Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu MusNotifyIcon.exe?

 


MusNotifyIcon adalah proses Modern Update Settings Notify Icon dan banyak pengguna Windows melihat proses ini berjalan di Task Manager. Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu MusNotifyIcon.exe dan melihat apakah itu virus atau bukan.


Apa itu MusNotifyIcon.exe?

MusNotifyIcon.exe adalah proses inti Windows dan proses ini hadir di Windows 10 dan Windows 11. Ia bekerja bersama dengan musnotification.exe, musnotificationux.exe, musdialoghandlers.dll dan musupdateshandlers.dll dimanan ini digunakan untuk menampilkan ikon Windows Updates Status yang ditempatkan di dalam Task Manager.

File system yang sah ini terletak di folder C:\Windows\System32.



Apakah MusNotifyIcon.exe adalah virus?


Seperti disebutkan sebelumnya, file executable yang dimaksud disini adalah proses Windows. Jadi, kita dapat dengan jelas mengatakan bahwa itu bukan virus. Namun, ada sesuatu yang harus anda ketahui, bahwa virus juga dapat mengambil nama MusNotifyIcon.exe untuk menyamar sebagai proses yang sah.


Untuk mengonfirmasi bahwa MusNotifyIcon.exe tersebut sah atau tidak, maka anda dapat membuka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Kemudian di jendela Task Manager, alihkan ke tab Details. Selanjutnya klik kanan pada MusNotifyIcon.exe dan pilih Open file location.


Jika lokasi file tersebut terletak di C:\Windows\System32, maka proses tersebut sah.


Namun, jika anda menyimpulkan bahwa proses tersebut tidak sah, maka anda dapat menggunakan software antivirus atau antimalware yang anda miliki untuk melakukan full scan pada PC anda dan menyingkirkannya. Anda juga dapat menjalankan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media untuk menyingkirkan semua virus di PC anda.


Haruskah menghapus atau menghentikan MusNotifyIcon.exe?

Saya telah menyebutkan apa itu MusNotifyIcon dan bagaimana pentingnya untuk kerja komputer anda. Jadi, sebaiknya anda tidak menghapus atau menghentikan file exe yang dimaksud. Namun, jika anda tetap ingin menyingkirkannya, maka anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

  • Buka Task Manager dengan dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, temukan MusNotifyIcon.exe di tab Processes.
  • Kemudian, klik kanan padanya dan pilih End Task.


Langkah ini akan menghentikan proses yang sedang berjalan di PC anda.



Tanda Seru Merah di MusNotifyIcon.exe Terus Muncul


Jika anda melihat MusNotifyIcon.exe terus muncul dengan tanda seru merah, maka itu berarti anda perlu mengupdate Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda mungkin juga melihat Your device is missing important updates di jendela Windows Update.


Jadi buka Windows Update, kemudian periksa dan install update Windows yang ditawarkan untuk komputer anda.


Jika anda terus melihatnya bahkan setelah mengupdate Windows, anda mungkin perlu menjalankan perintah dibawah ini di jendela Command Prompt dengan hak admin.


Ren c:\windows\winsxs\pending.xml pending.old

Setelah menjalankan perintah, restart komputer anda dan periksa kembali.

Jika Windows Update terus menawarkan atau menginstall update yang sama berulang kali, maka artikel ini menyarankan beberapa hal yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda juga dapat mencoba untuk mereset Windows Update Component atau memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows di PC anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu proses MusNotifyIcon.exe di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Apa itu MusNotifyIcon.exe?"