Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gagal Ping Dalam Satu Jaringan

 


 

Ping merupakan suatu utilitas yang biasa digunakan untuk menguji jaringan antara protokol internet. Dengan memanfaatkan Ping ini kita bisa mengetahui status host tujuan sedang mau menerima paket atau tidak.

Ping sendiri memiliki Fungsi Yang sangat penting, diantaranya:

  • Digunakan untuk komunikasi antar komputer, jika ping ada balasannya maka komputer tujuan bisa saling bertukar paket data. Misalnya jika paket menunjukkan adanya (%loss), maka sudah dipastikan komputer ataub perangkat yang akan dituju tidak akan bisa berkomunikasi atau berhubungan satu sama lain.
  • Mengecek dan menstabilkan suatu jaringan
  • Bisa dimanfaatkan untuk mengecek adanya trobleshooting pada suatu jaringan
Kadang kalanya kita bisa mengalami masalah saat kita mau ngeping ke komputer tujuan di dalam satu jaringan dengan melakukan ping, kita malah mendapatkan balasan dari komputer tujuan adalah 100% loss.

Nah dalam postingan kali ini saya akan membagikan tips yang sangat mudah mengatasi permasalah kenapa kita tidak bisa melakukan Ping padahal sudah ada di dalam satu jaringan. Oke langsung saja ya bro:


  1. Permasalah utama gagal melakukan ping karena secara default ada beberapa fitur yang nonaktif. Kalian bisa langsung pergi ke komputer tujuan dan masuk  ke Open Network & Internet Setting

  2. masuk menu network & settings windows 10
  3. Setelah itu pergi ke Network and Sharing Center - Advanced Sharing Setting - Dan aktifkan/enable/ON beberapa menu yang tadinya itu Off.

  4. menu advanced sharing settings windows 10


    menu advanced sharing settings windows 10menu advanced sharing settings windows 10

Nah jika sudah di on semuanya, kalian bisa cek pingnya lagi. Maka komputer bisa bertukar paket data lagi. Jika belum jelas bisa simak contoh berikut:

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Gagal Ping Dalam Satu Jaringan"