Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x800700ea Saat Install Update Windows

 


Beberapa pengguna mengalami error 0x800700ea ini saat menginstal Cumulative Update di Windows 10 atau Windows 11 mereka. Mungkin ada banyak penyebab terjadinya error ini, seperti file system yang hilang atau rusak, Windows Update Component yang rusak dan lainnya. Dalam artikel ini, saya akan berbicara tentang solusi untuk memperbaiki error Windows Update 0x800700ea.


Terkadang, software antivirus mencegah Windows menginstall update. Oleh karena itu, sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda menonaktifkan software antivirus anda untuk sementara dan kemudian mengupdate system anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali perlindungan antivirus setelah selesai update.


Update Windows juga dapat gagal jika anda memiliki ruang disk yang rendah di system anda. Agar update Windows berhasil diinstall, anda harus memiliki ruang kosong minimum 16 GB untuk 32 bit dan ruang kosong minimum 20 GB untuk 64 bit.


Oleh karena itu, saya sarankan anda menghapus file yang tidak perlu untuk mengosongkan beberapa ruang disk di drive system anda.




Memperbaiki Error 0x800700ea Saat Install Update Windows


Perbaikan berikut ini dapat membantu anda menghilangkan error 0x800700ea ini. Tetapi sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda membuat system restore point sehingga anda dapat mengembalikan system anda ke kondisi kerja sebelumnya jika terjadi error.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows Update Troubleshooter adalah tools pemecahan masalah otomatis dari Microsoft yang mendeteksi masalah update Windows dan memperbaikinya (jika memungkinkan). Jalankan troubleshooter ini dan lihat apakah itu membantu. Anda dapat menjalankan Troubleshooter dari Command Prompt, namun jika anda ingin menjalankannya dari Settings Windows, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




2. Reset Windows Update Component


Jika update Windows selalu gagal diinstall di PC Windows 10 atau Windows 11 anda karena kerusakan pada Windows Update Component, maka mereset mereka dapat memperbaiki masalah ini.


Setelah mereset Windows Update Component, restart komputer anda dan lihat apakah anda masih menerima error yang sama saat mengupdate system anda.



3. Jalankan Scan SFC


System File Checker (SFC) adalah utilitas yang dikembangkan oleh Microsoft yang berguna untuk menscan system anda untuk menemukan file system yang rusak dan memperbaikinya secara otomatis. Kerusakan file system adalah salah satu alasan dari kegagalan dalam melakukan update Windows. Oleh karena itu, anda harus menjalankan scan SFC dan melihat apakah itu membantu.




4. Install Windows Update Secara Manual dari Microsoft Update Catalog


Jika tidak ada metode di atas yang memperbaiki masalah anda, maka anda dapat menginstall update Windows secara manual yang dapat anda download dari Microsoft Update Catalog. Melakukan langkah ini dapat membantu anda untuk menginstall update Windows yang selalu error di PC anda.



Yang perlu anda ketahui adalahmengetahui nomor KB update yang error tersebut dari jendela Windows Update, kemudian gunakan nomor KB tersebut untuk menemukan dan mendownload update dari Microsoft Update Catalog. Pastikan anda mendownloadnya sesuai dengan arsitektur dan versi Windows anda.



Anda juga dapat melanjutkan membaca artikel saya tentang memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11 untuk mengikuti perbaikan lainnya.


Semoga membantu anda.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800700ea saat install update Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x800700ea Saat Install Update Windows"