Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x887A0005 Aplikasi Photos di Windows 10/11

 


Microsoft Photos memungkinkan anda membuat dan berbagi video di Windows 10 atau Windows 11 dengan editor video bawaannya. Anda dapat menggunakan aplikasi Photos untuk melakukan pengeditan sederhana. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangat bagus dan berguna untuk menghasilkan video yang menakjubkan seperti efek 3D, motion, trim, menambahkan teks dan banyak lagi. Jadi intinya, anda dapat mengedit video anda dengan aplikasi Microsoft Photos atau anda dapat menambahkan efek 3D dan teks animasi melalui aplikasi ini.


Namun, beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka mendapatkan error code 0x887A0005 pada aplikasi Photos. Error code ini pada dasarnya dipicu saat mengekspor video melalui Microsoft Photos. Saat mendapatkan error ini, pesan error yang di tampilkan akan terlihat seperti dibawah ini.


Update your driver to export video

We encountered an issue with your video drivers and were unable to export your video. Please install the latest drivers from your hardware manufacturer’s website and try again.

Here’s the error code, in case you need it: 0x887A0005



Walaupun pesan error menunjukkan masalah dengan driver video card anda, namun kemungkinan lain juga dapat menyebabkan error ini. Ada beberapa alasan mendasar lainnya untuk error ini seperti, pengaturan yang rusak pada Photos, mengaktifkan hardware accelerated video encoding di Photos dan lainnya.


Sekarang, jika anda menghadapi error code yang sama, maka artikel ini akan membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda berbagai metode untuk memperbaiki error code 0x887A0005 pada aplikasi Photos di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Error 0x887A0005 Aplikasi Photos


Berikut adalah beberapa metode untuk mengatasi error code 0x887A0005 yang terjadi saat mengekspor video di aplikasi Photos di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Update Driver Graphics Anda


Karena pesan error mengatakan bahwa ada masalah dengan driver graphics atau video anda, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengupdate semua driver graphics  anda. Anda dapat mengupdate driver GPU secara manual dengan masuk ke Settings Windows, kemudian pilih Windows Update - Advanced options - Optional updates. Di halam tersebut, jika tersedia update apapun, klik Download and Install. Setelah itu restart komputer anda.



Metode lain untuk mendapatkan versi terbaru dari driver graphics anda adalah dengan mengunjungi website produsen perangkat anda. Anda dapat mencari di website mereka dan mendownload driver serta menginstall driver graphics terbaru di PC anda. Sebaiknya anda mengikuti panduan ini untuk mengupdate driver graphics AMD atau mengikuti panduan ini untuk mengupdate driver graphics NVIDIA. Jika anda ingin melakukan clean install driver graphics card anda, maka anda dapat membacanya disini.


Setelah mengupdate driver video card anda, coba ekspor video di aplikasi Photos dan lihat apakah kesalahan telah diperbaiki. Jika kesalahan masih terjadi, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menghilangkan error.



2. Bersihkan Cache Microsoft Store


Error code 0x887A0005 pada aplikasi Photos mungkin disebabkan karena cache yang rusak terkait dengan aplikasi. Jika cache rusak, maka ini mencegah aplikasi bekerja dengan benar. Jadi, coba bersihkan cache Microsoft Store dan lihat apakah itu memungkinkan anda untuk menghilangkan error tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


wsreset.exe

  • Setelah proses selesai, restart PC anda dan luncurkan kembali Photos.


3. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Mungkin ada beberapa masalah sementara dengan aplikasi Photos yang menyebabkan error ini. Anda dapat mencoba menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter yang mungkin dapat mengatasi dan memperbaiki masalah dengan aplikasi Photos. Anda dapat menjalankan troubleshooter ini dari command prompt. Jika tidak, untuk menjalankan troubleshooter ini, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Selanjutnya klik Windows Store Apps dan diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, pilih Other troubleshooters.
  • Selanjutnya klik Run di sebelah opsi Windows Store Apps.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses troubleshoot.


Setelah melakukannya, coba ekspor video di Photos dan lihat apakah error sudah diperbaiki. Jika tidak, anda harus mencoba metode pemecahan masalah lanjutan untuk memperbaiki error.


4. Repair atau Reset Aplikasi Photos

Anda dapat mencoba memperbaiki atau mereset aplikasi Photos untuk mengatasi error ini karena mungkin disebabkan oleh beberapa pengaturan atau data yang rusak pada aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

Di Windows 10:
  • Luncurkan aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps.
  • Di halaman berikutnya pilih Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan pilih Microsoft Photos dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, guli kebawah ke bagian Reset. Disana anda akan menemukan opsi Repair dan Reset.
  • Pertama, gunakan opsi Repair untuk perbaikan aplikasi Photos dan kemudian coba jalankan aplikasi Photos.
  • Jika tidak berhasil klik opsi Reset untuk mengatur ulang aplikasi Photos ke default.


Di Windows 11:
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, temukan aplikasi Microsoft Photos dari daftar, kemudian klik menu tiga titik dan klik Advanced options.
  • Pada halaman berikutnya, gulir ke bawah ke bagian Reset.
  • Disana, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi Photos dan setelah itu luncurkan aplikasi Photos untuk melihat apakah ini memperbaiki error.
  • Jika tidak, gunakan opsi Reset untuk mengatur ulang aplikasi Photos ke default.


Semoga ini akan memperbaiki error code 0x887A0005 pada aplikasi Photos anda.


5. Nonaktifkan Hardware-accelerated Video Encoding di Photos

Coba nonaktifkan fitur hardware-accelerated video encoding di pengaturan Photos dan lihat apakah itu memperbaiki error untuk anda.

  • Untuk melakukan itu, luncurkan aplikasi Photos.
  • Kemudian klik opsi menu tiga titik yang ada di kanan atas dan pilih Settings.
  • Setelah itu, gulir ke bawah ke bagian Video dan dari sini, nonaktifkan opsi Use hardware-accelerated video encoding when available ke Off.


Setelah menonaktifkan opsi hardware-accelerated, coba ekspor video anda di Photos dan kemudian periksa apakah errornya hilang.


6. Instal Ulang Aplikasi Photos

Jika tidak ada solusi di atas yang sesuai untuk anda, upaya terakhir adalah menginstall ulang aplikasi Microsoft Photos. Apa yang akan dilakukan menginstall ulang aplikasi adalah bahwa itu akan menggantikan file program, shortcut, entri registri dan file data lainnya dengan file baru yang relevan. Jadi, uninstall aplikasi kemudian install ulang Photos.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall ulang Photos di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Di Windows 10, tekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) untuk membuka Windows PowerShell dengan hak admin. Di Windows 11, gunakan tombol Search untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Anda juga dapat menggunakan PowerShell dari Windows Terminal dengan hak admin.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menguninstall Microsoft Photos.

get-appxpackage *Microsoft.Windows.Photos* | remove-appxpackage


  • Setelah perintah selesai dijalankan, restart PC anda.
  • Selanjutnya, buka Microsoft Store, kemudian cari Microsoft Photos dan install dari sana.

Setelah itu luncurkan aplikasi Photos dan lihat apakah anda dapat mengekspor video tanpa error code 0x887A0005.

Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki aplikasi Photos Windows yang lemot saat dibuka atau cara memperbaiki Photos App tidak berfungsi di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x887A0005 aplikasi Photos di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x887A0005 Aplikasi Photos di Windows 10/11"