Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Drag & Drop Item ke Taskbar di Windows 11



Windows 11 sekarang tersedia secara umum untuk semua dan banyak perubahan telah dilakukan oleh Microsoft di Windows 11 dibandingkan dengan Windows 10. Beberapa fitur baru dan sangat bagus tersedia di Windows 11 seperti Taskbar dan Start menu yang didesain ulang dan lainnya. Di sisi lain, ada juga beberapa fitur yang tidak digunakan lagi atau dihapus di Windows 11. Salah satu fitur yang dihapus di Windows 11 adalah dukungan drag & drop untuk item ke taskbar. Tetapi anda masih dapat menambahkan atau mengembalikan dukungan drag & drop untuk item ke taskbar di Windows 11.


Di Windows 10, pengguna dapat menyeret (drag) file dan meletakkannya (drop) di ikon taskbar dari aplikasi yang dibuka untuk membuka file tertentu.


Misalnya, jika anda ingin membuka file PDF di Microsoft Edge atau browser Chrome, anda hanya perlu menyeret PDF itu dan meletakkannya di ikon taskbar browser Chrome atau Edge. Windows 10 membuka antarmuka browser dan kemudian file itu dibuka di browser yang dipilih. Tetapi fungsi dasar ini dihapus di Windows 11.




Tambahkan Dukungan Drag & Drop Item ke Taskbar di Windows 11


Microsoft telah menghapus fungsionalitas drag & drop ke taskbar Windows 11. Juga, tidak ada pengaturan Group Policy Editor atau Registry Editor yang dapat memperbaiki atau menambahkan dukungan drag & drop ke taskbar di Windows 11. Untuk itu, anda membutuhkan tools gratis pihak ketiga yang dikenal sebagai Windows11DragAndDropToTaskbarFix yang akan membantu anda mengembalikan fungsi yang sama di Windows 11.


Untuk menambahkan dukungan drag & drop item di taskbar Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Setelah eksekusi, Microsoft Defender SmartScreen (jika diaktifkan) akan mencegah aplikasi ini berjalan. Jadi, anda perlu mengklik More info option di kotak pencegahan dan kemudian klik Run anyway untuk meluncurkan tools.
  • Ketika tools akan diluncurkan, jendela konsolnya akan terbuka dan menunjukkan beberapa informasi kepada anda. Anda dapat menutup jendela itu atau itu akan menutup secara otomatis dalam 10 detik.
  • Sekarang tools akan mulai berjalan di background dan mulai melakukan tugasnya.
  • Anda kemudian dapat mencoba men-drag file dan pindahkan ke ikon taskbar dari aplikasi terbuka yang dapat membuka file tersebut. Tools ini akan menampilkan thumbnail dari aplikasi tersebut. Pindahkan file ke thumbnail aplikasi itu. Setelah itu, tools ini akan mengembalikan jendela/antarmuka aplikasi tersebut dan kemudian anda dapat meletakkan file tersebut di antarmuka aplikasi.


Dengan cara ini anda dapat membuka file ke aplikasi yang terbuka dengan drag & drop file ke ikon taskbar.


Bila anda tidak ingin menggunakan tools itu, anda dapat menutupnya dari Task Manager. Karena tools ini tidak dilengkapi dengan ikon atau antarmuka system tray, tidak ada cara lain untuk menutup atau menghentikan tools ini. Jadi, buka Task Manager Windows 11, kemudian alihkan ke tab Details, temukan Window11DragAndDropToTaskbarFix.exe, klik kanan padanya dan pilih End task untuk menutup tools tersebut.


Terlepas dari fitur utama ini, tools ini juga dilengkapi dengan file konfigurasi (*.txt) yang memiliki opsi tambahan yang dapat anda sesuaikan. Ada opsi seperti menjalankan program ini secara otomatis saat startup, tampilkan/sembunyikan jendela konsol saat anda meluncurkan tools dan lainnya yang dapat anda atur sesuai kebutuhan anda.


Anda dapat mendownload file teks konfigurasi itu dari berandanya dan kemudian menyimpan file itu ke folder/lokasi yang sama tempat anda menyimpan file EXE-nya. Setelah itu, buka file konfigurasi di Notepad dan mulai mengeditnya.


Semoga bermanfaat untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara Pin/Unpin Ikon ke Taskbar atau Start Menu di Windows 11 atau cara mengubah ukuran Taskbar di Windows 11.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam men-drag & drop item ke Taskbar di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Drag & Drop Item ke Taskbar di Windows 11"