Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x00000c1, Unable to install Printer di Windows 10/11

 


Jika anda menemukan pesan error Unable to install Printer dengan error code 0x00000c1 saat mencoba menambahkan printer ke komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi paling sesuai yang dapat anda coba untuk menyelesaikan masalah ini.


Pengguna PC yang mendapatkan error code 0x000000c1 ini, harus mengetahui bahwa error adalah salah satu masalah yang mungkin dialami pengguna sebagai akibat dari instalasi atau uninstall software yang salah atau gagal yang mungkin meninggalkan entri yang tidak valid di elemen system. Jika anda telah menerima peringatan ini di PC anda, itu berarti ada kegagalan fungsi dalam system operasi anda.



Memperbaiki Error 0x00000c1, Unable to install Printer


Jika anda tidak dapat menginstall printer pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error 0x00000c1 ini di PC anda.



1. Periksa Koneksi Printer


Hal pertama yang dapat anda coba untuk mengatasi error 0x000000c1,  Unable to install Printer adalah dengan memeriksa koneksi printer anda. Disini, anda perlu memeriksa apakah semua kabel power printer berfungsi dengan baik. Jika anda menggunakan shared printer pada jaringan, maka pastikan semua port elektrik, Router dan hardware lain yang terhubung dihidupkan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika anda memiliki printer wireless, pastikan untuk memeriksa opsi wireless Printer (Ikon Biru). Ini harus selalu tetap dihidupkan.


Coba solusi berikutnya jika koneksi printer selesai, tetapi masalah tetap ada.



2. Jalankan Printer Troubleshooter


Menjalankan troubleshooter bawaan Windows 10 atau Windows 11 akan memulai ulang printer dan driver anda dan memeriksa kesalahan apapun. Printer anda harus terhubung selama prosedur ini.


Untuk menjalankan Printer Troubleshooter, anda dapat melakukannya dari command prompt atau melalui jendela Settings Windows. Jika anda melakukannya melalui Settings, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Printer dan diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya klik Run pada opsi Printer untuk menjalankan troubleshooter.




3. Update Driver Printer


Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan bahwa anda telah menginstall driver printer terbaru untuk printer anda. Anda dapat mengupdate driver printer dari Device Manager. Anda juga dapat mendownload driver printer versi terbaru dari website produsen dan kemudian menginstallnya secara manual.



Setelah melakukannya dan merestart PC anda, lihat apakah masalah teratasi atau tidak. Coba solusi selanjutnya jika error muncul kembali.



4. Restart Service Print Spooler


Untuk merestart service Print Spooler di system Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini. Langkah untuk kedua system operasi sama.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka jendela Services.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Print Spooler di panel kanan.
  • Di jendela Properties, klik Stop di bawah bagian Service status. Ini akan menghentikan proses antrian print. Biarkan jendela Print Spooler Properties tetap terbuka.


  • Sekarang, tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer dan buka lokasi berikut ini.


C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS


  • Disini, hapus semua file yang ada di folder Printers. Jika anda tidak melihat file apapun, anda mungkin perlu menampilkan file/folder tersembunyi.
  • Setelah menghapusnya, tutup File Explorer.
  • Di jendela Print Spooler Properties, klik Start untuk merestart service.
  • Setelah itu, restart komputer anda sekali lagi dan menginstall ulang driver printer yang diperlukan pada startup komputer berikutnya.

Sekarang periksa kembali apakah masalah ini telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


5. Ubah Registry

Karena ini adalah operasi registry, maka anda disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan jika anda melakukan kesalahan dalam proses pengeditan. Setelah selesai, anda dapat melanjutkan dengan lankah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mengcopy jalur dibawah kemudian mempastenya ke address bar registry editor dan tekan enter untuk mencapai jalur dengan cepat.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print\Environments\Windows x64\Drivers

  • Di lokasi, klik subkey Version-3 di bawah key Driver di panel kiri dan di panel kanan, hapus semua entri registry yang ada kecuali (Default).


  • Ulangi langkah diatas jika ada subkey Version-X lainnya.
  • Setelah melakukannya, tutup Registry Editor dan restart PC anda.

Setelah booting, periksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


6. Putuskan dan Sambungkan Kembali Printer

Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil untuk anda, maka anda cukup memutuskan hubungan Printer dengan PC anda dengan mencabut kabelnya. Stelah itu restart PC anda dan sambungkan kembali kabel ke port USB masing-masing. Setelah itu, hidupkan printer anda dan install atau tambahkan Local Printer ke PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Semoga masalah anda teratasi. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menemukan IP address dari Network Printer atau cara memperbaiki Printer lambat mencetak di PC Windows.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x00000c1, Unable to install Printer di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x00000c1, Unable to install Printer di Windows 10/11"