Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Kali Linux 2020.3 Dual Boot Window


Kali linux merupakan sebuah sistem operasi turunan Debian (Linux) yang didalamnya terdapat bermacam-macam tools/alat yang sering dipakai untuk membobol (hacking) atau penetrasi sebuah komputer,jaringan dan sisitem keamanan lainnnya.

Sistem operasi kali linux sendiri sering di pakai oleh:

  • Teknisi jaringan
  • Peretas, seseorang yang bergelut di dunia hacking dan cracking. 
Selain itu sistem operasi kali linux ini juga bermanfaat untuk hal-hal yang positif juga loh, misalnya:

  • Mengetest keamanan komputer dan jaringan
  • Pembelajaran tentang sebuah keamanan
  • Pentest
  • Dll


Dalam postingan ini saya akan membagikan cara mudah dan cepat bagaimana instalasi Kali linux versi terbaru pada Laptop/komputer. Disini kita tidak memakai kaset CD tapi instalasi sistem operasinya pakai USB. Oke langsung saja ya tutorialnya ada di bawah ini:

Tutorial Instalasi Kali Linux 2020.3 Dual Boot Windows

  1. Langkah pertama download dulu file master .ISO  kali linuxnya melalui pencarian google atau di website resmi. Kalian bisa pilih yang versi 32-bit/64-bit.

  2. download file master kali linux
  3. Setelah didownload, kalain juga wajib download software bantuan untuk proses flashing ke USBnya. Di sini saya sarankan pakai Balena Etcher kalian bisa mencarinya di google.

  4. download file balena etcher
  5. Jika sudah mendownload Peralatan semuanya diatas, Kalian buka Balena Etcher dan tancapkan flashdisk ke colokan usb lalu klik Select Image untuk menetukan sistem operasi. Arahkan ke File .ISO kali linux yang sudah di download. Kemudian klik Select Drive untuk menetukan lokasi Flashdisk kalian.

  6. cara flash dengan balena etcher
  7. Jika sudah semua baru memulai proses Flashing USB Flashdisknya dengan mengklik tombol FLASH!

  8. Tunggu hingga proses selesai. Dan jika sudah selesai kalian restart dan tancapkan Flashdisk ke port USB komputer/laptop yang ingin kalian instal. Kemudian kita perlu mensetting BIOS agar mau booting lewat USB Flashdisk. Tekan F2 atau Del untuk masuk pengaturan BIOS (Sesuaikan dengan tombol laptop/komputer kalian)

  9. tombol untuk masuk bios laptop
  10. Jika sudah masuk bios langsung saja masuk ke pengaturan Boot dan rubah posisi flashdisk menjadi paling atas. Jika sudah disetting baru save dan exit dengan menekan tombol F10. pengaturan posisi booting flashdisk dari bios

  11. Setelah laptop restart, maka akan booting lewat flshdisk dan pilih mode pengistalan kali linux - Graphical Install. graphical install kali linux

  12. Setelah masuk proses penginstalan, kalin tentukan keyboard, jam, bahasa, dan Login + Passwordnya (INGAT JANGAN SAMPAI LUPA USERNAME + PASSWORD YANG DI BUAT). proses penginstalan membuat login user kali linux

  13. Kemudian nanti disuruh untuk membuat atau menentukan besaran partisi, kita pilih yang manual saja. 

  14. proses membuat partisi kali linux
  15. Disini kita WAJIB membuat 2 jenis partisi (System EXT4 + Swap area), Kita buat Partisinya untuk systemnya sebesar 32 GB dan 2 GB untuk partisi swabnya. Jangan lupa untuk partisi Ext4 mount poinnya di jadikan "/" format partisi ext4 kali linux

  16. Setelah itu kita pastikan, apakah partisi kita sudah yakin dan benar, Jika sudah maka langsung eksekusi proses flashing dan penginstalannya dengan memilih finish partitioning and write to disk.

  17. finish partisi swap kali linux
  18. Lalu tunggu hingga proses penginstalannya selesai, sebelum selesai nanti kita akan di hadapkan dengan pilihan tampilan desktop kali linux, Kalian bisa memilih sesuai selera. Kalau saya memilih secara defaultnya aja Xfce.

  19. proses pengintalan grub loader kali linux
  20. Sebelum Finish, nanti ada lagi pilihan untuk penginstalan Grub loader kali linux, kalian tentukan lokasi hardisknya ya untuk penginstalan grub loader kali linuxnya. Jangan salah memilih di flashdisk.

  21. proses penginstalan grub loader kali linux
  22. Setelah selesai semua tahap-tahapan instalasi, maka komputer akan Reboot, dan sukses masuk ke grub loader kali linux. Jika kalian punya 2 sistem operasi (Windows atau yang lainnya) maka akan terdeteksi di grub loader kali linux ini.

  23. menu grub loader kali linux dan windows
Cukup mudah dan simpel kan proses penginstalan kali linux 2020.3 terbaru ini.

Posting Komentar untuk "Cara Install Kali Linux 2020.3 Dual Boot Window"