Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Aplikasi Berserta Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contohnya


Apa itu Aplikasi ?

Sebagai pengguna smartphone, Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah aplikasi. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa pengertian aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone tersebut? Jika ditinjau berdasarkan ilmu komputer, aplikasi berupa perangkat lunak/program komputer.

Perangkat lunak/program komputer tersebut nantinya akan beroperasi pada sistem tertentu yang sengaja dibuat kemudian dikembangkan agar dapat melakukan perintah tertentu yang diinginkan. Perancang dan pengembang aplikasi yang disebut dengan developer akan merancang atau merakit aplikasi mereka yang kemudian menjualnya. Namun begitu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi gratis di Store smartphone Anda.

Mungkin saja bagi seorang pengguna, aplikasi adalah hasil akhir dari sebuah pengembangan yang bisa membantu mereka. Tapi bagi Anda yang masih bingung mengenai istilah tersebut, maka kenali lebih lanjut mengenai seluk beluk aplikasi di bawah ini. Simak dan ketahui apa saja yang disebut dengan aplikasi mulai dari pengertian, fungsi, klasifikasi, hingga contohnya secara detailnya.

 

Mengenal Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. Aplikasi sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler. Sejak kedatangan iPhone pada 2007 dan App Store pada 2008, aplikasi telah menjadi cara utama pengguna memasuki revolusi ponsel cerdas atau smartphone.

Selain itu, aplikasi telah membantu menciptakan sejumlah industri multi-miliar dolar. Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar per tahun, sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook secara besar-besaran berkontribusi pada pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal.

Peningkatan popularitas besar-besaran ini berdampak langsung bagi pengiklan. Penggunaannya yang meluas membuat penggunaan seluler sebagai saluran periklanan utama menjadi semakin penting bagi perusahaan. Baik perusahaan menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau iklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler sebagai industri yang berharga dalam skala global. Disamping itu, aplikasi seluler juga penting karena keserbagunaannya yang bisa membantu banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat.

 

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi

Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi
 

Sesuai dengan pengertian aplikasi, fungsi aplikasi tentu tak jauh dari tujuan diciptakannya. Yakni memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai bidang kehidupan. Dari hal tersebut dapat diperoleh berbagai fungsi aplikasi untuk berbagai bidang kehidupan, diantaranya :

 

  • Bidang ilmu pengetahuan

    Dalam bidang yang satu ini, aplikasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang ilmu pengetahuan. Aplikasi tersebut juga dapat dikembangkan guna membantu seseorang melakukan penelitian. Salah satu contoh penerapannya adalah aplikasi yang dapat mempertemukan siswa dengan guru atau pengajar privatnya.

  • Bidang pendidikan

    Aplikasi ini berfungsi sebagai bahan pengajaran. Contoh penerapannya seperti Microsoft PowerPoint yang dapat menyakikan berbagai jenis materi di bidang pendidikan yang tidak hanya sekedar tulisan saja. Akan tetapi juga dapat berupa video, audio, animasi-animasi, dan lainnya sehingga suasana belajar mengajar pun akan lebih menarik dan menyenangkan.

  • Bidang kedokteran

    Aplikasi pada bidang kedokteran yang satu ini dapat berfungsi untuk membantu para dokter di berbagai hal. Mulai dari mendiagnosa penyakit, meracik obat, menjadwalkan perawatan, dan lain sebagainya. Saat ini sendiri sudah ada banyak aplikasi yang dikembangkan dalam bidang kedokteran.

  • Bidang militer

    Aplikasi pada bidang militer dapat berfungsi sebagai pengontrol pesawat. Dengan begitu, tidak ada lagi pengontrolan secara manual. Alhasil, ketetapan informasi kontrol tersebut akan lebih optimal jika dibandingkan dengan melakukannya secara manual.

  • Bidang bisnis

    Jika dilihat dari bidang bisnis, maka aplikasi dapat berfungsi sebagai alat bantu menghitung besarnya keuntungan dengan lebih cepat, mudah, dan akurat. Dengan begitu, seseorang yang menekuni bisnisnya tidak perlu menghabiskan waktu lama hanya untuk sekedar menghitung angka karena aplikasi sudah dapat menggantikan kinerjanya.

 

Selain beberapa aplikasi yang memiliki fungsi berdasarkan berbagai bidang di atas, terdapat pula beberapa fungsi aplikasi secara umum yang perlu Anda ketahui berikut :

 

  • Dapat memudahkan pekerjaan seseorang

    Adanya aplikasi sangat memudahkan seseorangdalam melakukan pekerjaannya. Misalnya saja untuk mencari sebuah alamat rumah. Seseorang hanya perlu mendownload aplikasi Google Maps yang ada di Play Store maupun App Store. Kemudian menggunakannya untuk melacak sebuah alamat. Begitu pula saat seseorang ingin melakukan editing foto dan yang perlu dilakukan hanyalah mencari aplikasi edit foto lewat di Play Store dan App Store kemudian mengunduh lalu menggunakannya dengan cara yang cepat dan mudah.

  • Sebagai media hiburan

    Fungsi aplikasi secara umum lainnya adalah dapat menjadi media hiburan yang menyenangkan. Seperti beberapa aplikasi yang dibuat untuk bermain game, menonton film, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dibuat agar seseorang tidak mudah merasa jenuh maupun bosan dimana pun mereka berada.

  • Media komunikasi dan pertemanan

    Satu lagi yang menjadi fungsi umum saat seseorang menggunakan aplikasi adalah sebagai media komunikasi dan pertemanan. Dengan adanya aplikasi, seseorang dapat berteman tanpa ada batasan jarak. Hal ini berarti seseorang dapat menjalin komunikasi dan pertemanan dengan mereka yang lokasinya atau jaraknya jauh.

  • Sebagai pembaharuan kabar terkini

    Terakhir, aplikasi yang dibuat juga dapat berfungsi sebagai media pembaharuan kabar terkini. Saat orang menggunakan aplikasi tersebut, maka notifikasi dari aplikasi dapat memberikan pembaharuan kabar terkini. Dengan begitu, seseorang tidak akan ketinggalan berita-berita terbaru yang ada saat itu.

 

Klasifikasi dan Jenis Aplikasi

Demi mempermudah seseorang dalam mengetahui jenis-jenis aplikasi yang ingin digunakan, maka ketahui beberapa pengelompok atau klasifikasi aplikasinya berikut :

 

  • Real time Software

    Merupakan klasifikasi aplikasi yang dapat berguna dalam mengamati, mengendalikan, maupun menganalisa sebuah keadaan di dunia nyata secara langsung.

  • System software

    Adalah aplikasi yang berguna untuk mengendalikan serta mengelola proses operasi internal yang ada pada sebuah sistem komputer.

  • Business software

    Merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu keperluan bisnis seseorang. Salah satu contohnya adalah mengatur sistem keuangan, mendata jumlah pesanan, dan masih banyak lagi.

  • Personal computer software

    Yakni sebuah aplikasi yang dapat digunakan pengguna resmi maupun pribadi.

  • Web based software

    Adalah aplikasi dengan fungsi sebagai media penghubung pengguna pada internet secara langsung.

  • Engineering and scientific software

    Merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan guna membantu manusia menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Hanya saja masalah tersebut bersifat secara khusus, yakni non algoritmik.

 

Dari beberapa klasifikasi di atas, terlepas dari pengertian aplikasi tentu Anda sudah mengetahui apa saja pengelompokan aplikasi. Agar Anda mengenali aplikasi lebih dalam lagi, maka simak beberapa contoh aplikasi yang sering digunakan dalam sehari-hari di bawah ini.

 

Berbagai Contoh Aplikasi dalam Sehari-hari

Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi
 

 

Sesuai dengan pengertian aplikasi, aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan ataupun aktivitasnya dalam sehari-hari. Di bawah ini merupakan contohnya yang bisa Anda gunakan sehari-hari.

 

  1. WhatsApp

    Merupakan aplikasi berbasis sosial media chatting yang saat ini sudah seperti menjadi bagian wajib yang perlu dimiliki oleh masyarakat. Lebih dari itu, Whatsapp juga sudah menggantikan SMS dan juga telepon yang dahulunya sering digunakan oleh kebanyakan orang. Dengan menggunakan Whatsapp, maka seseorang tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang pulsa untuk mengirimkan pesan maupun menelpon orang lain.

  2. Instagram

    Salah satu aplikasi yang tak kalah populer dari Whatsapp. Instagram bisa dikatakan sebagai kartu nama seseorang secara online. Kini seseorang yang ingin berkenalan pun tidak akan bertanya, “ boleh tahu kartu nama Anda” akan tetapi “apa Instagram Anda?”. Aplikasi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto, video, stories, dan lain sebagainya. Tak hanya sebatas sebagai sosial media, Instagram kini juga sudah bisa digunakan sebagai media untuk mencari uang. Seperti dengan membuka layanan promosi bisnis, layanan jasa iklan, selebgram, dan lain sebagainya.

  3. YouTube

    Satu lagi aplikasi yang cukup familiar di kalangan masyarakat. YouTube, siapa yang belum mengetahui aplikasi yang satu ini? YouTube merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membagikan video. Saat ini sendiri, YouTube bisa dijadikan sebagai media untuk mencari uang dengan menjadi seorang YouTuber.

 

Kesimpulan dan Penutup

Di era yang serba banyak aplikasi saat ini, tentu tseseorang akan semakin mudah dalam melakukan pekerjaannya. Seseorang juga dapat berkenalan dengan orang lain hanya melalui sosial media. Berbagai aplikasi sudah tersedia banyak di Playsore, sehingga siapa saja dapat dengan mudah untuk memiliki dan menggunakan aplikasi tersebut dengan cara mengunduhnya. Nantinya, aplikasi yang siudah diunduh tersebut dioperasikan oleh OS (Operating System).

Operating System sendiri sudah ada dan ditanam hampis pada semua perangkat pintar yang kita gunakan saat ini. Dengan begitu, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Aplikasi Berserta Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contohnya"