Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Could Not Start Recording di Intel Graphics Command Center

 


Beberapa pengguna PC melaporkan mengalami masalah dengan fungsi perekaman layar dari Intel Graphics Command Center. Fungsi perekaman tidak berfungsi dan menampilkan pesan error Could Not Start Streaming (Unknown error) atau dalam contoh lain menampilkan error Could Not Start Recording. Artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu pengguna yang terpengaruh dengan solusi perbaikan yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah ini.


Ketika anda mengalami masalah ini, pesan error yang di tampilkan akan terliha seperti berikut ini.

Could Not Start Recording

Undefined Behavior. Please update your graphics driver and make sure there is no VPN/Firewall when streaming.




Memperbaiki Error Could Not Start Recording di Intel Graphics Command Center


Untuk memperbaiki error Could Not Start Recording di Intel Graphics Command Center pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah untuk anda.



1. Periksa Kompatibilitas Intel Graphics Command Center


Intel Graphics Command Center mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan komputer Windows 10 atau Windows 11 anda karena ada beberapa persyaratan yang diperlukan agar dapat menggunakannya dengan benar seperti yang anda lihat di bawah ini.

  • Platform Intel Core Generasi ke-6 atau yang lebih baru
  • Windows 10 versi 1709 atau lebih tinggi
  • Minimum Windows 10 DCH Intel® Graphics Driver versi 25.20.100.6618


Jika PC anda memenuhi persyaratan di atas, tetapi error Could Not Start Recording atau Could Not Start Streaming belum teratasi, maka coba solusi berikutnya.



2. Nonaktifkan VPN (jika ada)


Seperti yang ditunjukkan pada pesan error, untuk memastikan tidak ada VPN saat streaming, maka anda harus menonaktifkan VPN yang anda jalankan di system anda.


Client VPN atau server Proxy dapat memicu error ini karena semacam gangguan yang akhirnya memblokir komunikasi antara mesin client Windows 10 atau Windows 11 anda dan Intel Graphics Command Center. Dalam hal ini, anda dapat mencoba menguninstall software VPN anda melalui aplikasi Settings di Windows atau menghapus server proxy apapun dari komputer anda dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah.



3. Nonaktifkan Firewall (jika ada)


Juga seperti yang ditunjukkan pada pesan error, untuk memastikan tidak ada firewall saat streaming, anda harus menonaktifkan firewall (terutama firewall/software keamanan pihak ketiga) yang anda jalankan di system anda. Anda juga dapat memastikan aplikasi Intel Graphics Command Center diizinkan melalui Windows Firewall. Lihat manual untuk instruksi firewall khusus pihak ketiga.



Untuk menonaktifkan software antivirus anda, cari ikonnya di area notifikasi atau systen tray di taskbar. Klik kanan ikon dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau keluar dari program.



4. Update Driver Graphics


Solusi ini mengharuskan anda mengupdate driver graphics menggunakan Intel Driver & Support Assistant.


Anda juga dapat mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update.


Namun, jika driver terbaru diinstall, anda dapat merollback atau mendownload driver dan menginstall versi driver yang lebih lama.



5. Clean Install Driver Graphics


Salah satu cara untuk memperbaiki error ini adalah dengan melakukan clean install driver graphics anda. Untuk mengupdate/menguninstall driver pada Windows 10 atau Windows 11, maka lakukan hal berikut.

  • Pastikan anda memiliki installer driver terbaru untuk driver yang akan anda install.
  • Klik kanan Start dan pilih Apps and Features.
  • Di jendela yang muncul,  uninstall aplikasi apapun yang terkait dengan driver yang akan anda install ulang.
  • Setelah selesai menginstall driver, restart PC anda.


Jangan gunakan tombol power mesin anda. Tombol ini sering difunfsikan untuk Sleep dan tidak memiliki tujuan yang sama. Merestart mesin anda akan menghapus semua proses yang berjalan yang mungkin terkait dengan file di folder temporary.

  • Klik kanan Start atau tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, klik View dan klik Show hidden devices (Catatan: ini akan menampilkan banyak perangkat yang tidak lagi terpasang ke mesin anda, serta perangkat yang tidak boleh disentuh. Jika ragu, biarkan saja).
  • Temukan perangkat yang drivernya ingin anda uninstall atau install ulang, kemudian klik kanan perangkat dan klik Uninstall device.
  • Hapus ceklist pada kotak Remove the driver software for this device (jika opsi tersedia) dan kemudian klik Uninstall.
  • Uninstall duplikat perangkat ini, meskipun berwarna abu-abu.
  • Setelah Device Manager selesai menguninstall driver, klik Action dan pilih Scan for hardware changes berwarna biru muda di bagian atas Device Manager. Perangkat mungkin akan muncul kembali.
  • Jika anda melihatnya, maka ulangi langkah untuk menguninstall hingga anda tidak lagi melihat opsi Remove the driver software for this device. Pada titik ini, anda telah menguninstall semua driver yang diinstall dari store driver. Jika Windows memiliki driver default, itu masih akan menginstall ulang driver itu, tetapi anda biasanya dapat membiarkan driver itu di tempatnya saat dikirimkan bersama Windows.
  • Sekarang restart mesin anda sekali lagi.
  • Jalankan installer untuk driver terbaru.


Anda juga dapat menggunakan Display Driver Uninstaller for AMD, INTEL, NVIDIA Drivers untuk menguninstall driver graphics.




6. Install Driver Graphics dari Pabrikan PC


Intel merekomendasikan untuk menginstall driver graphics yang disediakan oleh pabrikan komputer Windows, karena driver tersebut telah disesuaikan oleh mereka untuk bekerja dengan platform khusus anda.



7. Update Intel Graphics Command Center


Solusi ini mengharuskan anda untuk mengupdate  Intel Graphics Command Center dan melihat apakah itu membantu. Jika tidak, anda dapat menguninstall aplikasi (sebaiknya, gunakan uninstaller pihak ketiga) melalui aplikasi Settings di PC Windows anda, kemudian download dan install ulang versi terbaru aplikasi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Jika update tidak berhasil, coba versi BETA dari Intel Graphics Command Center, karena diketahui bahwa versi beta mendukung fitur ini untuk screen recording.


Jika masalah masih berlanjut, coba solusi berikutnya.



8. Hubungi Intel Support


Jika pada titik ini tidak ada yang berhasil untuk anda, maka anda dapat menghubungi Intel Support dan mereplikasi masalah yang anda alami.


Untuk mereplikasi masalah yang anda alami pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, lakukan hal berikut ini.

  • Luncurkan Intel Graphics Command Center dan buka tab Support dan klik System Diagnostic.
  • Kemudian buka aplikasi SSU dan beri ceklist pada opsi Everything.
  • Klik Scan untuk melihat informasi system dan perangkat. Intel SSU default ke Summary View pada layar output setelah scan.
  • Sekarang, klik menu dimana dikatakan Summary to change ke Detailed View.
  • Untuk menyimpan scan anda, klik Next dan klik Save.

Catatan: Untuk melampirkan file, anda harus mengklik opsi Attach di sudut kiri bawah kotak respons.


Semoga salah satu dari solusi ini bekerja untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Hardware Virtualization dan cara mengaktifkan atau menonaktifkannya di Windows 10/11 atau perbedaan antara folder Program Files (x86) dan Program Files di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Could Not Start Recording di Intel Graphics Command Center di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Could Not Start Recording di Intel Graphics Command Center"