Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x80242014 Windows Update di Windows 10/11

 


Saat anda melakukan update pada Windows anda, anda mungkin mengalami error. Begitu banyak error yang di dapatkan pengguna di Windows Update. Salah satu error yang dapat anda temukan adalah error 0x80242014. Jika anda juga mengalami error 0x80242014 Windows Update di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang akan saya berikan dalam artikel ini untuk mengatasi masalah ini di PC anda.


Saat anda mengalami error ini, maka deskripsi error update Windows tersebut akan terlihat seperti berikut ini.

0x80242014 Message Description Mitigation WU_E_UH_POSTREBOOTSTILLPENDING The post-restart operation for the update is still in progress.


Untuk mengetahui apakah update Windows anda korup, maka anda dapat mengikuti petunjuk berikut ini. Dari desktop, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak Admin. Anda juga dapat menjalankannya Windows Terminal ( Admin). Setelah itu, masukan perintah SFC /scannow dan tekan Enter. System File Checker (SFC) memeriksa integritas file system Windows anda.



Memperbaiki Error 0x80242014 Windows Update


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini dalam urutan yang disajikan untuk menyelesaikan masalah Error 0x80242014 Windows Update pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart Komputer Anda


Karena deskripsi error juga mengatakan POSTREBOOTSTILLPENDING, maka anda dapat secara manual merestart komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah Error 0x80242014 Windows Update akan teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




3. Bersihkan Cache Windows Update


Folder SoftwareDistribution di system operasi Windows 10 atau Windows 11 adalah folder yang terletak di direktori Windows yang digunakan untuk menyimpan sementara file yang mungkin diperlukan untuk menginstal Windows Update di komputer anda. Solusi ini mengharuskan anda menghapus konten di folder SoftwareDistribution.



Seperti folder SoftwareDistribution, dua folder penting lainnya untuk update Windows adalah folder Catroot2 dan Catroot. Folder catroot2 berisi beberapa komponen update Windows yang penting. Masalah apapun yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kegagalan update Windows anda. Jadi, untuk memperbaiki beberapa masalah terkait update, maka anda perlu mereset folder catroot2 dan folder SoftwareDistribution.



Jika tidak ada tindakan ini yang berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi, anda dapat mencoba solusi berikutnya.



4. Lakukan System Restore


Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil untuk anda, maka anda dapat melakukan System Restore dan memilih restore point dalam kondisi kerja sebelum anda melakukan update Windows. Setelah system anda dalam kondisi kerja yang normal, anda dapat menjalankan kembali update Windows atau mendownload update package secara manual dari Microsoft Update Catalog, kemudian menjalankan installer untuk menginstall update di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




Salah satu solusi ini harus bekerja untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang 3 cara menghentikan update otomatis Windows 10/11 atau cara menyembunyikan update Windows di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80242014 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80242014 Windows Update di Windows 10/11"