Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x8024D009 Windows Update di Windows 10/11

 


Jika anda menemukan error code 0x8024D009 saat mencoba menginstall update di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya serta memberikan solusi paling memadai yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.


Ketika anda mendapatkan error ini, maka deskripsi error update Windows tersebut akan di tampilkan seperti berikut ini.

0x8024D009 Message Description Mitigation WU_E_SETUP_SKIP_UPDATE An update to the Windows Update Agent was skipped due to a directive in the Wuident.cab file.


Banyak penyebab yang paling mungkin untuk error update 0x8024D009 ini, antara lain;

  • System file Windows yang rusak.
  • Akses Internet terputus-putus.
  • Service Windows Update tidak berjalan atau dinonaktifkan.
  • Kesalahan konfigurasi Windows Update component.
  • Malware.


Cara Update ke Windows 11

Pengguna PC yang ingin memperbarui ke Windows 11 dari Windows 10, dapat mengikuti petunjuk sederhana ini untuk melakukan operasi: Cukup buka Settings - Update & Security - Windows Update dan klik Check for Updates. Jika tersedia, anda akan melihat Feature update to Windows 11. Klik Download and install.



Memperbaiki Error 0x8024D009 Windows Update


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini dalam urutan yang disajikan untuk menyelesaikan error 0x8024D009 Windows Update pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat proses perbaikannya satu per satu secara terperinci.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Sebagian besar error update Windows dapat diselesaikan dengan cepat oleh Windows Update Troubleshooter. Solusi ini mengharuskan anda menjalankan wizard ini dan melihat apakah itu menyelesaikan error 0x8024D009 Windows Update pada system Windows anda.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




2. Perbaiki Windows Update Agent yang Rusak


Karena deskripsi error menunjuk ke Windows Update Agent, maka ini mungkin kasus Agent/Client Windows Update yang rusak. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba memperbaiki Windows Update Agent yang rusak dan melihat apakah itu membantu masalah yang dihadapi.


Untuk memperbaiki Windows Update Agent, anda dapat menjalankan scan SFC dan DISM atau melakukan perbaikan PC Windows menggunakan media instalasi.



3. Reset Windows Update Agent ke Default


Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset Windows Update Agent ke default pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Setelah selesai, anda dapat menjalankan kembali Windows Update dan melihat apakah update berhasil diinstall di PC anda.




4. Memecahkan Masalah Windows Server Update Services (WSUS)


Anda mungkin perlu memecahkan masalah terkait Windows Server Update Services (WSUS). Windows Server Update Services (WSUS) membantu administrator mengelola update dan hotfix yang dirilis perusahaan untuk produknya. WSUS adalah bagian penting dari server Windows. Saat Microsoft meluncurkan update di websitenya, WSUS mendownloadnya dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan. Anda mungkin perlu menjalankan WSUS Server Cleanup Wizard.



5. Lakukan Reset This PC atau Cloud Reset Windows 10/11


Dalam kasus kerusakan system yang parah, anda mungkin tidak memiliki pilihan lain tetapi solusi yang paling dapat diterapkan disini adalah anda dapat mencoba Reset This PC atau Cloud Reset untuk mereset setiap komponen Windows dan melihat apakah itu membantu.



Salah satu solusi ini harus bekerja untuk anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara download update Windows dan menginstalnya di banyak PC atau memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x8024D009 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x8024D009 Windows Update di Windows 10/11"