Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadwalkan Defragment Disk pada Windows 10/11

 


Pada Windows 10 maupun Windows 11, proses untuk mendefrag disk dilakukan secara otomatis. Meskipun anda selalu dapat mendefrag disk secara manual, anda juga dapat menjadwalkan prosesnya. Pada artikel ini, kita akan melihat cara menjadwalkan Defragmentasi Disk pada Windows 10 atau Windows 11 dan lainnya.


Apakah baik untuk mendefrag Disk Anda?

Disk Defragmentasi adalah cara untuk mengatur disk anda. Proses ini akan mengatur data yang tersimpan di disk anda sedemikian rupa sehingga kecepatan komputer anda meningkat dan menjadi lebih efisien.



Menjadwalkan Defragment Disk pada Windows 10/11


Untuk menjadwalkan Defragmentasi Disk pada Windows 10/11, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Klik Search Windows di taskbar, kemudian cari Defragment and Optimize Drives atau Disk Defragmentation dan klik pada hasil yang di tampilkan.
  • Di jendela Optimize Drives, klik Change settings.


  • Di jendela pengaturan yang muncul, beri ceklist pada opsi Run on a schedule (recommended) dan dari menu drop-down Frequency, pilih frekuensi anda.


  • Kemudian klik Choose pada bagian Drives.
  • Di jendela baru yang muncul, beri ceklist pada drive yang ingin anda defrag dan klik OK.



Setelah melakukan itu, system akan mendefrag drive yang anda pilih sesuai jadwal yang ditetapkan. Begitulah cara menjadwalkan Disk Defragmentation di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memeriksa Apakah Disk di Jadwalkan dan Perlu di Defrag atau Tidak


Anda selalu dapat memeriksa apakah disk dijadwalkan untuk didefrag atau tidak. Untuk melakukannya, buka Disk Defragmentation seperti langkah diatas. Sekarang, pilih drive dan lihat apakah Schedule optimization diaktifkan (On) atau tidak (Off).


Namun, tidak semua drive memerlukan pengoptimalan. Jadi lebih baik untuk memeriksanya. Untuk itu, klik Analyze di jendela Optimize Drives untuk memeriksa apakah drive tersebut memerlukan pengoptimalan. Jika status saat ini mengatakan OK, maka anda tidak perlu mengoptimalkannya.


Tetapi jika ada kebutuhan untuk mengoptimalkan drive tersebut, maka klik Optimize. Sekarang, tunggu prosesnya selesai dan itu akan mengoptimalkan drive tersebut.



Namun, disarankan untuk menjadwalkan pengoptimalan (disebutkan di atas) untuk memastikan bahwa semua disk telah dioptimalkan.



Perintah untuk Disk Defragment


Jika anda ingin mendefrag drive menggunakan command line, maka anda dapat menggunakan perintah untuk melakukan hal yang sama. Jadi, buka Command Prompt dengan hak administrator baik dari Start Menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.


Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

defrag C:

Anda dapat mengganti C dengan drive letter yang ingin anda defrag.



Apakah boleh menghentikan defragmentasi?

Tidak apa-apa untuk menghentikan defragmentasi, itu tidak akan mengganggu fungsi komputer anda. Namun, tidak perlu menghentikan fitur tersebut, karena ini membantu komputer anda berfungsi lebih baik. Hal ini membuat komputer anda lebih cepat dan meningkatkan performa/kinerjanya.

Tetapi jika anda ingin menonaktifkan Disk Defragmentation, anda dapat pergi ke pengaturan yang sama, pilih disk dan klik Change Settings. Kemudian anda dapat menghapus ceklist pada opsi Run on a schedule (recommended) dan klik OK.


Itu dia! Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tetang cara defrag hard drive anda dari menu konteks di Windows 10/11 atau 12 hal yang harus anda lakukan saat menjalankan SSD di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menjadwalkan Defragment Disk pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Menjadwalkan Defragment Disk pada Windows 10/11"