Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Xiaomi Redmi 6A Yang Bootloop 100% Sukses


Punya hp Xiaomi Redmi 6A yang bootloop? Tenang saja bro, karena disini saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana caranya, agar kita bisa mengatasi masalah hp Xiaomi Redmi 6A milik anda yang bootloop, atau melakukan restart terus menerus di logo MI dan tidak bisa masuk ke homescreen sama sekali, sehingga hp anda tidak bisa digunakan lagi.

Kasus bootloop pada sebuah smartphone android, ada banyak sekali penyebabnya. Kadang kita sendiri tidak menyadari akan hal itu. Namun ada beberapa faktor penyebab utama yang merupakan kesalahan atau keteledoran dari user itu sendiri. Seperti melakukan root serta modifikasi system yang ada pada smartphone tersebut, ataupun kesalahan saat melakukan pembaruan atau update rom ke versi terbaru, serta masih banyak penyebab lainya yang dapat memicu sebuah smartphone menjadi bootloop.


Nah kasus yang kedua diatas, baru-baru ini dialami oleh teman saya sendiri yang menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 6A. Dia mengupdate atau melakukan pembaruan system secara OTA namun sebelum selesai proses pembaruan, ponselnya keburu dimatikan terlebih dahulu. Mungkin karena proses pembaruan yang memakan waktu terlalu lama atau bagaimana, sehingga ia terpaksa matikan ponsel tersebut. Dan pada akhirnya setelah ponsel dinyalakan kembali, ponsel tersebut melakukan restart terus menerus di logo Mi sampai habis baterai. Jalan satu-satunya agar ponsel tersebut kembali normal yaitu dengan cara melakukan flash atau install ulang stock rom.

Nah, bagi anda pengguna Xiaomi Redmi 6A yang kebetulan saat ini mengalami kejadian yang sama, atau apapun penyebab lainnya sehingga hp anda menjadi bootloop, maka janganlah panik. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini untuk melakukan flashing agar hp anda bisa kembali normal dan anda dapat menggunakannya kembali.

Langkah-langkah Melakukan Flash Atau Install Ulang Xiaomi Redmi 6A.

Xiaomi redmi 6a adalah ponsel yang menggunakan chipset Mediatek Helio A22 maka cara  untuk melakukan flash bisa juga menggunakan SPFlash Tool. Namun pada tutorial ini kita menggunakan tools dari xiaomi itu sendiri yaitu XiaoMiFlash, tapi syaratnya adalah ponsel Redmi 6A milik anda harus dalam keadaan sudah Unlock Bootloader.

Salah satu tanda agar anda bisa kenali bahwa ponsel tersebut sudah unlock bootloader yaitu dengan cara melihat pada saat ponsel dinyalakan atau saat booting pertama kali pada logo Mi dibawahnya terdapat tulisan Unlocked di sertai dengan gambar gembok yang terbuka. Jika sudah yakin ponsel anda benar-benar sudah unlock bootloader, maka silahkan simak langkah-langkah untuk melakukan flash dibawah ini. Tetapi sebelumnya anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Catatan: Firmware Redmi 6A yang anda download, sebelumnya berformat tgz namun sudah saya extrac dan repack kembali dengan format zip. Jadi anda tinggal extrac dan gunakan. Kenapa file tersebut harus saya ubah, karena mengingat ada juga teman-teman yang kesulitan melakukan extrac file dengan format tgz, karena butuh dua kali extrac agar bisa digunakan. 


Bahan Flash Redmi 6A:
▪ Redmi 6A Global Stabil V9.6.11.0.OCBMIFD.
▪ XiaoMiFlash20171212.zip
▪ Minimal Adb And Fastboot 
▪ All MTK USB 

Setelah semua bahan diatas anda persiapkan maka sekarang kita mulai dengan melakuakan proses flash pada Redmi 6A milik anda. Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini agar proses flash berjalan dengan baik.

▪ Buatlah sebuah folder lalu extrac semua bahan yang telah anda download.

▪ Pindahkan atau copy firmware stock rom Redmi 6A yang sudah di extrac tadi dan simpan pada disk C. Jangan simpan di dalam folder apapun, simpan diluar saja.

▪ Langkah berikutnya Install All MTK USB Driver di PC/Laptop anda.

▪ Install Minimal Adb And Fastboot, caranya klik kanan pada file Minimal ADB Fastboot v1.4.3.exe lalu Run as administrator, tinggal klik tombol Next, install dan finish.

▪ Install juga XiaoMiFlash

▪ Buka disk C dan temukan folder XiaoMi XiaoMiFlash.exe dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator biar lebih afdhol. Lihat Gambar:

Cara Flash Xiaomi Redmi 6A Yang Bootloop.
Gambar Milik Pribadi
▪ Setelah terbuka MiFlash, silahkan klik Select dan arahkan ke firmware Redmi 6A yang anda simpan pada disk C tadi lalu klik Ok.

▪ Silahkan tekan dan tahan secara bersamaan tombol power+vol down agar Redmi 6A masuk ke Fastboot Mode lalu hubungkan ke PC menggunakan kabel data.

▪ Setelah ponsel terhubung ke PC klik refresh pada MiFlash maka otomatis ponsel Redmi 6A akan terdeteksi. Lihat Gambar:

Cara Flash Xiaomi Redmi 6A Yang Bootloop.
Gambar Milik Pribadi. 
▪ Karena kita akan melakukan install ulang Redmi 6A, maka pilih clean all seperti contoh gambar diatas, lalu klik Flash.

Proses flash akan berjalan, maka silahkan tunggu sampai proses flash sukses lalu cabut kabel yang terhubung ke PC dan coba hidupkan ponselnya. Booting pertama agak lama gan, jadi silahkan di tunggu saja. Sampai disini, saya yakin bahwa Xiaomi Redmi 6A milik anda sudah normal kembali. Cukup sampai disini artikel kali ini dan saya ucapkan "Selamat Mencoba!".

Posting Komentar untuk "Cara Flash Xiaomi Redmi 6A Yang Bootloop 100% Sukses "