau bahkan Super.

5. Menginstall GApps.zip di Cusrom AOSP

Jika telah selesai memilih jenis paket varian apa yang telah didownload tadi, file yang didownload akan berbentuk .zip dan langkah selanjutnya adalah instalasi file Gapps.zip di custom rom aosp. Untuk instalasinya sama seperti install cusrom yaitu menggunakan recovery seperti TWRP. Tentunya jika sudah menginstall custom rom, sudah pasti TWRP pun juga terpasang.

Jadi, adapun langkah-langkah instalasi Gapps di rom AOSP menggunakan TWRP yaitu :

  • Pastikan file GApps.zip tadi ada didalam internal storage atau bisa juga di sdcard memory (jika didownload menggunakan komputer, dipindahkan terlebih dahulu ke HP). Boleh letakkan di luar folder atau di dalam folder 'Download' (atau apapun namanya).
  • Matikan HP dan nyalakan lagi sambil tekan Vol Up + Power + Vol Down secara bersamaan
  • Maka dia akan boot masuk ke Recovery Mode (dimana Recovery ini adalah TWRP)
  • Pilih menu Install
  • Cari file GApps.zip yang tadi sudah disiapkan
  • Swipe ke kanan atau pilih install now untuk menginstall gapps.
  • Setelah itu restart HP dan tunggu hingga masuk ke menu utama layar dan silahkan cek layanan aplikasi Google yang terinstall
Nah sekian cara memilih varian dan menginstall gapps di custom rom Android yang berbasis AOSP. Tutorial dan cara langkah diatas bisa digunakan untuk semua cusrom apa saja yang penting berbasis AOSP seperti AEX (Aosp Extended), Pixel Experience, LineageOS, Evolution-X, Corvus dan lain sebagainya. Caranya cukup mudah sesuai langkah diatas dan semoga tidak berbelit saat membacanya. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke yang lain. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Install GApps di Custom Rom Based AOSP (AEX / AospExtended, RR, Pixel Experience, Corvus dll)"