Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Could not connect to the Steam network

 


Error koneksi Steam adalah salah satu hal yang membuat frustrasi bagi pengguna Steam dimana hal ini membuat sebagian dari mereka ingin meninggalkan layanan gane online ini. Error ini muncul di layar dengan pesan error Could not connect to the Steam network. Pada artikel ini, saya akan memerikan beberapa metode perbaikan yang dapat mengatasi error ini dan memungkinkan pengguna Steam untuk mengakses kembali Steam dengan baik.


Penyebab error Could not connect to the Steam network pada umumnya menyebabkan program tidak dapat diakses dan karena itu pengguna tidak dapat terhubung. Error ini biasanya tidak memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun Steam mereka. Jadi, alasan utama yang menjadi penyebab error ini mungkin karena koneksi Internet yang lambat. Namun, masih banyak penyebab error lain yang terkait dengan masalah ini. Saya akan membahas semuanya dan bagaimana anda dapat memperbaikinya untuk menyelesaikan error terkait jaringan Steam.




Memperbaiki  Error Could not connect to the Steam network


Anda dapat mencoba metode perbaikan dibawah ini untuk memastikan bahwa anda tidak akan menghadapi masalah ini lagi.



1. Ubah Internet Protocol yang Digunakan Steam


Langkah pertama untuk memastikan bahwa error jaringan Steam ini teratasi adalah dengan mengubah UDP ke TCP.


Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Klik kanan pada shortcut Steam dan Properties. Jika anda tidak dapat menemukan shortcut Steam di desktop, maka anda dapat membuka lokasinya.
  • Sekarang di kotak Target, tambahkan -tcp dan kemudian klik OK.
  • Setelah itu luncurkan Steam dengan mengklik dodel pada shortcut.



Itu pasti akan memperbaiki error. Tetapi jika kembali terjadi error, maka solusi selanjutnya ada disana.



2. Pecahkan Masalah Network/Jaringan Anda


Berkali-kali status koneksi internet bisa turun dan itu bisa menyebabkan error ini. Anda harus memeriksa koneksi Internet serta melihat hardware internet anda yaitu Adapter, Router dan Modem.


Anda dapat menghubungi ISP anda jika jaringan anda sekarang berfungsi atau memperbaiki koneksi Internet anda jika perangkat anda adalah satu-satunya yang menghadapi masalah. Atau anda juga dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda.


Sebelum melakukan semua ini, lebih baik untuk me-restart router dan komputer anda. Terkadang, itu bisa memperbaiki masalah.



3. Install Ulang Steam


File yang rusak adalah salah satu alasan utama yang tidak memungkinkan Steam untuk terhubung dan menyebabkan error jaringan. Menguninstall program dan menginstall ulang program selalu berhasil.


Namun membackup file game adalah suatu keharusan jika anda telah mendownload game dan aplikasi melalui client Steam.

  • Buka Steam, kemudian alihkan ke tab Library.
  • Selanjutnya klik kanan pada game anda dan pilih Properties.
  • Di jendela berikutnya, pilih Local Files di panel kiri dan klik Backup game files di panel kanan.
  • Beri ceklist pada game yang akan dibackup saat ini dan klik Next.
  • Kemudian pilih tempat untuk membackup game anda dan klik Next. Anda dapat menggunakan lokasi default saat ini, namun jangan lupa setelah backup selesai, pindahkan file backup ke lokasi lain sehingga saat anda menguninstall, tidak menghapus file tersebut.
  • Selanjutnya beri nama file backup dan atur ukuran file untuk media yang akan anda gunakan.
  • Klik Next untuk memulai proses backup.



Sekarang, uninstall Steam dari PC anda. Anda bebas menguninstall Steam dengan metode apapun, baik itu melalui Control Panel, atau melalui Command Prompt, atau menggunakan Registry Editor. Namun, ada baiknya anda menguninstallnya dan membersihkan semua file sisa terkait Steam secara komplit.



Setelah melakukannya, buka website resmi Steam, kemudian download aplikasi Steam terbaru dan install di PC anda. Setelah itu anda dapat memindahkan folder backup Steamapps ke direktori Steam dan luncurkan kembali Steam. Masalah harus teratasi.



4. Update, Rollback atau Instal Ulang Driver


Driver network/jaringan dapat menyebabkan masalah ini. Jadi anda harus mengupdate driver Network adapter anda, atau merollback ke versi sebelumnya atau menginstall ulang driver Network adapter anda. Anda dapat melakukan ini semua dari Device Manager.


Setelah melakukan setiap opsi, coba periksa apakah masalah di selesaikan atu masalah berlanjut.


Memeriksa apakah Steam sedang down atau tidak

Terkadang, masalahnya bersifat sementara dan anda tidak dapat melakukan apapun selain menunggu teknisi mengembalikan layanan ke jalurnya. Jadi, periksa status server Steam dan lihat apakah sedang down atau tidak. Jika itu masalahnya, terus periksa dan setelah status server Steam kembali, mulailah bermain game anda.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mempercepat download Steam anda atau cara memperbaiki Steam yang error.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Could not connect to the Steam network di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Could not connect to the Steam network"