Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Err_Connection_Closed Google Chrome


Jika sahabat sedang mengalami error err_connection_closed pada Google Chrome, tenang saja! Meskipun terdengar rumit, cara mengatasi error ini sebenarnya cukup mudah loh.

Umumnya, error err_connection_closed pada Google Chrome terjadi ketika browser tidak berhasil melakukan data transfer saat mencoba untuk mengakses sebuah website.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap penyebab dari error err_connection_closed yang ada di Google Chrome ini dan beberapa cara mengatasinya.

Penyebab Err_Connection_Closed

Sesuai dengan namanya, err_connection_closed memberitahu Anda bahwa koneksi browser ke website yang ingin dikunjungi terganggu karena berbagai hal.

Alasan yang menyebabkan koneksi terganggu juga berbeda-beda. Mulai dari koneksi ISP yang sedang down, masalah koneksi proxy dan vpn, sampai masalah cache browser yang rusak.

Nah alasan-alasan inilah yang bisa membuat proses transfer data antara website dan browser tidak berjalan lancar, sehingga menyebabkan err_connection_closed terjadi.

Cara Mengatasi Err_Connection_Closed 

Dengan banyaknya faktor yang bisa menjadi alasan di belakang error err_connection_closed, cara mengatasi error ini pun akan tergantung pada penyebabnya.

Nah berikut ini adalah beberapa cara mudah dan cepat mengatasi error err_connection_closed yang bisa Anda coba!

Cek Koneksi Internet

Sebelum Anda mencoba untuk memperbaiki error err_connection_closed melalui cara-cara yang lebih canggih, pastikan untuk memeriksa koneksi internet Anda.

Terkadang, penyebab dari error ini adalah koneksi yang tidak stabil dari penyedia layanan internet (ISP) Anda. Mungkin koneksi memang sedang lambat atau perangkat Anda tidak terhubung ke internet

Untuk mengecek koneksi internet, Anda bisa mencoba untuk mengakses website lainnya dan lihat apakah koneksi internet Anda akan terhubung.

Tentu saja Anda juga bisa mengecek koneksi internet melalui ikon WiFi yang pada perangkat Anda. Pada komputer Windows, misalnya.

Saat perangkat Windows Anda terhubung ke internet, ikon WiFi yang ada pada system tray komputer Anda akan menunjukan status “connected, secured.” 

Namun jika koneksi ISP Anda sedang down ataupun mengalami masalah yang lainnya, status WiFi tersebut akan berubah menjadi “connected, no internet.

Jika perangkat terhubung ke ISP namun Anda tetap tidak mendapatkan koneksi, lakukan restart router dan reconnect perangkat Anda beberapa menit setelahnya.

Apabila error err_connection_closed masih saja terjadi setelah melakukan restart router, Anda bisa coba alternatif lain yang ada di bawah ini!

Nonaktifkan Proxy & VPN

Proxy server dan VPN (virtual private network) adalah dua alat yang memungkinkan user untuk berselancar di Internet dengan lebih aman.

Kedua tools ini melindungi data pribadi user dan juga memungkinkan user untuk mengakses website dan konten yang masuk pada blacklist ISP yang digunakan.

Namun terkadang kedua alat ini juga bisa mempengaruhi proses data transfer yang terjadi saat Anda berselancar di Internet dan menyebabkan err_connection_closed.

Nah karena itu, menonaktifkan proxy dan VPN juga mungkin bisa mengatasi error err_connection_closed yang terjadi pada proses data transfer ini.

Ikut langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan proxy pada Google Chrome:

  1. Buka menu titik tiga vertikal yang ada pada bagian kanan atas Chrome > Settings.
  2. Pilih menu System di bawah Advanced. Pada halaman selanjutnya, buka menu Open  proxy settings.
  3. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman pengaturan perangkat yang Anda gunakan
  4. Cari menu Use a proxy server dan matikan toggle on & off yang ada pada menu tersebut.

Sedangkan untuk mematikan VPN yang terpasang sebagai ekstensi Chrome, Anda hanya perlu membuka ikon puzzle pada bagian kanan browser > Remove from Chrome.

Flush DNS Cache 

DNS (domain name system) yang ada pada perangkat Anda adalah sebuah sistem yang mengubah alamat domain website menjadi alamat IP.

Alamat IP inilah yang nantinya akan digunakan komputer untuk membaca dan menemukan website yang ada pada alamat domain tersebut.

Saat Anda membuka sebuah website, DNS dan juga browser akan Anda menyimpan cache yang memungkinkan perangkat tersebut untuk loading lebih cepat lain kali.

Nah terkadang, cache yang tersimpan pada sistem DNS inilah yang menyebabkan error err_connection_closed terjadi. 

Namun tenang saja sahabat Qwords! Flushing DNA bukan hal yang rumit kok. Bahkan kami sudah pernah membahas bagaimana cara flush DNS dengan mudah pada artikel berikut ini!

Update Google Chrome

Error err_connection_closed juga mungkin terjadi jika Anda tidak menggunakan versi terbaru dari Google Chrome untuk berselancar di Internet.

Versi Chrome yang outdated memang bisa menyebabkan masalah pada proses data transfer website dan browser saat digunakan.

Terkadang Chrome versi lama juga bisa menyebabkan Anda terputus dari koneksi internet loh sahabat Qwords! Belum lagi, versi lama juga lebih rentan terhadap malware dan virus.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa versi Chrome yang Anda gunakan adalah versi paling baru. Anda bisa melakukannya melalui URL berikut ini: chrome://settings/help

Reset Chrome Settings

Bagaimana jika versi chrome yang Anda gunakan sudah up to date namun err_connection_closed ini masih saja muncul?

Anda bisa mencoba untuk melakukan reset pada pengaturan default Chrome Anda melalui fitur menu browser Anda > Settings.

Tekan menu Advanced dan cari menu Reset and clean-up. Pada halaman selanjutnya, tekan pilihan Restore settings to their original default > Reset settings.

Perlu diingat bahwa cara ini akan mengembalikan semua konfigurasi browser Chrome Anda ke kondisi awal. Jadi jangan lupa untuk menyimpan konfigurasi penting sebelum melakukannya ya.

Penutup

Nah itu tadi cara mengatasi error err_connection_closed sahabat Qwords! Bagaimana? Cukup mudah bukan? Berikut rekap singkatnya:

  1. Cek koneksi & restart router
  2. Nonaktifkan Proxy server & VPN
  3. Flush DNS Cache perangkat Anda.
  4. Update Google Chrome
  5. Reset chrome settings.


Posting Komentar untuk "Mengatasi Err_Connection_Closed Google Chrome"