Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x80070017 BitLocker Auto-Unlock di Windows 10/11

 


Di  Windows 10 atau Windows 11, anda dimungkinkan untuk unlock volume yang dilindungi oleh BitLocker Disk Encryption secara otomatis. Namun, jika anda mendapatkan error code 0x80070017 saat mengaktifkan BitLocker auto-unlock di Windows 10 atau Windows 11, maka berikut adalah solusi yang berguna untuk anda dalam memperbaiki masalah tersebut. Error ini dapat terjadi ketika anda memindahkan drive yang dienkripsi dari satu hard disk ke hard disk lainnya. Apapun yang menyebabkan masalah ini pada PC anda, anda dapat memecahkannya menggunakan panduan yang saya berikan di artikel ini.


Mari kita asumsikan bahwa anda telah melakukan enkripsi disk dengan BitLocker dan mengaktifkan BitLocker auto-unlock sebelumnya dan memigrasikan volume yang terenkripsi dari satu hard drive ke hard drive lainnya. Sering kali, anda mungkin membutuhkan lebih banyak penyimpanan dan anda sering mengupgrade SSD atau HDD anda. Setelah bermigrasi, setiap kali anda mencoba mengaktifkan BitLocker Auto-unlock, error ini akan menyambut anda dengan error code yang disebutkan di atas. Untuk memperbaiki masalah ini, anda perlu menghapus semua key sebelumnya atau yang sudah ada yang digunakan untuk fungsi BitLocker Auto-unlock sebelum bermigrasi ke hard disk baru.



Memperbaiki Error 0x80070017 BitLocker Auto-Unlock


Untuk memperbaiki error 0x80070017 BitLocker Auto-unlock di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Pertama, buka Command Prompt atau Windows PowerShell atau Windows Terminal dengan hak administrator. Untuk Windows 10, jika anda ingin menggunakan Windows Terminal, baca disini untuk menginstallnya. Jika tidak gunakan yang lainnya. Dalam hal ini, saya akan menggunakan Windows Terminal. Untuk itu, anda dapat menekan tombol Win + X atau klik kanan Start dan pilih opsi Windows Terminal (Admin). Kemudian, klik Yes di prompt UAC.



Setelah membuka Windows Terminal, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.


manage-bde -autounlock -clearallkeys drive-letter:


Jangan lupa untuk mengganti drive-letter: dengan drive letter sebenarnya dari volume yang terenkripsi milik anda. Jika itu adalah drive C, maka anda harus memasukkan perintah seperti dibawah ini.

manage-bde -autounlock -clearallkeys C:

Sekadar informasi, perintah yang disebutkan di atas akan menghapus semua key auto-unlock yang ada dari memory anda. Namun, jika anda memiliki key eksternal untuk dihapus, maka anda harus memasukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.


manage-bde -protectors -delete -type externalkey C:

Selanjutnya, anda perlu mengaktifkan BitLocker Auto-unlock untuk drive yang terenkripsi. Ada tiga cara untuk melakukannya di komputer Windows 10 dan Windows 11. Namun, karena anda telah membuka jendela Windows Terminal dengan hak admin, maka anda dapat memasukkan perintah berikut ini dan tekan Enter. Jamgam lipda mengganti drive-letter dengan drive letter yang sebenarnya.

manage-bde -autounlock -enable drive letter:

Selain itu, anda dapat menggunakan BitLocker Manager atau Windows PowerShell atau Command Prompt untuk menyelesaikan hal yang sama.


Menghentikan BitLocker Agar Tidak Unlock Secara Otomatis

Untuk menghentikan BitLocker agar tidak meng-unlock secara otomatis, maka anda dapat menggunakan BitLocker Manager di komputer anda. Dari sana, anda perlu mengklik opsi Turn on auto-unlock dan menonaktifkannya. Setelah itu, BitLocker tidak akan unlock volume yang terenkripsi secara otomatis di komputer anda.


Hal yang Memungkinkan BitLocker Unlock Drive Secara Otomatis

Jika anda mengaktifkan BitLocker Auto-unlock, maka itu akan meng-unlock volume yang terenkripsi secara otomatis. Hal ini dilakukan seperti itu dengan menggunakan informasi terenkripsi yang disimpan dalam Registry dan metadata volume. Saat anda mengaktifkan fungsi ini, BitLocker secara otomatis meng-unlock volume yang terenkripsi.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80070017 BitLocker Auto-Unlock di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80070017 BitLocker Auto-Unlock di Windows 10/11"