Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Windows 10/11 dari Memory Card

 


Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas cara install Windows dari ponsel Android menggunakan DriveDroid. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara install Windows 10 atau Windows 11 dari micro SD Memory Card. Metode ini berguna jika anda memiliki file ISO Windows 10 atau Windows 11 tetapi tidak memiliki USB drive untuk menyiapkan dan menginstall atau menginstall ulang Windows 10 atau Windows 11 dari USB drive.


Dapatkah anda menginstal Windows dari Memory Card?

Ya, anda dapat menginstall Windows 10 atau Windows 11 dari Memory Card atau SD Card. Dan itulah yang ingin ditunjukkan oleh artikel ini kepada anda. Anda dapat membuat Memory Card atau flash drive USB Windows bootable. Ini sangat cocok untuk menginstall Windows pada Netbook atau Tablet PC. Untungnya, sebagian besar netbook memiliki slot SD Card dan semuanya mendukung USB Pen Drive.



Cara Install Windows 10/11 dari Memory Card


Untuk membuat Memory Card bootable dan menggunakannya sebagai media yang dapat dibooting untuk menginstall Windows di PC, maka anda harus mengikuti petunjuk untuk menyiapkan Memory Card bootable Windows dan kemudian menginstall Windows.



1. Menyiapkan Memory Card Windows Bootable


  • Pasang memory card ke PC anda baik menggunakan slot yang ada atau menggunakan card reader eksternal. Pastikan semua data di memory card sudah di-backup karena memory card akan diformat.


  • Selanjutnya, mount file ISO Windows 10 atau ISO Windows 11 anda untuk mendapatkan drive letter untuk drive yang dimount. Anda cukup mengklik dobel pada file ISO untuk mount.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut di bawah ini dan tekan Enter. Dimana "I" adalah drive letter dari file ISO yang dimount. Ubah itu sesuai milik anda.


I: Cd Boot

  • Setelah menjalankan perintah diatas, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter. Ganti "J" dengan drive letter memory card anda.

Bootsect.exe /NT60 J:


  • Keluar dari Command Prompt setelah perintah dijalankan.
  • Terakhir, copy semua file (termasuk yang tersembunyi, jika ada) dari drive virtual (drive mount file ISO) ke memory card anda. Memory card Windows bootable anda sekarang sudah siap.


2. Install Windows dari Memory Card

  • Hubungkan memory card bootable ke PC yang ingin anda install Windows.
  • Hidupkan PC anda dan booting ke BIOS atau UEFI.
  • Atur urutan/prioritas boot ke bootable dari memory card/USB dan tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS atau UEFI.
  • PC anda akan booting kembali. Tekan sembarang tombol untuk booting melalui memory card dan mulai memuat file yang diperlukan dan menginstall system operasi Windows.

Jika memory card bootable anda tidak muncul di BIOS/UEFI, itu berarti PC anda tidak mendukung booting dari memory card, anda dapat memasukkan kembali memory card yang sudah disiapkan ke ponsel anda, kemudian sambungkan ponsel ke PC anda menggunakan kabel yang didukung dan kemudian restart PC anda untuk booting dan menginstall Windows.

Selanjutnya anda dapat mengikuti artikel cara install Windows 10/11 di PC anda.


Semoga metode ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Windows 11 pada hardware yang tidak didukung atau hal yang harus anda lakukan sebelum dan setelah install atau upgrade ke Windows 11.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menginstall Windows 10 atau Windows 11 dari memory card di PC anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Install Windows 10/11 dari Memory Card"