Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x800F0950 Saat Install .NET Framework 3.5 di Windows 10/11

 


Artikel kali ini akan memberikan panduan tentang cara memperbaiki error code 0x800F0950 saat menginstall .NET Framework di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Banyak pengguna Windows melaporkan bahwa mereka mendapatkan error code ini saat menginstall .NET Framework 3.5 atau mencoba menjalankan aplikasi yang membutuhkan ketergantungan ini.


Saat terjadinya error ini, pesan error lengkap akan di tampilkan seperti berikut ini.

The following feature couldn’t be installed:

.NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0)

The changes couldn’t be completed. Please reboot your computer and try again.

Error code: 0x800F0950




Penyebab terjadinya error inipun tidak jelas. Namun, berdasarkan beberapa laporan pengguna, error ini mungkin dipicu ketika .NET Framework terganggu karena kegagalan daya atau hal lain. Itu juga dapat terjadi jika anda belum menginstall update Windows yang tertunda. Selain itu, kerusakan file system dapat menjadi alasan lain untuk error code ini.


Sekarang, jika anda menghadapi error yang sama di PC anda, maka anda telah mendarat di halaman yang benar. Disini, saya akan menunjukkan kepada anda beberapa metode yang memungkinkan anda untuk memperbaiki masalah tersebut.



Memperbaiki Error 0x800F0950 Saat Install .NET Framework 3.5


Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba jika instalasi .NET Framework 3.5 gagal dengan error code 0x800F0950 di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Langsung saja kita lihat metode perbaikannya satu per satu secara terperinci.



1. Jalankan .NET Framework Repair Tool


Jika instalasi .NET Framework terganggu oleh kegagalan daya, shutdown tak terduga atau ada kemungkinan bahwa ada beberapa file sisa yang mengganggu instalasi baru .NET Framework, maka dalam kasus seperti ini, menjalankan .NET Framework Repair Tool adalah solusi terbaik. Ini akan mendeteksi dan memperbaiki masalah dengan instalasi .NET Framework anda.


Cukup download .NET Framework Repair Tool dari web site Microsoft. Setelah itu, jalankan itu dengan hak administratif. Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk melakukan scan dan kemudian terapkan strategi perbaikan yang disarankan. Ketika perbaikan selesai, restart PC anda dan kemudian lihat apakah masalah telah diperbaiki.



Jika anda masih terus mengalami error yang sama, maka anda dapat mencoba beberapa perbaikan lain dari panduan ini.



2. Aktifkan .NET Framework Menggunakan Perintah DISM


Jika perbaikan di atas tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba menginstall .NET Framework melalui media instalasi dengan mengaktifkannya menggunakan perintah DISM. Seperti yang disarankan oleh beberapa pengguna di halaman Microsoft Community, solusi ini telah bekerja untuk banyak pengguna dan mungkin juga untuk anda. Jadi, coba install .NET Framework 3.5 langsung dari media instalasi yang kompatibel menggunakan langkah-langkah di bawah ini.


  • Pertama-tama, masukkan media instalasi yang kompatibel ke dalam flash drive anda, atau jika anda menggunakan file ISO, maka mount file ISO Windows.
  • Sekarang, buka Command Prompt dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Start menu, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya, di jendela command prompt, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Ganti X dengan drive letter tempat anda memasukkan media instalasi atau drive mount ISO.


Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:X:\sources\sxs /LimitAccess


  • Setelah proses selesai, restart PC anda dan periksa apakah error sudah diperbaiki atau belum.

Jika anda masih mendapatkan error yang sama, maka ikuti metode perbaikan selanjutnya untuk mengatasi masalah ini.


3. Install Update Windows yang Tertunda

Anda mungkin menerima error code ini jika anda belum menginstall update Windows yang tertunda yang dijadwalkan untuk diinstall .NET Framework di PC anda. Jadi, pastikan anda telah menginstall setiap update Windows yang tertunda.

  • Untuk itu, buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya buka bagian Windows Update.
  • Kemudian, periksa update yang tersedia dan instal update yang tertunda.
  • Saat anda menginstall semua update Windows, anda mungkin menemukan .NET Framework 3.5 di bawah komponen Windows Update.

Jika ini tidak memperbaiki masalah untuk anda, coba perbaikan potensial berikutnya.


4. Install .NET Framework 3.5 Menggunakan Windows Features

Jika anda tidak berhasil menginstall .NET Framework menggunakan installer, maka anda dapat mencoba menginstal .NET Framework 3.5 menggunakan Windows Features. Banyak pengguna yang terpengaruh dapat menginstall .NET Framework melalui Windows Features dengan lancar. Perhatikan bahwa karena ada versi .NET Framework yang lebih baru yang diinstal secara default di Windows 11, jadi anda tidak perlu melakukan tindakan apapun. Untuk melakukan ini, buka link yang sudah saya sematkan di awal artikel ini.



5. Buat Kustom Skrip Instalasi CMD (Hanya untuk Windows 10)

Anda juga dapat mencoba menginstall .NET Framework 3.5 menggunakan kustom skrip instalasi. Beberapa pengguna dilaporkan telah memperbaiki error ini dengan metode ini. Tetapi perhatikan bahwa anda diharuskan membuat media instalasi yang kompatibel untuk PC Windows 10 anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat kustom skrip instalasi CMD.

  • Pertama, buka aplikasi Notepad dengan hak administrator.
  • Selanjutnya, masukkan skrip di bawah ini ke Notepad. Jangan lupa ganti XX dengan drive letter tempat anda meletakkan media instalasi.

@echo off 
Title .NET Framework 3.5 Offline Installer 
for %%I in (D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z) do if exist "%%I:\\sources\install.wim" set setupdrv=%%I 
if defined setupdrv ( 
echo Found drive %setupdrv% 
echo Installing .NET Framework 3.5... 
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:XX:\sources\sxs /LimitAccess 
echo. 
echo .NET Framework 3.5 should be installed 
echo. 
) else ( 
echo No installation media found! 
echo Insert DVD or USB flash drive and run this file once again. 
echo. 
pause

  • Setelah mengcopy dan mempaste skrip di atas, klik File dan pilih opsi Save As. Sekarang, anda harus menyimpan file ini dengan ekstensi file .cmd. Untuk itu, pilih All Files untuk Save as type, kemudian masukkan nama file diikuti dengan ekstensi file .cmd (misalnya NET_Framework.cmd) dan klik Save.


  • Setelah skrip CMD dibuat, klik dobel pada file untuk menjalankannya. Berikan hak administrator dan biarkan skrip dijalankan sepenuhnya.
  • Setelah selesai, restart PC anda dan mudah-mudahan, error akan diperbaiki sekarang.


6. Install .NET Framework 4.8 dari Microsoft (hanya untuk Windows 11)

Dalam beberapa kasus, pengguna Windows 11 menghadapi error 0x800F0950 saat meluncurkan game yang membutuhkan .NET Framework versi 3.5. Game semacam itu juga membutuhkan iterasi baru dari .NET Framework untuk dijalankan. Jika skenario ini cocok untuk anda, maka anda dapat mencoba mendownload dan menginstal versi .NET Framework 4.8 dari halaman Microsoft DotNET. Ini harus memperbaiki masalah untuk anda.

Berikut adalah langkah-langkah utama untuk menginstal .NET Framework 4.8 di Windows 11.

  • Sekarang, klik Download .NET Framework 4.8 Runtime untuk mendownload installer masing-masing.
  • Selanjutnya, klik dobel pada file exe dan kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi.
  • Ketika instalasi selesai, restart PC anda dan lihat apakah error 0x800F0950 sudah diperbaiki sekarang.

Jika ini tidak memperbaiki masalah untuk anda, maka lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.


7. Perbaiki Instalasi Windows

Jika tidak ada solusi di atas yang bekerja untuk anda, mungkin ada beberapa kerusakan pada PC anda yang memicu error code ini. Untuk mengatasi error ini, anda dapat mencoba memperbaiki instalasi Windows anda. Ini harus dapat memperbaiki masalah jika error disebabkan karena file system anda korup atau rusak.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800F0950 saat install .NET Framework 3.5 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x800F0950 Saat Install .NET Framework 3.5 di Windows 10/11"