Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Show Desktop di Taskbar Windows 11

 


Opsi Show Desktop memungkinkan anda untuk meminimalkan semua jendela yang ada yang terbuka di PC Windows 10 dan Windows 11 anda dan menampilkan jendela Desktop anda. Pengguna pada umumnya menggunakan opsi ini saat waktu istirahat, ketika mereka merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang berjalan di desktop mereka. Anda mungkin tidak mengenali opsi ini berdasarkan namanya, tetapi ini adalah tombol dengan garis vertikal yang berada di area paling kanan taskbar anda di system tray.


Hari ini, saya akan membahas bagaimana anda dapat menonaktifkan opsi Show Desktop ini, atau mengaktifkannya jika anda tidak menemukannya berfungsi di system anda.




Aktifkan atau Nonaktifkan Show Desktop di Taskbar Windows 11


Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana anda dapat menambahkan tombol Show Desktop di Taskbar Windows 10. Cara ini juga dapat anda terapkan di Windows 11 anda. Pada artikel ini, saya akan memberikan dua cara lain dimana hal ini dapat dilakukan dengan mudah di Windows 11 anda.


Jadi, langsung saja mari kita lihat bagaimana kedua cara tersebut dengan secara terperinci.



1. Melalui Settings Windows


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Show Desktop menggunakan Settings Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Personalization di panel kiri dan klik opsi Taskbar di panel kanan.
  • Anda akan melihat beberapa opsi disini, yang semuanya memiliki menu drop-down berikutnya. Disini, klik Taskbar behaviors untuk memperluasnya.
  • Dari drop-down yang dihasilkan, temukan opsi yang mengatakan Select the far corner of the taskbar to show the desktop.
  • Jika anda ingin menonaktifkan pengaturan ini, hapus ceklist pada opsi tersebut.



Pengaturan default untuk opsi ini adalah diaktifkan, jadi jika anda merasa opsi ini dinonaktifkan dan anda ingin menggunakannya, maka cukup beri ceklist pada opsi yang dimaksud untuk mengaktifkannya kembali.



2. Melalui Registry Editor


Alternatif lain untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini, yang seharusnya hanya disukai oleh pengguna Windows tingkat lanjut adalah dengan membuat modifikasi pada registry anda dan mengubah nilai D-WORD dari key yang relevan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

  • Disini, temukan dan klik dobel pada DWORD TaskbarSd di panel kanan.
  • Di jendela edit DWORD, jika anda ingin mengaktifkan pengaturan ini, maka ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK.


  • Untuk menonaktifkan opsi Show Desktop, maka ubah value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK.
  • Setelah itu, tutup jendela registry editor dan restart PC anda.


Semoga membantu anda! Jika fitur Show desktop tidak ada atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat membaca arikel ini untuk memperbaikinya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Show Desktop di Taskbar Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Show Desktop di Taskbar Windows 11"