Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x00028002 Network Connection di Windows 10/11

 


Inkonsistensi jaringan dalam bentuk apapun adalah faktor utama di balik error 0x00028002 dan itu akan menghentikan PC anda untuk tetap terhubung ke jaringan lokal/local network. Error code ini terutama muncul pada saat menjalankan Windows Network Diagnostics Troubleshooter untuk memeriksa masalah di komputer Windows 10 atau Windows 11.


Penyebab Error 0x00028002 Network Connection

Masalahnya bisa karena beberapa error pada driver network. Terkadang, ketika komputer kita memasuki sleep mode atau hibernation mode, driver networknya dapat mengalami beberapa masalah dan karenanya, anda mungkin melihat error ini.


Salah satu alasan error ini adalah Network Adapter yang out of date, yang merupakan hasil dari langkah anda yang tidak pernah mengupdatenya sesekali. Router yang rusak juga dapat menyebabkan error ini.


Saya akan membahas bagaimana menyelesaikan semua masalah ini dalam artikel ini.



Memperbaiki Error 0x00028002 Network Connection


Jika anda melihat error 0x00028002 Network Connection (terutama ketika anda menggunakan jaringan Wireless), maka pertama-tama update Windows anda. Setelah mengupdate komputer anda, gunakan solusi yang tercantum di bawah ini untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Lupakan Jaringan Wireless


Error jaringan normal terjadi setiap saat dan itu bisa menjadi alasannya. Jika itu alasannya maka error tersebut akan hilang pada startup biasa anda tetapi jika digunakan untuk menempatkan PC anda dalam hibernation mode maka anda dapat mengatasinya dengan melupakan (Forget) jaringan yang terhubung.


Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini menunjukkan bagaimana melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik ms-settings:network-wifi tekan Enter.
  • Jendela pengaturan Network & Internet akan terbuka.
  • Kemudian klik Manage known networks di panel kanan.


  • Sekarang klik Forget pada jaringan WiFi yang terhubung.



Setelah melupakan jaringan, bergabunglah kembali dengan jaringan WiFi yang sama dan lihat apakah error masih berlanjut. Jika error masih muncul maka lanjutkan ke perbaikan berikut di bawah ini.



2. Update Network Adapter


Seperti yang disebutkan sebelumnya, masalahnya bisa karena driver Network Adapter yang sudah out of date. Jadi, anda perlu mengupdate driver Network Adapter anda dan melihat apakah masalah tetap ada.

  • Tekan tombol Win + X atau klik kanan Start menu dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network Adapter.
  • Selanjutnya klik kanan pada network adapter anda dan pilih Update driver.
  • Di jendela update driver, pilih Search automatically for drivers dan ikuti petunjuk hingga selesai.




3. Restart Router


Dianjurkan untuk merestart router anda dan melihat apakah masalah berlanjut. Dengan merestart router, anda dapat memperbaiki masalah jika itu karena beberapa error sementara. Jadi, matikan dan cabut router dan modem anda, kemudian tunggu satu atau dua menit. Setelah itu pasang kembali dan periksa apakah masalah berlanjut.



4. Nonaktifkan IPv6 jika ISP Anda Tidak Mendukungnya


Jika ISP anda tidak mendukung IPv6 maka anda harus menonaktifkan protocol. Untuk menonaktifkan IPv6 di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Sementara di Windows 11, gunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk melihat semua adapter.


Get-NetAdapterBinding -ComponentID ms_tcpip6

  • Untuk menonaktifkan network adapter tertentu, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ganti <Adapter Name> dengan adapter yang ingin anda nonaktifkan.

Disable-NetAdapterBinding -Name <Adapter Name> -ComponentID ms_tcpip6


  • Setelah melakukan ini, restart router dan komputer anda dan coba sambungkan kembali dan lihat apakah masalah berlanjut.


5. Gunakan Network Reset

Anda dapat mencoba memperbaiki masalah ini dengan mereset Network Adapter dan lihat apakah itu berhasil untuk anda. Ikuti metode di artikel dibawah ini untuk mereset Network Adapter di masing-masing system operasi.


6. Ganti Router Anda

Masalahnya bisa juga karena router anda yang rusak. Jadi, jika semua metode diatas gagal diterapkan di komputer Windows anda, anda mungkin harus mengganti router anda. Lakukan itu dan semoga anda tidak akan lagi melihat masalah tersebut.


Mudah-mudahan, anda dapat memperbaiki masalah dengan solusi yang diberikan. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memaksa WiFi untuk terhubung ke lebih dari 5GHz di Windows 10/11 atau cara aktifkan dan nonaktifkan adapter WiFi dan Ethernet di Windows 11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x00028002 Network Connection di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x00028002 Network Connection di Windows 10/11"