Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet di Background pada Windows 10/11

 


Suatu saat anda mungkin ingin mencari tahu aplikasi Windows 10 atau Windows 11 mana yang menggunakan internet di background. Dari pada anda berkeliling memeriksa setiap aplikasi satu per satu, ada cara yang lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan ini.


Anda mungkin ingin mengtahui aplikasi mana yang menggunakan internet di background karena anda merasa mengalami perlambatan dengan koneksi internet anda dan biasanya, ini disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di background. Jika pengguna dapat mengetahui aplikasi mana yang menjadi penyebabnya, maka mudah untuk memutuskan langkah mana yang harus diambil dari sana.



Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet di Background


Mari kita lihat cara memeriksa aplikasi yang berjalan di background yang menggunakan internet di Windows 10 atau Windows 11. Saya sarankan anda terus membaca informasi di bawah ini untuk mempelajari semua yang anda butuhkan.


Ketika datang ke Windows 11, semuanya sedikit berbeda dibandingkan dengan Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama kita harus membuka Task Manager, tetapi secara mengejutkan kita dapat melakukannya dengan hotkey yang sama.


Kita dapat melakukan ini dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Anda juga dapat mengklik kanan tombol Start Menu yang terletak di taskbar atau menekan tombol Win + X dan dari sana, pilih Task Manager dari menu konteks untuk membukanya.



Setelah anda membuka Task Manager, anda tidak perlu membuang waktu dengan mengklik tab Processes karena secara default akan terbuka di tab ini. Jika anda tidak melihat opsi itu, kemungkinan Task Manager menampilkan simple mode. Cukup klik More Details untuk menampilkan menu tambahan dan klik tab Processes.



Sekarang, jika anda melihat ke bagian kanan di dalam Task Manager, anda akan melihat beberapa informasi rinci. Abaikan semuanya dan fokus pada kolom Network saja. Disini anda akan melihat penggunaan network dari semua aplikasi terbuka yang berjalan di mesin Windows 10 atau Windows 11 anda.



Jika anda tertarik untuk mengetahui berapa banyak data yang telah digunakan satu atau lebih aplikasi sejak penginstalan, maka Task Manager bukanlah tempat yang anda inginkan. Task Manager hanya menampilkan data yang berkaitan dengan waktu aplikasi dibuka dan terhubung ke internet.


Untuk memeriksa penggunaan data keseluruhan aplikasi, anda harus membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I,  kemudian pilih Network & internet. Setelah anda selesai melakukannya, silakan klik Data usage dan tunggu daftar dimuat.


Setelah dimuat, anda akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan data sejak penginstalannya.



Semoga bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara melihat siapa yang melacak anda secara online dan menghentikannya atau cara menghentikan Microsoft melacak anda di komputer Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengetahui aplikasi yang menggunakan internet di background pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet di Background pada Windows 10/11"