Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengenal Kali Linux Distro Linux Untuk Hacker

Apa itu Kali Linux?

Kali linux adalah distro linux yang dikembangkan oleh “Offensive Security” berdasarkan linux berbasis debian yang didesain untuk framework digital forensics ,penetration testing dan audit kemanan jaringan.

Di dalam kali linux sudah tersedia berbagai macam tools guna melakukan penetration testing (pentesting) ke infrastruktur IT yang akan diaudit.

Dulu Bernama Backtrack

Kali Linux didevelop oleh Mati Aharoni and Devon Kearns dari Offensive Security dengan cara membangun dan menulis ulang distro backtrack dan menggantinya dengan nama baru yaitu KALI.

Tujuan utama distro ini dibuat pada awalnya adalah sebagai alat untuk Kernel Auditing Linux, dari sinilah nama KALI muncul.

Banyak orang salah mengartikan kalau KALI itu nama dewa agama hindu, padahal KALI diambil dari akronim Kernel Auditing Linux.

Kali Linux di Serial Mr.Robot

Kali linux menjadi sangat populer di kalangan awam setelah munculnya serial mr.robot,dimana pemeran utama ” Elliot Alderson ” menggunakan kali linux untuk melakukan hacking.

Semua orang dan anak muda yang tertarik akan hacking berlomba-lomba untuk belajar kali linux dengan harapan menjadi lebih keren seperti ” Elliot Alderson “.

Distro Linux Hacking

Kali linux menjadi sangat populer di para penggiat hacking, padahal ada bayak sekali distro linux serupa yang fungsinya sama misalnya :

  • BlackBox
  • Parrot Secrity OS
  • BlackArch
  • Bugtraq
  • DEFT Linux
  • Pentoo Linux

Sperti kali linux,distro diatas sudah dibekali dengan berbagai macam tool untuk melakukan security audit atau hacking.


Belajar Kali Linux Untuk Jadi Hacker

Kamu mencari artikel dan menemukan artikel ini kemudian membacaranya karena kamu ingin “belajar kali linux” agar bisa “menggunakan kali linux untuk hacking“, tapi sebelum itu kamu perlu meluruskan beberapa pemahaman yang salah.

Karena faktanya kamu tidak bisa menjadi hacker secara instan hanya dengan belajar menggunakan kali linux dan tools yang ada di dalam nya.

Kali Linux Bukan Untuk Pemula

Fakta yang paling mungkin “menyakitkan” untuk mu adalah kali linux dibuat dan didesain bukan untuk pemula atau orang awam yang tidak paham akan IT dan bukan untuk orang yang pengin jadi hacker instan juga.

Kali linux didesain untuk memudahkan ahli IT seperti developer, pentester, engineer, dalam melakukan pekerjaan nya karena kali linux telah menyediakan framework dan semua tools untuk mereka.

Kali Linux Adalah ToolBox, Bukan Tools

Kali linux adalah sebuah kotak peralatan, kamu tidak bisa menjadi seorang pelukis hanya dengan belajar cara menggunakan kotak peralatan, kamu harus belajar cara menggunakan alat lukis yang ada di dalam kotak peralatan tersebut agar bisa melukis.

Kali linux dilengkapi dengan berbagai tool untuk berbagai macam kebutuhan guna mendukung kegiatan developing, pentesting, security audit, debuging dan lain sebagainya.

Kamu harus belajar cara menggunakan tool yang ada didalam kali linux, bukan belajar kali linux nya,karena kali linux hanyalah sebuah OS linux biasa.

Yang menjadikan kali spesial adalah tools yang ada didalam nya, tools inilah yang perlu kamu pelajari cara menggunakan nya.

Pelajari Imu Dasar nya dulu

Agar kamu bisa menggunakan tools yang ada di dalam kali linux, kamu harus belajar dan tau dulu ilmu dasar akan guna tool tersebut.

Mulailah dari ilmu yang paling dasar atau umum, kemudian diperdalam hingga menyempit ke sub bab hingga kamu paham cara kerja disiplin ilmu yang kamu pelajari.

Harus Jadi Ahli Di Disiplin Ilmu Tersebut

Setelah kamu tau dengan detail cara kerja akan disiplin ilmu yang kamu pelajari dan tau 100% seluk beluknya maka kamu dengan mudah akan bisa mencari celah di sistem yang menggunakan aplikasi ciptaan dari disiplin ilmu yang kamu pelajari.

Untuk memudahkan pekerjaan “mencari celah” barulah kamu menggunakan tool yang telah disediakan oleh kali linux agar lebih cepat.

Harus Bisa Linux dan Coding

Untuk bisa menggunakan tool tersebut tentunya kamu harus sudah bisa linux, minimal kamu sudah menguasai perintah linux.

Bisa coding menjadi kewajiban seorang hacker, dengan bisa koding maka kamu akan paham bagaimana aplikasi bekerja dan lebih mudah untuk menemukan kelemahan suatu program dengan memahami alur kerja program tersebut.

Skill coding juga diperlukan saat kamu akan membuat custom exploit setelah kamu menemukan suatu bug, custom exploit inilah yang nantinya akan menembus pertahanan target sebagai tiket masuk ke sistem.

Kali Linux Bukan Alat Untuk Menjadi Hacker

Kamu sekarang sudah mulai paham bukan apa sebenarnya kali linux, perlu belajar banyak untuk menjadi hacker putih (ethical hacker), yang bisa kamu jadikan mata pencaharian dengan menawarkan jasa audit keamanan infrastruktur IT ke suatu perusahaan.

Menggunakan dan belajar kali linux tidak akan menjadikan mu seorang hacker secara instan, perlu proses panjang untuk belajar banyak disiplin ilmu hingga kamu menjadi ahli IT dan layak disebut sebagai HACKER.

Ethical Hacker vs Script Kiddie

Ethical hacker adalah orang ahli dibidang IT dan menggunakan skillnya untuk mengaudit sistem keamanan infrastruktur IT guna merancang sistem yang lebih aman agar hacker jahat tidak bisa masuk.

Ethical hacker saat ini sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan besar, dimana informasi/data sama berharganya dengan nilai perusahaan tersebut dan perlu dilindungi keamanan nya agar tidak bocor/dicuri.

Di lain sisi ada banyak kaum pemula yang sok-sokan ingin jadi hacker dengan cara menggunakan tool hacking dan exploit yang masuk kategori CVE buatan orang lain untuk nge hack sistem yang belum ter patch/terupdate.

Perlu kamu ketahui Common Vulnerabilities and Exposures (CVE) adalah kelemahan sistem/vulnerability yang sudah ditemukan patch nya dengan kata lain “ini adalah bug yang uda kedaluwarsa, semua orang tau dan uda ada patch nya”.

Ibarat virus, sudah ditemukan obatnya/vaksin nya. Cukup pakai vaksin itu agar tidak keinfeksi.

Para script kiddie menggunakan google dork untuk mencari sistem dengan memanfaatkan bug CVE dengan harapan mendapatkan sistem yang belum ter vaksin/patch/update.

Jika kamu tipe hacker seperti ini yang tidak punya skill, gak bisa coding, dan hanya bisa pakai tool dan bug temuan orang untuk “hacking”, selamat kamu masuk dalam golongan kelas “HACKER TERENDAH”, jika diteruskan kamu bisa dalam masalah besar “KRIMINAL”.

Pemula Boleh Belajar Kali Linux

Tidak ada larangan untuk belajar, asal dengan tujuan yang baik, begitu juga dengan belajar kali linux.

Pemula boleh belajar kali linux walau tujuan nya “pengin terlihat keren dan bisa menjadi hacker”, tujuan itu sangat bagus sekali kok asal belajarnya melalui jalur yang benar.

Jangan hanya belajar cara mengunakan tool tertentu dengan mengikuti tutorial gak jelas di website atau youtube yang bahkan kamu tidak tau apa maksudnya, bisa-bisa malah kamu yang kena hack.

Kamu gak mau menjadi seorang script kiddie bukan? yang bisanya cuman pake tool orang doang dan gak bisa nyari bug sendiri?

1# Mulailah dengan belajar linux dengan mengikuti kelas “Linux untuk Pemula” hingga sampai kelas linux server, jangan kuatir kalau kamu lulus semua kelas tersebut kamu bisa pakai semua jenis linux yang ada, termasuk kali linux.

2# Mulailah belajar coding agar kamu paham bagaimana aplikasi bekerja, dengan memahami alur kerja suatu aplikasi dan komponen yang digunakan kamu akan lebih mudah untuk melakukan hipotesa guna menemukan bug suatu program. Dari bug tersbut kamu bisa menulis exploit dengan memanfaatkan skill coding mu.


Memulai Belajar Kali Linux Untuk Pemula

Jadi sekarang kamu sudah paham kan tentang kali linux yang akan kamu pelajari?

Kamu gak bisa serta merta mengambil jalan pintas langsung praktek nge hack dengan mengikuti tutorial hack dengan kali linux yang ada di internet tanpa kamu tau maksudnya.

Mungkin kamu langsung berhasil mempraktekan tutorial tersebut, tapi pertanyaan nya “apakah kamu mengerti degan apa yang kamu lakukan?” dan “apakah kamu bisa mengulanginya lagi tanpa nyontek?” jika jawab nya tidak maka kamu tidak mendapatkan pelajaran dan skill dari tutorial tersebut.

Untuk bisa, pertama kamu harus MENGERTI, bukan hanya HAFAL tanpa mengerti apa yang kamu hafalkan, 2 hari juga bakal ilang tu, tapi kalau kamu mengerti bakal dihafal sampai mati.

Agar kamu bisa menggunakan kali linux , maka kamu harus punya bekal ilmu terlebih dahulu.

1# Belajar Dasar Jaringan

Ini wajib banget dan harus paham 100% ilmu dasarnya, mengapa?

Ya karena kamu mau ngehak kan dari jarak jauh kan? pakai sambungan internet berbasis IP kan?

Kalau kamu gak tau konsep dasar dan cara kerja jaringan komputer, gimana kamu bisa ngehack broo…, IP public dan private aja bingung gimana mau ngeset reverse shell /backdoor untuk mendapatkan persistence access.

Makanya kamu perlu belajar dulu “minimal jaringan dasar”

Disitu kamu akan belajar bagaimana komputer bisa saling bertukar data menggunakan aturan TCP/IP dan paham perbedaan IP public dan Private.

2# Belajar Linux Dasar

Kali linux adalah sebuah sistem operasi linux, untuk bisa menguasai kali linux minimal kamu sudah bisa ilmu dasar linux “Linux Desktop”.

Yap, kali linux sudah punya tampilan desktop/GUI jadi minimal kamu sudah akrab dengan tampilan nya dan tidak bingung akan istilah dan menu yang ada di kali linux.

Baca,pelajari dan praktekan hingga lulus sebelum kamu menyentuh kali linux, kalaupun kamu gak mau baca ujung-ujungnya kamu bingung dan balik juga untuk masuk kelas tersebut.

3# Belajar Perintah Linux

Kali linux dedesain untuk profesional, jadi sebagian besar tools nya menggunakan command line/shell berbasis text yang cara menggunakan nya kamu harus mengetikan perintah linux.

Maka kamu perlu belajar perintah linux mulai dari perintah dasar, navigasi, administrasi, jaringan dan paket management.

Tanpa kamu bisa perintah linux mustahil kamu bisa menggunakan kali linux, jadi pelajari dan praktekan lah perintah linux yang ada di kelas tersebut.

Jangan kuatir, saa kamu lulus kelas perintah linux, kamu bisa menggunakan linux jenis apapun menggunakan terminal, termasuk kali linux.

4# Belajar Linux Server

Kamu belajar kali linux untuk hacking kan? mau ngehack server kan?

Akan sangat lucu sekali seseorang mau ngehack server tapi gak tau tentang server dan gak tau cara membuat server.

Ingat bois, untuk bisa ngehack kamu perlu menemukan bug, untuk menemukan bug kamu harus tau bagaimana system bekerja, jadi kesimpulannya agar kamu bisa ngehack server kamu juga harus tau cara kerja dan cara membuat server biar kamu mendapatkan vibe kira-kira kesalahan atau bug apa yang ada di server.

Disitu sudah saya jelaskan konsep,jenis dan berbagaimancam cara untuk membuat sebuah server, minimal kamu akan tau saat ngehack, sebenarnya infrastruktur server seperti apa yang sedang kamu hack.

5# Belajar Coding

Ini point yang terakhir tapi bukan berarti kamu tidak bole belajar hal lain diluar 5 point ini.

Aplikasi dan service dengan kata lain semua software dibuat menggunakan bahasa pemrogramman, ada banyak bahasa pemrogramman di dunia ini tapi kamu bisa menghitung dengan jari bahasa yang populer.

Mulailah belajar dari satu bahasa pemrogramman yang paling gampang “PHP” misalnya yang umum digunakan untuk mendesain backend sebuah aplikasi berbasis web.

Atau kamu bisa belajar bahasa C++ ataupun JAVA jika kamu ingin membuat aplikasi binnary.

Gak perlu bisa banyak bahasa pemrogramman, karena jika kamu ahli di satu bahasa pemrogramman maka kamu bakal sangat cepat untuk belajar bahasa pemrogramman yang lain.

Kuasai 5 Point Dasar Diatas Agar Lebih Mudah

Jika kamu telah menguasai semua bekal ilmu diatas, saya jamin kamu bakal lebih mudah untuk belajar dunia security, termasuk hacking ataupun kali linux.

Tapi kalau kamu belum punya bekal ilmu tersebut, bakalan bingung ditengah jalan saat sedang pegang kali linux, tak berdaya karena tidak tau harus melakukan apa dan tidak tau caranya.

Walau tau caranya, tapi itu hanya sekedar hafalan dan tak paham maksudnya sehingga kamu tidak akan berkembang.

 

Sumber : https://www.belajarlinux.org/kali-linux/

Posting Komentar untuk "Belajar Mengenal Kali Linux Distro Linux Untuk Hacker"