Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Windows Terminal Sebagai Aplikasi Terminal Default di Windows 10/11

 


Windows Terminal menyertakan Command Prompt, PowerShell dan beberapa tools command line interpreter  lainnya dan memudahkan pengguna untuk beralih di antara keduanya, karena anda dapat mengubah tab untuk menggunakan tool pilihan anda. Itu sebabnya banyak pengguna ingin mengatur Windows Terminal sebagai aplikasi terminal default di Windows 11. Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana melakukan hal yang sama.



Haruskah Anda Beralih ke Windows Terminal?


Windows Terminal adalah tools yang hebat untuk seseorang yang menggunakan banyak command line interpreter secara bersamaan. Misalkan anda harus membuka PowerShell dan Command Prompt untuk menjalankan perintah tertentu. Jika anda membuka command line interpreter secara terpisah, maka anda harus beralih di antara beberapa jendela, dimana itu membuatnya menjadi tidak efisien.


Dengan Windows Terminal, anda dapat membuka semua command line interpreter sekaligus dalam satu aplikasi dan anda cukup menggunakan tab untuk beralih di antara mereka. Karena itu, saya dan mungkin juga anda dapat mengatakan bahwa banyak waktu dan resource komputer anda yang akan dihemat.


Jadi, jika anda beralih ke Windows Terminal, maka anda akan diuntungkan dan tidak akan kehilangan apapun. Anda akan menggunakan aplikasi yang memiliki semua fitur yang akan anda gunakan dan ditambah dengan beberapa add-on lainnya yang disertakan atau yang dapat anda tambahkan sendiri. Jadi, tidak salah jika anda harus beralih ke Windows Terminal. Tools ini sudah tersedia di Windows 11, sementara anda perlu menginstall Windows Terminal di Windows 10 dengan langkah yang sangat mudah untuk dapat menggunakannya.



Mengatur Windows Terminal Sebagai Aplikasi Terminal Default


Untuk mengatur Windows Terminal sebagai aplikasi terminal default di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Buka Windows Terminal dengan mencarinya dari Start Menu. Atau anda dapat membukanya dengan menekan tombol Win + X dan pilih Windows Terminal dari daftar.
  • Di jendela Windows Terminal, klik tombol panah bawah dan pilih Settings. Atau anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl + , untuk membuka Settings Terminal.


  • Pastikan, anda berada di tab Startup, kemudian klik menu drop-down dari Default terminal applications dan pilih Windows Terminal.


  • Terakhir, klik Save.


Bagaimana membuat Terminal Windows berjalan sebagai administrator?

Ada beberapa perintah yang memerlukan hak administrator untuk dijalankan, biasanya, kita klik kanan pada aplikasi dan pilih Run as administrator untuk memberikan hak istimewa itu, tetapi ada lebih banyak cara untuk melakukan hal yang sama. Anda dapat menggunakan Task Manager, Start Menu/Taskbar untuk membuka Windows Terminal dengan hak administrator.


Bagaimana cara mengubah Shell default di Terminal Windows?

Meskipun, anda dapat dengan mudah memilih Shell manapun yang ingin anda kerjakan dengan mengklik menu panah bawah dan memilihnya dari sana atau anda dapat menggunakan Shortcut mereka untuk menghemat waktu. Namun, ada cara untuk mengubah Shell default di Terminal Windows, sehingga saat berikutnya ketika anda membuka Windows Terminal, konsol pilihan anda akan dibuka. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka Windows Terminal.
  • Klik pada menu panah bawah dan pilih Settings.
  • Pastikan anda berada di tab Startup dan pilih Shell pilihan anda dari menu Default Profile.



Anda juga dapat menemukan lebih banyk pengaturan lainnya di Windows Terminal anda dengan membaca artikel saya tentang tips dan trik Windows Terminal untuk membuat anda bekerja seperti profesional.


Itulah cara anda mengatur Windows Terminal sebagai aplikasi Terminal default dan mengubah Shell default di Terminal Windows anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Windows Terminal Sebagai Aplikasi Terminal Default di Windows 10/11"