Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error A required drive partition is missing Saat Reset PC

 


Jika anda melihat pesan error A required drive partition is missing saat mencoba mereset PC anda, maka artikel ini akan membantu anda. Reset This PC adalah fitur praktis di Windows 10 dan Windows 11 yang memungkinkan anda mengembalikan Windows 10 atau Windows 11 anda ke pengaturan pabrik tanpa kehilangan data anda. Ini pada dasarnya digunakan ketika system anda tidak berjalan dengan benar dan anda menghadapi banyak masalah pada PC anda. Jadi, untuk memperbaiki masalah system operasi yang serius, anda dapat menggunakan tools reset. Anda dapat mengakses tools praktis ini dari bagian Settings - Update & Security - Recovery di Windows 10 atau Settings - System - Recovery di Windows 11.


Meskipun proses mereset PC anda sangat mudah, namun anda juga dapat mengalami beberapa error yang mencegah anda mereset atau menginstall ulang Windows. Salah satu error tersebut adalah error A required drive partition is missing yang dialami banyak pengguna saat mereset PC mereka. Pesan error lengkap yang ditampilkan adalah seperti berikut ini.

Unable to reset your PC. A required drive partition is missing.



Sekarang, jika anda menghadapi masalah yang sama, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Saya akan menjelaskan beberapa solusi perbaikan yang memungkinkan anda memperbaiki error ini. Tapi sebelum itu, mari kita lihat hal apa saja yang menyebabkan error ini.



Penyebab Error A required drive partition is missing Saat Reset PC


Ada beberapa alasan berbeda untuk setiap pengguna saat menghadapi error ini. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab yang dapat memicu error ini di PC anda.

  • Ini bisa terjadi karena boot configuration yang rusak.
  • Error ini juga dapat dipicu karena bad sector pada hard drive anda. Selain itu, error file system  juga dapat menyebabkan error ini. Jika skenario ini berlaku, anda dapat mencoba menjalankan perintah CHKDSK untuk memperbaiki error.
  • Alasan lain untuk hal yang sama adalah bahwa partisi system yang salah ditetapkan sebagai aktif pada system anda. Anda dapat mencoba mengubah partisi aktif untuk menyelesaikan masalah dalam kasus tersebut.
  • File system yang korup atau rusak juga dapat memicu error ini. Dalam hal ini, menjalankan scan SFC seharusnya dapat memperbaiki masalah untuk anda.
  • Master Boot Record (MBR) yang korup atau rusak adalah kemungkinan penyebab lain dari error ini. Anda dapat mencoba merebuild MBR jika skenario berlaku untuk anda.


Sekarang setelah anda mengetahui penyebab yang memicu error A required drive partition is missing, anda dapat menerapkan perbaikan yang sesuai untuk menghilangkan masalah ini.



Memperbaiki Error A required drive partition is missing Saat Reset PC


Berikut adalah metode yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki error A required drive partition is missing saat mereset PC anda.



1. Jalankan Automatic Startup Repair


Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi error ini adalah mencoba menjalankan Automatic Startup Repair untuk memecahkan masalah ini. Ini akan mencoba untuk memperbaiki hard drive dan error lainnya dan mungkin memungkinkan anda untuk menyingkirkan masalah ini.

Jika ini tidak memperbaiki error ini di PC anda, anda dapat mencoba beberapa solusi lain untuk mengatasi error ini.




2. Jalankan CHKDSK untuk Memperbaiki Error Drive


Untuk memperbaiki error ini, anda dapat mencoba menjalankan disk error checker tool bawaan di WIndows 10 dan Windows 11 yang bernama CHKDSK. Karena error ini terkait dengan partisi drive, ini dapat dipicu karena error file system, bad sector dan lainnya. Jadi, dalam hal ini, anda harus mencoba menjalankan CHKDSK untuk memeriksa dan memperbaiki error drive.




3. Tandai Partisi Sebagai Aktif


Error ini dapat terjadi jika partisi yang salah ditetapkan sebagai Aktif. Jadi, jika skenarionya berlaku, maka anda dapat mencoba mengubah partisi system yang aktif menggunakan Command Prompt. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan utilitas bawaan Windows yang bernama DISKPART.


Perhatikan bahwa mengatur partisi system yang salah sebagai aktif dapat membuat komputer anda tidak dapat di-boot. Jadi, gunakan metode ini hanya jika anda tahu apa yang anda lakukan. Jika partisi tidak mengandung BOOTMGR untuk OS anda, jangan atur sebagai aktif.



Sekarang, untuk mengubah partisi system yang aktif, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter. Jalankan perintah sesuai urutan yang diberikan.


diskpart
list disk

  • Selanjutnya, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk memilih disk dari daftar. 0 mewakili nomor disk yang dapat anda ganti dengan nomor disk.

select disk 0

  • Setelah itu, masukkan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk membuat daftar partisi yang tersedia di hard disk anda.

list partition

  • Kemudian, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter. Ganti 0 dengan nomor partisi anda.

select partition 0

  • Terakhir, untuk mengatur partisi sebagai aktif, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

active

  • Anda sekarang dapat mengetik exit dan tekan Enter untuk keluar dari diskpart, kemudian ketik exit kembali dan tekan Enter untuk keluar dari command prompt.
  • Sekarang matikan PC anda, kemudian nyalakan kembali PC anda.

Sekarang coba kembali reset PC anda dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki sekarang.


4. Memperbaiki MBR

Jika masalah masih berlanjut, anda dapat mencoba memperbaiki Master Boot Record (MBR). Master Boot Record (MBR) yang rusak juga dapat menyebabkan error ini di PC anda. Jadi, anda dapat memperbaiki MBR menggunakan fitur bawaan Windows dan melihat apakah itu memperbaiki error ini untuk anda.


Secara garis besar, anda harus menjalankan perintah dibawah ini satu per satu di command prompt untuk merebuild dan memperbaiki MBR pada system anda. Anda harus membuka command prompt seperti langkah pada metode ketiga

bootrec /scanos
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootrec /rebuildbcd


5. Jalankan System File Checker

Error ini juga dapat terjadi jika PC anda berurusan dengan beberapa file system yang rusak. Dalam hal ini, anda harus dapat memperbaiki file system yang rusak menggunakan System File Checker. Ini juga dapat memperbaiki error A required drive partition is missing saat mereset PC anda.


6. Lakukan System Restore

Jika semua solusi di atas gagal untuk memperbaiki error untuk anda, maka anda dapat melakukan System Restore ke titik sebelumnya dimana anda tidak menemukan error seperti itu. Setelah melakukannya dan merestart PC anda, coba kembali untuk mereset PC anda dan periksa apakah error sudah diperbaiki sekarang.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara factory reset Windows 10/11 menggunakan Cloud Option atau cara membuat Reset Recovery Image di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error A required drive partition is missing saat reset PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error A required drive partition is missing Saat Reset PC"