Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x80300024 Saat Install Windows 10/11

 


Apakah anda mendapatkan error code 0x80300024 saat mencoba menginstall Windows di komputer anda? Beberapa pengguna menghadapi error code 0x80300024 ketika mereka mencoba menginstall Windows versi terbaru atau berbeda di komputer mereka. Saat error ini terjadi, pesan error tersebut akan terlihat seperti berikut ini.

Windows is unable to install to the selected location, Error 0x80300024

Atau

We couldn’t install Windows in the location you chose. Please check your media drive. Here's more info about what happened: 0x80300024.



Error code ini pada dasarnya menunjukkan masalah dengan disk, partisi atau volume target tempat anda mencoba menginstall Windows. Sekarang, jika anda mengalami error code yang sama dan tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya, maka panduan ini cocok untuk anda. Disini, kita akan membahas beberapa perbaikan yang berfungsi yang dilaporkan menyelesaikan masalah bagi pengguna yang terpengaruh.


Perhatikan bahwa sebelum mencoba solusi apapun, pastikan PC anda memenuhi persyaratan minimum untuk menginstal versi Windows tertentu di komputer anda.



Penyebabkan Error Code 0x80300024 Saat Menginstal Windows


Setelah menganalisis beberapa laporan, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang dapat memicu error code 0x80300024 saat menginstall Windows.

  • Error ini dapat disebabkan jika anda memiliki terlalu banyak hard drive yang tidak perlu dicolokkan ke system anda. Jadi, sebelum melanjutkan dengan instalasi Windows, lepaskan hard drive ekstra lainnya.
  • Error ini juga dapat dipicu jika tidak ada cukup ruang pada partisi disk tempat anda mencoba menginstall Windows. Jadi, pertimbangkan untuk membuat ruang disk yang cukup pada partisi disk untuk menginstall Windows jika skenarionya berlaku.
  • Jika partisi disk anda berisi error atau kerusakan, itu mungkin akan menyebabkan error ini. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan tools DiskPart untuk memperbaiki file yang korup.
  • Hard drive yang rusak juga dapat menjadi alasan lain untuk error ini.


Sekarang setelah anda mengetahui skenario yang menyebabkan error ini, maka berikut adalah panduan lengkap untuk mengatasi error code 0x80300024 saat melakukan instalasi Windows.



Memperbaiki Error 0x80300024 Saat Install Windows 10/11


Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba untuk memperbaiki error code 0x80300024 yang ditemui saat menginstall Windows 10 atau Windows 11.



1. Lepaskan Hard Drive yang Tidak Perlu


Error ini dapat dipicu jika ada beberapa hard drive yang tidak perlu terhubung ke komputer anda. Hard drive ekstra mungkin mengganggu proses instalasi dan dengan demikian menyebabkan error code 0x80300024. Jika skenario ini berlaku, maka lepaskan semua hard drive yang tidak perlu dimana bukan menjadi tempat anda menginstall Windows. Setelah melepaskan hard drive tambahan, coba lagi instalasi Windows dan kemudian periksa apakah error telah diperbaiki atau tidak.


Jika skenario tidak berlaku untuk anda atau anda masih mendapatkan error yang sama setelah melepas hard drive yang tidak perlu, maka anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan error ini.



2. Gunakan Port USB yang Berbeda


Jika anda mencoba menginstall Windows menggunakan media instalasi USB drive dan mendapatkan error yang sama, maka masalahnya mungkin pada port yang anda gunakan. Jadi, anda dapat mencoba dengan mengunakan port USB lainnya untuk mencolokkan media instalasi anda dan kemudian mencoba kembali untuk menginstal Windows ke komputer anda. Jadi, katakanlah saat ini anda menggunakan port USB 2.0 untuk media instalasi anda, maka beralihlah ke port USB 3.0 untuk mengatasi error ini. Dan sebaliknya.


Ini adalah salah satu solusi paling efektif sesuai laporan pengguna. Jadi, cobalah keberuntungan anda dengan metode ini dan lihat apakah itu memperbaiki error untuk anda. Anda juga dapat memeriksa apakah USB drive dapat dibuat Bootable atau tidak di Windows 10 atau Windows 11 anda.



3. Pastikan Urutan Booting Benar


Error ini mungkin dipicu jika USB drive atau media instalasi Windows tidak berada di bagian atas urutan boot system anda. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mengubah urutan booting untuk memastikan bahwa USB drive berada di bagian teratas dan drive target tempat anda menginstall Windows berada di bagian bawah dalam urutan booting komputer. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.



  • Pertama, nyalakan PC anda.
  • Ketika komputer mulai booting, pada layar pertama, anda akan melihat instruksi untuk menekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS/Setup. Dalam kebanyakan kasus, tombolnya adalah F1, F2, F10, F12, DEL atau ESC. Anda dapat menekan tombol yang ditentukan untuk masuk ke BIOS.
  • Di layar BIOS, cari dan arahkan ke urutan/konfigurasi booting komputer anda. Kemungkinan besar, anda akan menemukan urutan booting di bawah tab Boot BIOS.
  • Selanjutnya, anda perlu menyesuaikan urutan boot seperti USB drive berada di urutan pertama dan hard drive target tempat anda menginstall Windows berada tepat dibawahnya.
  • Setelah itu, anda juga perlu memastikan bahwa anda telah memilih UEFI sebagai boot mode.
  • Terakhir, simpan perubahan dan keluar dari pengaturan BIOS.


Setelah reboot, coba install kembali Windows dan lihat apakah error telah hilang.



4. Format Perangkat Instalasi


Jika partisi hard drive tempat anda mencoba menginstall Windows digunakan sebelumnya dan rusak atau beberapa data yang mungkin mengganggu instalasi Windows, maka ini mungkin memicu error ini. Dalam hal ini, anda dapat mencoba memformat lokasi sebelum mencoba menginstall Windows di komputer anda. Namun, sebelum melakukan itu, anda dapat membackup data penting anda. Jika PC anda tidak dapat booting ke Windows, maka ikuti panduan di artikel ini untuk membackup data anda. ​


Berikut adalah langkah-langkah untuk memformat lokasi instalasi di PC anda.

  • Pertama-tama, masukkan media instalasi bootable ke PC anda dan kemudian reboot. Anda dapat membuat media instalasi terlebih dahulu jika anda belum memilikinya.
  • Saat PC dinyalakan, pilih untuk booting dari media instalasi yang terpasang.
  • Sekarang, ikuti langkah menginstall Windows. Namun pada halaman untuk memilih type instalasi, pilih opsi Custom.


  • Setelah itu, klik Drive (lanjutan) ketika diminta dimana anda ingin menginstall Windows.
  • Kemudian, pilih partisi hard drive tempat anda ingin menginstall Windows, kemudian klik Format dan konfirmasikan prosesnya.
  • Ketika proses pemformatan selesai, klik tombol Next untuk melanjutkan instalasi.

Lihat apakah error sekarang teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke perbaikan berikutnya untuk mengatasi error ini.



5. Dapatkan Ruang Disk yang Cukup


Jika partisi hard drive yang anda coba install Windows tidak memiliki cukup ruang untuk menginstall Windows, maka anda dapat mencoba membuat lebih banyak ruang pada disk. Anda dapat mencoba mengosongkan beberapa ruang dengan menghapus file yang tidak perlu dari partisi. Sebagai alternatif, anda juga dapat mengubah ukuran atau memperluas partisi untuk mendapatkan ruang disk yang cukup untuk melanjutkan penginstalan Windows. Setelah melakukannya, periksa apakah anda dapat menginstall Windows tanpa error.



6. Gunakan DiskPart


Jika tabel partisi hard drive berisi beberapa kerusakan, maka error ini mungkin akan dipicu. Jika skenario berlaku, maka anda dapat menggunakan utilitas bawaan Windows yang bernama DiskPart untuk memperbaiki error ini. Untuk melakukan itu, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.

Catatan: Langkah ini akan menghapus semua data anda!

  • Buka Command Prompt dengan hak administrator. Jika anda tidak dapat masuk ke Windows, gunakan media instalasi untuk masuk ke Advanced Options dan akses Command Prompt dari sana.
  • Sekarang, masukan perintah di bawah ini satu per satu dan tekan Enter.


diskpart
list disk

  • Selanjutnya, dari partisi yang terdaftar, identifikasi nomor partisi disk tempat anda mencoba menginstall Windows. Berdasarkan nomor partisi, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Ganti 1 dengan nomor partisi disk yang sesuai.

Select Disk 1

  • Setelah itu, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

clean

Periksa apakah masalah sekarang telah diperbaiki atau tidak.


7. Ganti Hard Drive Anda

Jika tidak ada yang berhasil untuk anda, maka pilihan terakhir adalah mengganti hard drive anda. Error ini mungkin disebabkan karena hard drive anda telah rusak dimana itu dapat mencegah anda menginstall Windows. Anda dapat memeriksa kesehatan hard drive anda untuk memastikannya. Jadi, untuk menghilangkan error code 0x80300024, anda harus dapatkan hard drive baru.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara format USB drive di Windows 10/11 atau cara mempersiapkan hard disk eksternal dengan sempurna untuk menyimpan video.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80300024 saat install Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80300024 Saat Install Windows 10/11"