Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sign-in Dengan atau Tanpa Password di Windows 11

 


Windows 11 memungkinkan pengguna sign-in atau masuk dengan atau tanpa password. Opsi tanpa password dipilih secara default. Jika anda ingin belajar mengaktifkan atau menonaktifkan sign-in tanpa password di Windows 11, maka silakan lanjut membaca untuk menemukan caranya di artikel ini.


Microsoft selalu sangat sadar akan keamanan perangkat sambil memastikan untuk menjaga kenyamanan pengguna. Untuk menegakkan hal yang sama, system operasi Windows datang dengan konsep Windows Hello yang sangat baik. Ini memungkinkan masuk dengan parameter khusus system sehingga menonaktifkan kemungkinan peretas mengakses  local computer hanya dengan mengetahui password Microsoft account berbasis cloud.



Cara Sign-in ke Windows tanpa Hello PIN atau Password


Sebagian besar pengguna menganggapnya sebagai upaya ekstra dan mencoba melewatkan opsi untuk mendaftar ke Windows Hello, namun Microsoft telah mempersulitnya. Tetapi anda masih dapat menonaktifkan Windows Hello menggunakan Group Policy Editor atau Registry Editor.



1. Melalui Settings Windows


Prosedur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Sign-in tanpa password di Windows 11 melalui Settings adalah sebagai berikut.



  • Klik kanan pada Start dan pilih Settings dari menu yang muncul, atau anda dapat menekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Di jendela Settings, klik Account di panel kiri dan di panel kanan, pilih opsi Sign-in options.
  • Di halaman Sign-in options, di bawah nagian Additional settings, anda akan menemukan opsi yang bernama For improved security, only allow Windows Hello sign-in for Microsoft accounts on this device.
  • Mengaktifkan opsi ini (On) akan menolak login dengan password ke system anda. Sementara menonaktifkannya (Off) akan mengizinkan login dengan password bersama dengan kredensial Windows Hello.



2. Melalui Registry Windows


Prosedur yang sama dapat dilakukan melalui Registry Editor Windows 11. Perhatikan bahwa, metode ini mudah diterapkan jika anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Namun untuk berjaga-jaga, anda harus membackup registry atau membuat restore point agar jika anda melakukan kesalahan, anda dapat mengembalikannya dengan mudah. Kesalahan dalam pengeditan registry dapat menyebabkan system menjadi tidak stabil bahkan menyebabkan error BSOD.


Setelah anda melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini. 

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka jendela Registry Editor. Jika anda diminta untuk izin administrator, silakan klik Yes.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\PasswordLess\Device

  • Di panel kanan, anda akan menemukan DWORD yang bernama DevicePasswordLessBuildVersion. Klik dobel padanya untuk membuka Propertiesnya.


  • Di jendela edit DWORD anda melihat value datanya di atur ke 2, maka itu artinya sign-in tanpa password diaktifkan. Ini berarti anda tidak dapat sign-in menggunakan password.
  • Jika value datanya diatur ke 0 (nol), maka sign-in tanpa password dinonaktifkan. Artinya, anda dapat menggunakan password untuk sign-in ke system Windows anda.


Mengapa saya tidak dapat menghapus PIN saya untuk login Windows Hello?

Saat login tanpa password diaktifkan, PIN menjadi wajib. Alasannya adalah bahwa opsi identitas biometrik lainnya mungkin berfungsi atau tidak. Password dinonaktifkan. Dalam hal ini, anda harus menyimpan PIN sebagai opsi cadangan.

Jika anda benar-benar ingin menghapus PIN, maka alternatifnya adalah menggunakan password. Aktifkan sign-in berbasis password kemudian tutup dan buka kembali jendela Settings. Anda sekarang dapat menghapus PIN anda.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam Sign-in dengan atau tanpa password di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Cara Sign-in Dengan atau Tanpa Password di Windows 11"