Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x800701b1, A device which does not exist was specified di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 10 dan Windows 11 medapatkan error A device which does not exist was specified dengan error code 0x800701b1, saat mereka mencoba untuk mengcopy, mempaste atau memindahkan file dari/ke Hard Drive eksternal yang terhubung melalui port USB. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengatasi error dengan beberapa solusi sederhana.


Apa itu Error Code 0X800701B1?

Error code 0x800701B1 ini melarang pengguna mengakses beberapa fitur Hard Drive eksternal apapun yang telah mereka hubungkan melalui port USB. Ada banyak alasan untuk error ini, seperti driver yang out of date atau rusak, penggunaan USB 2.0, beberapa error dan lainnya. Tetapi skenario terburuknya adalah Hard Drive yang rusak. Kita akan melihat cara mengetahui apakah Hard Drive anda rusak selanjutnya. Saya akan membicarakan semuanya dan lebih banyak lagi di artikel ini.




Memperbaiki Error 0x800701b1, A device which does not exist was specified


Jika anda mendapatkan Error 0x800701b1, A device which does not exist was specified, maka pertama-tama restart komputer anda dan coba melakukan tugas yang sama lagi, jika masalah berlanjut, gunakan solusi yang diberikan dibawah ini untuk menyelesaikannya.



1. Gunakan Port yang Berbeda


Beberapa pengguna dapat memperbaiki masalah dengan menghubungkan Hard Drive eksternal mereka ke USB 3.0, bukan USB 2.0. Ada alasan yang sangat jelas untuk itu. USB 3.0 lebih unggul dari USB 2.0, memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dan dapat memasok lebih banyak daya ke perangkat yang terhubung. Oleh karena itu, anda harus memeriksa apakah komputer anda memiliki port USB 3.0 atau tidak. Jika ada, maka gunakan itu untuk menghubungkan Hard Drive eksternal anda.



2. Kelola Driver Anda


Masalahnya bisa karena driver Hard drive yang rusak, out of date atau bermasalah. Jadi, anda dapat mengupdate driver anda atau me-rollback driver atau menginstall ulang driver yang dimaksud untuk menyelesaikan masalah ini.



3. Scan Ulang Disk


Jika masalahnya adalah karena beberapa error maka menscan ulang hard drive dapat menyelesaikan masalah. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.



  • Buka Disk Management dari Start Menu.
  • Di jendela Disk Management, klik Action dan pilih Rescan Disks.
  • Biarkan prosesnya selesai karena mungkin perlu waktu.


Setelah proses scan selesai, periksa apakah masalah tetap ada atau diperbaiki.



4. Ambil Kepemilikan Drive


Biasanya, anda akan memiliki kepemilikan drive yang terhubung, tetapi biasanya, anda bahkan tidak akan melihat pesan error. Oleh karena itu, anda perlu melihat bagaimana mengambil kepemilikan drive yang dimaksud disini.


Ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk mengambil kepemilikan drive anda yang terhubung.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Klik kanan pada drive ekternal anda dan pilih Properties.
  • Kemudian alihkan ke tab Security dan klik Advanced.


  • Sekarang, di jendela Advanced Security Settings for, klik Change.


  • Ketik username saat ini, dan klik Check names. Setelah itu klik OK.


  • Jika anda tidak tahu username saat ini, klik Advanced dan di jendela Select user or group, klik Find Now. Kemudian klik dobel pada username anda.


  • Selanjutnya, beri ceklist pada Replace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object  dan klik Apply dan OK.



Catatan: Tidak apa-apa untuk mengambil kepemilikan drive data anda, tetapi anda tidak boleh mengambil kepemilikan drive system tempat Windows diinstal. Dalam kasus seperti itu, lebih baik untuk mengambil kepemilikan folder saja.


Sekarang, coba lakukan apapun yang anda lakukan sebelum melihat error dan lihat apakah itu berhasil.



5. Periksa Kesehatan Hard Drive Anda


Hard Drive yang rusak dapat menyebabkan pesan error muncul. Karenanya, anda perlu memeriksa kesehatan Hard Drive anda, apakah Hard Drive anda yang menyebabkan masalah. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencolokkannya ke komputer lain dan mencoba melakukan hal yang sama disana. Jika error muncul kembali, maka kemungkinan anda perlu mengganti hard drive anda.


Jika anda memiliki kabel USB yang menghubungkan HDD/SDD ke komputer, anda harus mencoba menggantinya dan perhatikan apakah itu memperbaiki masalah. Terkadang, kabel yang rusak juga dapat menyebabkan error.



Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menjalankan CHKDSK untuk memeriksa error disk di Windows 10/11 atau memperbaiki kecepatan Read/Write SSD yang lambat di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x800701b1, A device which does not exist was specified di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x800701b1, A device which does not exist was specified di Windows 10/11"