Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nonaktifkan Sementara Notifikasi di Android

 


Notifikasi atau pemberitahuan adalah sesuatu yang penting di ponsel anda. Namun itu juga bisa menjadi kutukan. Bayangkan jika anda berbagi layar selama rapat dan teman atau pacar anda mengirimi anda pesan yang sedikit privasi dan pastinya semua peserta rapat akan melihat notifikasi tersebut. Untungnya, blooper seperti itu dapat dengan mudah dihindari dengan menonaktifkan sementara notifikasi di ponsel Android anda.



Nonaktifkan Sementara Semua Notifikasi Menggunakan Mode Do Not Disturb


Meskipun silent ponsel adalah salah satu cara untuk menonaktifkan notifikasi, itu hanya akan mematikan suara notifikasi. Anda masih akan mendapatkan pop-up notifikasi di layar. Untuk menonaktifkan sementara notifikasi di Android, anda perlu mengaktifkan mode Do Not Disturb (DND) di Android.


Ini memungkinkan anda menonaktifkan semua notifikasi dengan satu tombol. Anda dapat menyesuaikan dan membuat pengecualian untuk cara dan jenis notifikasi yang ingin anda terima. Berikut cara mengaktifkannya.


Catatan: Saya menggunakan ponsel Samsung A50, Android v11. Silahkan menyesuaikan jalur opsi jika ponsel anda berbeda.


  • Buka Settings di ponsel anda, kemudian buka Notifications dan ketuk Do not disturb. Di ponsel lain, buka Settings - Sound & vibration - Do not disturb. Jika anda tidak menemukan Do not disturb di salah satu dari dua tempat ini, gunakan search bar di bagian atas dalam pengaturan untuk mencarinya.


  • Selanjutnya ketuk tombol disebelah Do not disturb atau di ponsel lain ketuk Turn on now untuk mengaktifkannya. Anda juga perlu menyesuaikan mode DND sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Anda akan menemukan banyak pengaturan penyesuaian di layar ini. Yang paling penting adalah pengaturan Hide notification. Ketuk di atasnya. Anda akan kembali melihat lebih banyak pengaturan penyesuaian.
  • Di Samsung, aktifkan opsi Don't show pop-up notifications dengan mengetuk tombol di sebelahnya. Di ponsel lainnya, anda harus mengaktifkan No visual or sound from notifications.



Saat diaktifkan, anda tidak akan menerima notifikasi suara maupun pop-up. Panel notifikasi akan tampak kosong dan tidak akan menampung notifikasi apapun. Namun, setelah anda menonaktifkan mode DND, semua notifikasi yang terlewat akan muncul di panel notifikasi.


Selain itu, anda dapat membuat pengecualian dimana anda dapat mengatur aplikasi, suara dan orang mana yang dapat mengaktifkan notifikasi secara otomatis. Anda bahkan dapat membuat jadwal DND sehingga mode diaktifkan dan dinonaktifkan secara otomatis pada waktu yang ditentukan.


Bila anda tertarik untuk menerima notifikasi secara normal di ponsel anda, anda cukup mematikan mode DND. Untuk itu, ulangi langkah-langkah di atas dan nonaktifkan mode DND. Atau, anda dapat menonaktifkannya dari Quick settings, yang dapat diakses dengan mengusap ke bawah dari panel notifikasi.




Nonaktifkan Sementara Notifikasi untuk Aplikasi Tertentu


Metode di atas memungkinkan anda menonaktifkan notifikasi untuk semua aplikasi. Jika anda ingin menonaktifkan sementara notifikasi hanya untuk beberapa aplikasi, lakukan itu menggunakan pengaturan notifikasi individual aplikasi.


  • Buka Settings di ponsel anda dan pilih Apps.
  • Di bawah bagian terinstal atau semua aplikasi, temukan aplikasi yang notifikasinya ingin anda nonaktifkan. Saya menggunakan WhatsApp sebagai contoh, jadi ketuk WhatsApp diikuti dengan mengetuk Notifications.


  • Nonaktifkan opsi pertama yang seharusnya mengatakan sesuatu yang mirip dengan Show notifications atau All WhatsApp notifications. Melakukannya akan menonaktifkan semua notifikasi WhatsApp. Artinya, ketika anda menerima pesan baru, pesan itu akan tiba di aplikasi WhatsApp secara diam-diam tanpa mengirimkan notifikasi. Anda perlu membuka WhatsApp untuk memeriksa pesan baru tersebut.



Demikian pula halnya anda menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi lain, ketuk tombol yang dimaksud untuk menonaktifkannya. Anda selanjutnya dapat menyesuaikan dan menonaktifkan notifikasi untuk masing-masing kategori di bawah aplikasi. Misalnya, anda hanya dapat menonaktifkan pesan grup tanpa menonaktifkan pesan individual. Anda akan menemukan semua pengaturan penyesuaian di bawah pengaturan notifikasin aplikasi.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara blokir notifikasi saat menggunakan kamera di Android atau cara melihat histori notifikasi anda di Android.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menonaktifkan sementara notifikasi di Android. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Nonaktifkan Sementara Notifikasi di Android"