Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Apakah HDR Didukung pada PC Windows 11

 


Siapa yang tidak suka menonton film dan acara favorit mereka dengan kualitas terbaik? HDR di Windows ada untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Tapi pertama-tama, kita perlu memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11.


Apa itu HDR di Windows?

HDR atau High Dynamic Range adalah style video yang menanamkan banyak nuansa warna yang berbeda. Karena mata manusia memiliki rentang dinamis yang sangat tinggi, ada baiknya memiliki monitor yang cocok dengan itu.


Saat anda mengaktifkan HDR di system anda, monitor anda akan mulai merender gambar yang lebih akurat dengan detail, contrast dan brightness (kecerahan) yang lebih tinggi. Membandingkan HDR dengan SDR standar tidaklah sulit tanpa melakukan banyak pixel peeping, anda dapat melihat perbedaannya dengan mudah.


Tetapi tidak semua komputer mampu merender gambar HDR, oleh karena itu, anda harus memeriksa apakah komputer anda salah satunya dan melihat cara mengaktifkan fitur ini.



Periksa Apakah HDR Didukung pada PC Windows 11 dan Aktifkan


Untuk memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11 anda dan mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dari Start Menu atau dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.


  • Di halaman berikutnya, temukan dan klik HDR.


  • Sekarang, perluas Display Capabilities untuk melihat apakah system anda mendukung HDR.
  • Jika ya, maka aktifkan semua tombol terkait HDR dan nikmati high dynamic range di Windows 11 anda.




Jika anda memiliki beberapa display, maka anda mungkin ingin menggunakan menu drop-down dari Select a display to view or change its settings untuk memilih display yang ingin anda periksa dukungan HDRnya.


Haruskah saya menggunakan HDR?

Sekarang, setelah anda mengetahui apa itu HDR dan apakah komputer anda mendukungnya atau tidak, lebih baik untuk mengetahui apakah ada konsekuensi dari penggunaan HDR. Satu-satunya kelemahan HDR adalah pengurasan baterai, tetapi peningkatan kualitas tidak tertandingi. Dan juga disarankan untuk bermain game sambil menjaga system anda tetap terhubung, jadi, tidak ada ruginya.


Persyaratan System untuk menggunakan HDR di Windows 11

Jika anda berencana membeli monitor eksternal untuk menonton konten HDR, pastikan monitor tersebut memenuhi spesifikasi berikut.

  • Display yang mendukung HDR10.
  • DisplayPort 1.4 atau HDMI 2.0 atau lebih tinggi.
  • GPU dengan PlayReady 3.0.
  • Resolusi Layar 1080p.


Jika komputer anda memenuhi persyaratan yang diberikan, maka anda siap melakukannya.


Jika anda masih menggunakan system operasi Windows 10, maka anda dapat membaca artikel ini untuk mengaktifkan HDR di system anda. Di Windows 11, HDR secara otomatis ditambahkan game yang baru, jadi anda tidak perlu repot dengan pengaturan HDR untuk game anda. Ini menjadi salah satu alasan anda harus beralih ke Windows 11.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menghubungkan laptop ke TV (atau Monitor Eksternal) atau apa itu Nvidia DLSS dan bagaimana cara menggunakannya?


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Cara Memeriksa Apakah HDR Didukung pada PC Windows 11"