Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0xc0000020 Bad Image, d3d11.dll is not designed to run on Windows

 


Berikut adalah panduan lengkap tentang cara memperbaiki error Bad Image, d3d11.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error pada Windows 10 atau Windows 11. File d3d11.dll adalah bagian dari DirectX 11 distribution dan terutama digunakan oleh aplikasi dan game yang membutuhkan banyak pemrosesan grafis. Beberapa pengguna mengeluh menghadapi error ini ketika mencoba membuka aplikasi atau game. Biasanya, dengan menginstal ulang software, itu akan memperbaiki error ini dalam banyak kasus, tetapi tampaknya tidak memperbaiki error khusus ini.


Sekarang, jika anda mengalami error khusus ini, maka artikel kali ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah ini. Saya akan membuat daftar beberapa metode yang akan membantu anda memperbaiki error ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Ketika anda mendapatkan error ini, pesan error yang di tampilkan, akan terlihat seperti dibawah ini.

Aplikasi/Game.exe - Bad Image

Jalur file/d3d11.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support. Error status 0xc0000020.



Sebelum saya membahas solusinya, saya akan merekomendasikan bahwa jika anda mempertimbangkan untuk mengganti file d3d11.dll dengan versi clean dari website pihak ketiga, anda harus menghindarinya sepenuhnya. Versi yang mereka berikan mungkin berisi kode berbahaya dan anda pada akhirnya akan membahayakan system anda sendiri.


Sekarang, mari kita cari tahu perbaikan untuk mengatasi kesalahan ini.



Memperbaiki DLL is either not designed to run on Windows or it contains an error

Error Bad Image, DLL is either not designed to run on Windows or it contains an error dapat diperbaiki dengan menggunakan beberapa perbaikan umum. Update atau instal ulang software ke versi terbaru, meminta vendor untuk versi terbaru DLL atau cukup jalankan scan System File Checker. Metode ini harus memperbaiki error ini untuk anda.


Memperbaiki d3d11.dll

Untuk memperbaiki error d3d11.dll, coba install versi terbaru Microsoft DirectX, scan malware dan virus di system anda, kemudian hapus virus, lakukan scan SFC atau lakukan system restore ke titik ketika anda tidak menerima error ini. Jika perbaikan ini tidak membantu anda dalam memperbaiki error file dll tersebut, maka coba instal ulang aplikasi yang memberikan error d3d11.dll.



Memperbaiki Error 0xc0000020 Bad Image, d3d11.dll is not designed to run on Windows


Berikut adalah metode untuk memperbaiki error d3d11.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan System File Checker


Error ini kemungkinan besar disebabkan oleh file system yang korup atau rusak pada PC anda. Jadi, sebelum mencoba beberapa solusi lain, anda dapat mencoba memperbaiki fyle system yang rusak. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan utilitas bawaan di Windows yang bernama System File Checker (SFC). Ini adalah tools command line yang akan menscan system anda untuk file system yang korup atau rusak dan mengembalikannya ke keadaan yang sehat. Anda dapat mencoba menjalankan scan SFC ini melalui Command Prompt dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah diperbaiki.



2. Daftarkan Ulang File d3d11.dll


Jika metode di atas tidak memperbaiki error untuk anda, maka anda dapat mencoba mendaftarkan ulang (Re-register) file d3d11.dll dan kemudian melihat apakah itu membantu anda menghilangkan error ini. Metode ini telah terbukti memperbaiki error ini untuk beberapa pengguna yang terpengaruh dan mungkin juga berhasil untuk anda. Anda dapat menggunakan utilitas bawaan Windows yang bernama Regsvr32 untuk mendaftarkan ulang file DLL di system anda. Ini adalah tools command line yang memungkinkan anda untuk mendaftarkan dan membatalkan pendaftaran kontrol OLE seperti file DLL atau OCX di Windows.


Berikut adalah langkah-langkah utama untuk mendaftar ulang (Re-register) file D3D11.dll di PC Windows 11/10 anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.


for %d in (*.dll) do regsvr32 -s %d


  • Setelah perintah selesai di jalankan, tutup jendela command prompt dan kemudian restart system anda.

Pada startup berikutnya, periksa apakah error d3d11.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error sekarang telah diperbaiki atau tidak.

Jika ini tidak memberi anda keberuntungan, saya memiliki satu metode lagi untuk memperbaiki error ini. Jadi, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan error ini di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


3. Ganti file d3d11.dll Secara Manual

Jika solusi di atas tidak memperbaiki error ini untuk anda, maka anda dapat mencoba mengganti d3d11.dll dengan file copy baru secara manual. Beberapa pengguna dapat mengatasi error ini dengan menggunakan metode ini dan anda juga dapat mencoba melakukan hal yang sama.

Perhatikan bahwa anda memiliki dua file d3d11.dll yang berbeda di Windows jika arsitektur system anda 64-bit. File tersebut terletak di C:\Windows\SysWOW64 dan C:\Windows\System32.


Untuk Windows 64-bit, kita akan mengganti file d3d11.dll yang terletak di dalam folder SysWOW64.

Peringatan: Anda harus yakin dengan apa yang anda lakukan sebelum mencoba metode ini. Karena langkah-langkahnya memerlukan beberapa operasi teknis dan anda harus terbiasa dengan Command Prompt untuk melakukan solusi ini. Jika tidak dilakukan dengan benar, ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada PC anda. Oleh karena itu, silakan pilih metode ini jika anda yakin dengan apa yang anda lakukan.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti file d3d11.dll dengan salinan local secara manual.

  • Pertama, buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Sekarang di command prompt, untuk mengambil kepemilikan file d3d11.dll, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Untuk pengguna yang menggunakan Windows dengan arsitektur 32-bit, maka ganti SysWow64 dengan SysWow.

takeown /f C:\Windows\SysWOW64


  • Selanjutnya, anda perlu mengambil kendali penuh menggunakan perintah cacls untuk dapat menghapus file. Untuk itu, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Jangan lupda ganti *TWC* dengan username anda.

C:\Windows\System32\en-US\winload.exe.mui /G *TWC*:F

  • Setelah itu, saat ditanya Are you sure?, ketik Y dan tekan Enter. Dan anda sekarang dapat menutup Command Prompt.
  • Kemudian, anda perlu membuka File Explorer dan arahkan ke folder C:\Windows\SysWOW64, kemudian temukan file d3d11.dll dan hapus.
  • Selanjutnya, navigasikan ke lokasi berikut ini.

C:\Windows\WinSxS\wow64_microsoft-windows-directx-direct3d11_31bf3856ad364e35_10.0.22000.120_none_f5722a07873a5925

  • Dari folder tersebut, temukan dan copy file d3d11.dll
  • Terakhir, paste file d3d11.dll yang telah dicopy sebelumnya di lokasi C:\Windows\SysWOW64.

  • Setelah itu, restart PC anda.

Sekarang, periksa apakah error C:\Windows\SysWOW64\d3d11.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error telah diperbaiki.


4. Instal Ulang DirectX 11

Jika tidak ada yang membantu, anda dapat mendownload Microsoft DirectX dan menginstalnya kembali di system Windows anda. Ini harus membantu.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang perbedaan antara DirectX 11 dan DirectX 12 atau cara install dan aktifkan DirectPlay di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc0000020 Bad Image, d3d11.dll is not designed to run on Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0xc0000020 Bad Image, d3d11.dll is not designed to run on Windows"