Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0xc1900101 Saat Menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant

 


Microsoft menyediakan Windows 11 Installation Assistant dan Windows 10 Update Assistant yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengupdate system atau mengupgrade ke OS baru. Meskipun ini adalah cara mudah untuk mengupdate/mengupgrade/menginstall system operasi di komputer anda, namun beberapa pengguna juga mengalami error saat menggunakannya. Salah satu error tersebut adalah error code 0xc1900101 yang mencegah anda mengupdate/mengupgrade/menginstal system operasi Windows pada PC anda. Jika anda salah satu dari mereka yang mengalami error yang sama saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant, maka artikel ini akan membantu anda.


Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda beberapa metode yang akan membantu anda memperbaiki error code 0xc1900101 saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant.



Penyebabkan Error 0xc1900101 Saat MenggunakanWindows 10/11 Installation Assistant


Error yang dimulai dengan error code 0xC1900101 biasanya merupakan error driver. Error code ini dapat diikuti dengan code lain setelah code tersebut. Error code serupa yang mungkin anda lihat adalah sebagai berikut.

  • 0xC1900101 – 0x2000c
  • 0xC1900101 – 0x20017
  • 0xC1900101 – 0x30018
  • 0xC1900101 – 0x3000D
  • 0xC1900101 – 0x4000D
  • 0xC1900101 – 0x40017



Selain masalah error driver, alasan lain yang memunculkan error code ini adalah sebagai berikut.

  • Jika anda memiliki antivirus pihak ketiga yang diinstall pada PC anda, itu mungkin menghambat proses update/upgrade/instalasi. Jika skenario berlaku untuk anda, maka menonaktifkan atau menguninstall antivirus pihak ketiga anda anda dapat membantu.
  • Jika anda kehabisan ruang disk dan tidak memiliki cukup ruang untuk update/upgrade/instalasi Windows, maka ini dapat menyebabkan error code 0xc1900101.
  • Driver yang out of date juga dapat menjadi penyebab lain untuk error ini.
  • Error code ini dapat dipicu karena BIOS yang uot of date. Seperti yang kita semua tahu, OS Windows 11 yang baru memiliki beberapa prasyarat instalasi yang harus dipenuhi. Jadi, anda harus mengupdate BIOS ke yang terbaru untuk menyelesaikan masalah.
  • Beberapa alasan lain untuk kesalahan ini dapat berupa konflik software atau hardware tambahan yang dicolokkan ke PC anda.


Dalam skenario apapun, anda harus dapat memperbaiki error dengan mengikuti metode di bawah ini.



Memperbaiki Error 0xc1900101 Saat Menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant


Berikut adalah metode untuk memperbaiki error code 0xc1900101 saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Update Driver Pihak Ketiga Anda


Driver pihak ketiga yang udan rusak dapat menyebabkan error ini selama proses update/upgrade/instalasi. Jadi, sebelum update/upgrade/instalasi melalui Windows 10/11 Installation Assistant, pastikan anda telah mengupdate semua driver anda. Anda dapat secara manual memeriksa update driver yang tersedia di jendela Settings.



Untuk itu,di Windows 10, tekan tombol Win + I untuk membuka Settings. Setelah itu, klik Update & Security dan klik View Optional Updates di panel kanan.

Sementara di Settings Windows 11, klik Windows Update di panel kiri,  kemudian klik Advanced options di panel kanan dan klik Optional updates di halaman berikutnya.

Jika ada update yang tersedia untuk driver anda, maka klik Download and install.


Anda juga dapat mengunjungi website resmi pabrikan perangkat anda dan mendownload driver terbaru yang tersedia. Selain itu, anda dapat menggunakan tools update driver pihak ketiga gratis yang membantu anda menginstall driver terbaru secara otomatis di system anda.


Setelah mengupdate driver anda, luncurkan kembali Windows 10/11 Installation Assistant dan periksa apakah error telah diperbaiki.



2. Nonaktifkan Antivirus Pihak Ketiga


Jika anda memiliki antivirus pihak ketiga yang diinstall pada PC anda, maka hal pertama yang harus anda lakukan untuk memperbaiki error ini adalah menonaktifkannya. Antivirus yang terlalu protektif diketahui menyebabkan masalah selama proses upgrade dan update. Jadi, nonaktifkan antivirus manapun yang anda gunakan dan kemudian periksa apakah masalah telah teratasi.


Jika penonaktifan tidak membantu, maka anda mungkin perlu menguninstall antivirus pihak ketiga anda sepenuhnya dari PC anda. Pastikan anda menguninstallnya secara komplit dari system Windows anda.



Setelah melakukannya, lanjutkan untuk mengupdate/mengupgrade/menginstall system operasi Windows menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant dan lihat apakah error telah teratasi sekarang. Jika itu tidak memperbaiki masalah, anda dapat beralih ke solusi potensial berikutnya untuk memperbaikinya.



3. Pastikan Ada Ruang Penyimpanan yang Cukup di PC Anda


Ruang disk yang tidak mencukupi dapat menyebabkan error update/upgrade ini saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant. Ini karena ia akan mendownload file update/upgrade pada drive system anda dan pada partisi yang sama, jadi anda harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstall OS baru.


Untuk mengosongkan beberapa ruang disk pada drive system anda, maka anda dapat menggunakan utilitas Disk Cleanup Windows. Anda juga dapat membersihkan atau mengosongkan ruang disk menggunakan beberapa freeware lainnya. Selain itu, anda dapat mencoba menghapus file duplikat dari system anda untuk mendapatkan ruang kosong.



4. Cabut Hardware Tambahan


Sebelum mengupgrade, disarankan untuk mencabut semua flash drive dan hardware lain yang terhubung yang tidak diperlukan saat ini. Setelah mencabut perangkat, jalankan kembali Windows 10/11 Installation Assistant dan periksa apakah kesalahan telah diperbaiki.



5. Perbaiki Error Hard Drive


Error hard drive juga dapat menyebabkan munculnya error code 0xc1900101 saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant. Jadi, coba perbaiki error hard drive dan kemudian periksa apakah masalah telah teratasi.




6. Perbaiki File System


Jika ada kerusakan pada system anda yang menyebabkan error ini, maka anda seharusnya dapat memperbaiki file system yang rusak di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat menjalankan scan DISM (Deployment Image Servicing and Management).



7. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Jika kesalahan masih belum diperbaiki bahkan setelah mencoba metode di atas, maka anda dapat mencoba melakukan Clean Boot di Windows untuk menyelesaikan error. Error mungkin disebabkan karena beberapa konflik software dan Clean Boot akan menghilangkan kemungkinan itu. Jadi, mulai Windows dalam Clean Boot dan kemudian periksa apakah error telah teratasi.



8. Update BIOS


Jika solusi di atas tidak berhasil, anda dapat mencoba mengupdate BIOS anda untuk mengatasi error ini. Error ini mungkin disebabkan oleh firmware BIOS yang out of date. Jadi, jika memang itu penyebab utamanya, maka anda harus bisa mengatasinya dengan mengupdate BIOS. Lihat apakah ini memperbaiki error untuk anda. Jika tidak, pindah ke perbaikan potensial berikutnya.




9. Clean Install Windows


Jika anda masih menerima error yang sama pada Windows 10/11 Installation Assistant, maka upaya terakhir untuk memperbaiki error ini adalah dengan melakukan clean install Windows. Microsoft telah mempermudah instalasi Windows 10 dan Windows 11 dengan beberapa metode. Jika Windows 10/11 Installation Assistant tidak berfungsi untuk anda, anda dapat memilih metode lain untuk mengupgrade Windows anda dan melakukan clean install dari USB drive.



10. Upgrade Windows Menggunakan File ISO Windows


Anda juga dapat mencoba mengupgrade Windows anda menggunakan file Disk Image (ISO) Windows dari Microsoft. Cukup download file ISO Image Windows 11 atau ISO Image Windows 10 dan kemudian gunakan itu untuk mengupdagrade Windows anda.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc1900101 saat menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0xc1900101 Saat Menggunakan Windows 10/11 Installation Assistant"