Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan atau Menghapus Keyboard Layout di Windows 11

 


Windows 11 memberi anda fleksibilitas untuk mencari, menginstall dan menambahkan keyboard layout baru dalam berbagai bahasa di system anda. Setelah menambahkan keyboard layout favorit, anda dapat dengan mudah beralih dari satu layout ke layout lainnya menggunakan taskbar. Jika anda perlu menghapus salah satu keyboard layout yang ditambahkan, anda juga dapat melakukannya. Sekarang mari kita periksa prosedur terperinci untuk menambah, menghapus dan beralih di antara keyboard layout di Windows 11.



Cara Menambahkan Keyboard Layout di Windows 11


Berikut adalah langkah-langkah utama untuk menambahkan keyboard layout di PC Windows 11 anda. Anda dapat dengan mudah mengatur dan kemudian menambahkan keyboard layout baru di PC anda.

  • Pertama, anda perlu membuka aplikasi Settings di PC Windows 11 anda menggunakan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, navigasikan ke tab Time & language yang ada di panel kiri, kemudian klik opsi Language & region dari panel kanan.


  • Selanjutnya, anda akan melihat paket bahasa default dan terinstall di bawah bagian Language. Dari sini, cukup pilih bahasa yang ingin anda tambahkan keyboard layoutnya, kemudian klik tombol menu tiga titik yang ada di sebelahnya dan pilih Language options dari opsi yang muncul.


  • Pada halaman berikutnya, gulir ke bawah ke bagian Keyboards dan klik tombol Add a keyboard yang ada di sebelah opsi Installed keyboards.


  • Setelah itu, anda cukup memilih keyboard layout yang diinginkan dari yang tersedia dan terinstall.


  • Saat anda melakukannya, keyboard layout yang dipilih akan ditambahkan secara otomatis ke system tray di taskbar Windows 11 anda.



Dengan cara yang sama, anda dapat menambahkan beberapa keyboard layout baru di Windows 11 dan dengan cepat mengakses dan beralih di antara mereka sesuai kebutuhan anda.



Cara Install Keyboard Layout Baru di Windows 11


Anda dapat menginstall keyboard layout baru dalam bahasa regional atau pilihan anda seperti Hindi, Jepang, Spanyol, Prancis, Afrika, Korea dan banyak lagi. Cari dan telusuri berbagai keyboard layout, kemudian install dan tambahkan yang anda suka di PC Windows anda. Untuk menginstall keyboard layout baru dalam bahasa tertentu di Windows 11, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Time & language yang ada di panel kiri, kemudian klik opsi Language & region di panel kanan.
  • Sekarang, di bawah bagian Language, klik opsi Add a language.
  • Selanjutnya, ketik bahasa tertentu di kotak pencarian, kemudian pilih keyboard layout yang diinginkan dari hasil pencarian dan klik Next.


  • Terakhir, klik Install untuk menginstall keyboard layout yang dipilih.



Setelah menginstall keyboard layout baru, anda dapat menambahkan dan menggunakannya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan sebelumnya di artikel ini.



Cara Membuka dan Beralih di antara Keyboard Layout di Windows 11


Ada berbagai cara untuk membuka dan beralih di antara keyboard layout di Windows 11. Berikut adalah tiga metode umum yang dapat anda gunakan untuk mengakses semua keyboard layout anda dan kemudian menggunakan yang anda inginkan.


1. Klik pada Nama Keyboard Layout di Taskbar

Setelah anda menambahkan keyboard layout, anda dapat melihat bahasa dan nama keyboard layout di taskbar. Anda cukup mengklik nama keyboard layout di taskbar dan beralih di antara keyboard layout sesuai kebutuhan anda. Ini adalah salah satu metode paling umum untuk beralih di antara keyboard layout di Windows 11.


2. Gunakan Shortcut atau Hotkey untuk Membuka Keyboard Layout

Cara lain untuk membuka keyboard layout di Windows 11 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Win + Spacebar. Tekan kedua tombol secara bersamaan dan itu akan menampilkan semua keyboard layout yang ditambahkan. Anda kemudian dapat dengan mudah beralih ke keyboard layout yang berbeda sesuai kebutuhan.

Sebagai alternatif, anda juga dapat mencoba tombol Shift + Alt untuk beralih dengan cepat dari tata keyboard layout saat ini ke keyboard layout lain.


3. Buka Keyboard Layout dari Jendela Quick Settings

Anda juga dapat mencoba membuka keyboard layout dari Quick Settings baru di Windows 11. Cukup klik ikon WiFi/Ethernet atau Volume yang akan membuka panel Quick Settings. Anda akan melihat opsi yang berbeda di panel ini termasuk opsi Keyboard layou. Jika anda tidak melihat fitur ini, klik tombol pena (Edit quick settings), kemudian klik opsi Add dan pilih opsi Keyboard layout.




Cara Menghapus Keyboard Layout di Windows 11


Sekarang, jika anda perlu menghapus keyboard layout tertentu di Windows 11, maka anda dapat melakukannya menggunakan langkah serupa seperti yang kita gunakan untuk menambahkan keyboard layout. Berikut adalah langkah-langkah utama untuk menghapus keyboard layout di PC Windows 11.

  • Pertama, luncurkan aplikasi Settings Windows 11 dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Time & language yang ada di panel kiri dan kemudian klik opsi Language & region di panel kanan.
  • Selanjutnya, di bawah bagian Language, klik menu tiga titik yang ada di sebelah bahasa default dan pilih Language options.
  • Di halaman berikutnya, di bawah bagian Keyboards, pilih keyboard layout yang ingin anda hapus, kemudian klik menu tiga titik yang ada di samping keyboard layout yang ingin anda hapus tersebut dan  klik Remove untuk menghapus keyboard layout tertentu.




Semoga artikel ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang shortcut keyboard baru di Windows 11 atau cara mengubah tombol Caps Lock keyboard menjadi tombol Google Search.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda untuk mengetahui apa yang harus anda lakukan sebelum dan setelah menginstall atau mengupgrade ke Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan atau Menghapus Keyboard Layout di Windows 11"