Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0xC0070652 Saat Install atau Uninstall Program di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows mendapat error code 0xC0070652 saat menginstall atau menguninstall Program. Pesan error menyatakan “Another installation is already in progress. Complete that installation before proceeding with this install.” Namun, menurut pengguna yang mengalami masalah ini, mereka tidak menginstall atau menguninstall program apapun. Itu sebabnya dalam artikel ini, saya akan mememberikan sedikit penjelasan alasan terjadinya error ini dan bagaimana anda dapat mengatasinya.


Ketika masalah ini terjadi pada anda, maka pesan errornya akan terlihat seperti berikut ini.

Severity: Error

Error Code: 0xC0070652

Error message: Another installation is already in progress. Complete that installation before proceeding with this install.



Alasan paling umum mengapa anda mendapatkan error ini adalah gangguan dari aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa apa saja, mulai dari antivirus hingga game. Kita akan melihat bagaimana mengetahui pelakunya selanjutnya. Anda mungkin juga menghadapi error ini jika ada masalah dengan service Windows Installer. Jika service dihentikan atau mengalami beberapa error, maka anda mungkin melihat pesan error ini bersama dengan error code 0xC0070652.



Memperbaiki Error 0xC0070652 Saat Install atau Uninstall Program


Jika anda mendapatkan error 0xC0070652 saat menginstall atau menguninstall Program, maka pertama-tama, update komputer anda. Anda dapat melakukannya dari Settings Windows, atau anda juga dapat mengupdate Windows 10 atau Windows 11 secara manual dengan mendownload update dari Microsoft Update Catalog. Setelah melakukan update untuk system Windows anda, gunakan solusi dibawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Restart Komputer Anda dan Coba Kembali


Ini adalah solusi pertama yang harus anda lakukan. Terkadang dengan merestart PC anda, dapat memperbaiki masalah pada system anda. Setelah merestart komputer anda, coba install atau uninstall kembali program tersebut dan lihat apakah itu berfungsi. Jika tidak, coba solusi lainnya dibawah ini.



2. Pecahkan Masalah atau Install/Unstall Program dalam Clean Boot


Seperti disebutkan sebelumnya, masalahnya bisa karena aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, kita perlu memecahkan masalah di Clean Boot dan melihat apa sebenarnya yang menyebabkan masalah tersebut. Setelah itu, anda dapat menghapus pelakunya.


Anda juga dapat mencoba, apakah anda dapat menginstall atau menguninstall program di Clean Boot atau tidak.




3. Periksa Service Windows Installer


Selanjutnya, kita perlu memeriksa service Windows Installer. Jika service dinonaktifkan, maka kita perlu mengaktifkannya untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter. Anda juga dapat membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Windows Installer di panel kanan.
  • Di jendela Properties, periksa pada bagian Service status, apakah Running atau Stopped. Jika Stopped, klik Start dan jika Running, klik Stop kemudian klik Start.


  • Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah melakukan itu, tutp jendela Services dan periksa apakah masalah berlanjut atau terselesaikan.



3. Hentikan msiserver


Beberapa aplikasi menggunakan service khusus untuk uninstall. Oleh karena itu, anda dapat menghentikan service msiserver untuk sementara sebelum menguninstall program. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Anda dapat membuka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Services.
  • Selanjutnya, temukan dan klik kanan pada msiserver dan klik Stop.



Setelah itu periksa kembali apakah masalah dapat diperbaiki.



4. Gunakan System Restore


Jika anda telah membuat System Restore maka inilah saat yang tepat untuk menggunakan System Restore. Gunakan ini untuk kembali ke titik dimana system anda masih bekerja dengan baik di PC anda.



Semoga membantu anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya terkait uninstall program dan aplikasi.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xC0070652 saat install atau uninstall program di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0xC0070652 Saat Install atau Uninstall Program di Windows 10/11"