Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sinyal Lemah Pada HP Xiaomi

Apa itu sinyal? 

Definisi, sinyal adalah suatu hal gejala fisika dimana satu atau beberapa dari karakteristiknya melambangkan informasi. 

Jenis Jenis Sinyal  

Terdapat beberapa sinyal, Setelah kita mengetahui tentang apa itu sinyal, lalu ada berapakah jenis sinyal yang ada secara umum? Berdasarkan hakikatnya, sinyal terbagi menjadi ke dalam 2 tipe yaitu Sinyal Analog dan Sinyal Diskrit.

Sinyal menjadi bagian yang penting dalam sebuah smartphone. Tanpa adanya sinyal, smartphone tidak akan bisa digunakan untuk internetan dan memenuhi kebutuhan lain yang bersifat online. Sinyal yang tidak stabil bisa membuat orang emosi karena kecepatan internet yang lambat sementara pekerjaan kita harus terpenuhi secepat mungkin.  Selain itu, masalah lain adalah sinyal yang hilang secara tiba - tiba tanpa sebab. Hal ini terjadi karena kerusakan pada software atau hardware, daerah yang tidak terjangkau sinyal,

Disini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mengatasi sinyal hilang atau lemah untuk user Xiaomi

1. Jangkauan sinyal


Cara ini sangat simpel yaitu mencari sinyal dengan pindah ke daerah / tempat lain. Jika di tempat anda saat ini tidak terjangkau sinyal maka cobalah untuk pergi ke tempat lain seperti jalan, kebun, pinggir sungai dan lainnya.

Jika anda sudah mencari sinyal kemana - mana tapi belum dapat juga, mungkin daerah anda tidak terjangkau oleh sinyal. Untuk mengatasinya, anda harus pindah ke daerah yang lebih padat penduduk.

2. Mode pesawat


Anda bisa menyalakan mode pesawat untuk merefresh sinyal supaya muncul kembali. Mode pesawat bisa mengatasi sinyal yang tiba - tiba hilang, sinyal lemot dan sinyal tidak ada layanan.

Caranya anda masuk ke pengaturan > pilih lsinnya > mode pesawat > aktifkan > tunggu sampai 5 - 10 menit, setelah itu anda matikan mode pesawat maka sinyal akan kembali normal.

3. Melepas kartu SIM


Cara yang lebih simpel adalah dengan melepas kartu SIM anda untuk memperbaiki error - error kecil pada ponsel xiaomi. Jika ponsel pernah terjatuh maka kemungkinan kuningan pada kartu SIM akan bergeser dan menyebabkan kartu SIM tiba - tiba tidak terdeteksi.

Untuk mengembalikannya, anda bisa membuka kartu SIM dari ponsel. Caranya, anda matikan ponsel terlebih dahulu kemudian ambil kartu SIM dari dalam ponsel, anda tunggu 5 - 10 menit. Setelah itu, anda pasang dan nyalakan ponsel kembali.

4. Restart android


Anda bisa merestart android xiaomi anda untuk mengembalikan sinyal yang hilang. Untuk merestart android, anda bisa tahan tombol power sampai muncul menu, kemudian anda pilih restart / reboot.

Tunggu sampai proses restart berlangsung, setelah itu sinyal xiaomi yang hilang atau tidak stabil. Merestart ponsel bisa mengatasi error - error kecil, jika sinyal masih tidak muncul berarti terdapat masalah lain yang harus ditangani.

5. Ubah mode jaringan


Sinyal yang tidak muncul selama seharian bisa disebabkan oleh lemahnya kekuatan jaringan di daerah anda. Tapi, hal itu bisa diatasi dengan mengubah mode jaringan di android xiaomi.

Caranya masuk ke pengaturan > pilih kartu SIM > pilih kartu SIM yang sinyalnya hilang > pilih otomatis. Dengan mengubah mode jaringan ini pasti sinyal akan muncul, jika tidak muncul juga anda memakai aplikasi signal lock.


Silahkan download aplikasinya disini, pasang dan buka aplikasinya. Pada menu utama, anda akan melihat keterangan spesifik dari jaringan seluler xiaomi. Anda ubah mode jaringan yang dipilih ke mode jaringan lain seperti WCDMA Only atau GSM Only.

6. Flash ponsel xiaomi


Anda bisa melakukan flashing xiaomi redmi untuk mengatasi sinyal yang bermasalah. Bisa jadi firmware yang sedang digunakan bermasalah sehingga dengan melakukan update atau downgrade maka sinyal akan normal kembali.

Misalnya, anda pernah melakukan flashing kemudian anda update OS maka bisa muncul bug pada firmware tersebut sehingga membuat sinyal hilang dan tidak stabil.

Pada pengaturan > tentang ponsel > pembaharuan sistem. Jika kalian sering melakukan update sistem di menu tersebut bisa jadi update yang dilakukan mengalami beberapa masalah seperti sinyal yang tidak terdeteksi dengan sempurna.

7. Ganti kartu SIM


Ponsel yang pernah terjatuh membuat beberapa kerusakan pada bagian luar dan dalam ponsel. Termasuk kuningan kartu SIM rusak yang mengakibatkan sinyal tiba - tiba tidak stabil dan hilang.

Untuk mengatasinya, anda harus mengganti dengan kartu SIM yang baru karena kuningan pada kartu SIM yang dipakai sudah rusak. Cara lain, anda bisa mencoba memperbaiki kuningan kartu SIM memakai penghapus, bersihkan bagian kuningan SIM dengan menggosok - gosok memakai penghapus.

Setelah itu, anda pasang dan nyalakan ponsel. Jika sinyal kembali normal maka kuningan SIM sudah bersih, jika tetap tidak muncul kemungkinan kartu SIM sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

8. Reset ponsel xiaomi


Cara yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi sinyal hp xiaomi yang hilang adalah dengan mereset android ke pengaturan pabrik. Hal ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan tindakan apapun.

Kesalahan pada software dan firmware pada ponsel xiaomi bisa menyebabkan beberapa error termasuk sinyal hp yang tiba - tiba hilang, tidak ada layanan dan sinyal tidak stabil.

Satu - satunya cara mudah yaitu dengan mereset ke pengaturan semula supaya sinyal bisa muncul kembali dengan peraturan bawaan ponsel. Cara mereset ponsel xiaomi sangatlah mudah, anda masuk pengaturan > cari menu cadangkan & setel ulang > pilih kembalikan ke setelan pabrik > pilih setel ulang telepon.


Dengan mereset ulang android maka segala permasalahan yang ada akan teratasi dan tentunya ponsel beroperasi lebih cepat dari sebelumnya.

9. Memakai penguat sinyal


Alat penguat sinyal, anda bisa menggunakan antena eksternal yang diletakkan di atas rumah anda. Jika anda tinggal di perkampungan maka penguat sinyal sangat diperlukan untuk membuat sinyal kembali normal.

10. Ganti hardware


Cara ini harus dilakukan jika ponsel xiaomi anda pernah terjatuh, terbanting keras atau tercebur air. Kejadian tersebut bisa menyebabkan kerusakan komponen bagian dalam yang bisa memicu error, ponsel yang terjatuh bisa membuat hardware sedikit bergeser, ponsel yang terkena air maka komponen bisa berkarat.

Langkah penanganan yang tepat adalah dengan membawa hp xiaomi ke tempat service center terpercaya. Mereka akan mengecek kerusakan pada hp dan mengganti hardware yang rusak untuk mengembalikan sinyal yang hilang.

11. Mengganti lokasi ponsel xiaomi


Penyebab sinyal tidak muncul pada hp xiaomi adalah ponsel xiaomi yang anda miliki tidak dijual di Indonesia, harusnya ke negara - negara lain. Dampaknya sinyal pada ponsel tidak akan muncul.

Untuk mengatasinya adalah dengan mengganti lokasi ponsel xiaomi ke negara yang ditentukan. Pertama, anda masuk ke settings > pilih additional setting > pilih locale. Anda harus mengganti dari lokasi indonesia ke negara lain seperti singapura, malaysia dan filipina.

Setelah itu, anda aktifkan mode pesawat > restart perangkat anda > matikan mode pesawat. Lihat hasilnya, apakah sinyal muncul atau tidak. Jika tetap tidak muncul coba ke lokasi negara lainnya.

12. Menggunakan opsi pengembang


Cara ini ampuh tapi anda memerlukan perangkat PC untuk melalukannya. Masalah sinyal hilang, tidak terdeteksi dan IMEI bermasalah bisa diatasi dengan mudah menggunakan opsi pengembang dalam ponsel anda.

 


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Sinyal Lemah Pada HP Xiaomi"