Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksa WiFi untuk Terhubung ke Lebih dari 5GHz di Windows 10/11

 


Anda mungkin ingin tahu cara memaksa WiFi untuk terhubung ke lebih dari 5GHz di Windows 10 atau Windows 11 anda untuk meningkatkan sinyal Wifi anda. Kita harus mulai dengan mengetahui perbedaan antara WiFi 2.4GHz dan 5GHz. Setelah itu jelas, kita akan mempelajari cara untuk mencapainya. Mari kita bahas ini lebih mendalam!



Perbedaan Antara WiFi 2.4GHz Dan 5GHz?


Router WiFi menggunakan frekuensi radio. Frekuensi radio ini mengirimkan internet ke perangkat anda seperti laptop, smartphone, tablet dan lainnya. Perbedaan utama antara WiFi 2.4GHz dan 5GHz adalah jangkauan dan bandwidth atau kecepatannya. Ya, kecepatan internet anda memang tergantung pada paket internet yang harus anda pilih, tetapi juga tergantung pada kapasitas router anda.

  • 2.4GHz: WiFi 2.4GHz menawarkan area jangkauan yang lebih luas bagi pengguna WiFi daripada yang 5GHz. Dan yang terpenting, itu juga menembus benda padat dengan mudah. Ini memiliki kecepatan maksimum 150Mbps dan jangkauan sinyal maksimum ~410ft. Kelemahan dari router WiFi 2.4GHz adalah bandwidth atau kecepatannya lebih rendah. Selain itu, band ini lebih rentan terhadap berbagai interferensi dan gangguan karena semakin banyak perangkat yang aktif menggunakan frekuensi ini.
  • 5GHz: Router WiFi 5Ghz menawarkan kenyamanan lebih daripada yang 2.4Ghz. Pertama, ia memiliki rentang data yang lebih tinggi. Kedua, karena lebih sedikit perangkat yang menggunakan frekuensi ini, frekuensi ini tidak rentan terhadap gangguan seperti router WiFi 2.4GHz. Dan kecepatan internetnya luar biasa untuk router WiFi di rumah! Tidak seperti router WiFi 2.4GHz, ini tidak memiliki area jangkauan yang luas dan karenanya juga bukan yang terbaik dalam menembus benda padat.



Cara Memaksa WiFi untuk Terhubung ke Lebih dari 5GHz di Windows 10/11


Jika anda melihat bahwa router WIfi anda berjalan lambat dan kecepatan internet tidak sesuai standar, maka itu mungkin karena anda menggunakan band 2.4GHz. Anda dapat mengubah band yang akan dihubungkan dengan wireless card anda di masa mendatang. Itu dapat dilakukan di pengaturan driver lanjutan di Device Manager.


Jika anda tidak ingin perangkat anda terhubung ke band 2.4GHz, anda dapat menonaktifkan band terkait. Untuk itu, ikuti langkah dibawah ini.



  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapter, kemudian klik kanan pada Wi-Fi adapter anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Advanced dan pada daftar Property, temukan opsi Preferred Band.
  • Selanjutnya pada menu drop-down Value, pilih Prefer 5GHz band dan klik OK.


Tergantung pada pabrikan wireless router anda, anda akan dapat mengakses supplicant/application Windows untuk menggerakkan adapter anda. Tetapi ingat bahwa supplicant Windows yang disematkan tidak akan menolak koneksi dimasa mendatang. Ini berarti bahwa bahkan jika anda menentukan preferensi anda untuk 5GHz, itu akan terhubung ke 2,4GHz untuk mempertahankan konektivitas.


Semoga bermanfaat untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara aktifkan dan nonaktifkan adapter WiFi dan Ethernet di Windows 11 atau menonaktifkan koneksi Wi-Fi otomatis di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memaksa WiFi untuk terhubung ke lebih dari 5GHz di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Memaksa WiFi untuk Terhubung ke Lebih dari 5GHz di Windows 10/11"