Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Scanning Failed Saat Scan Game di NVIDIA GeForce Experience

 


Error Scanning failed yang muncul ketika NVIDIA GeForce Experience mencoba menscan komputer Windows 11 atau Windows 10 anda untuk game yang diinstall adalah error yang cukup mengganggu. Beberapa pengguna PC mungkin mengalami error ini dan jika anda salah satunya, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda yang terpengaruh dengan solusi paling memadai untuk memperbaiki masalah ini.



Penyebab GeForce Experience Tidak Menscan


Sebelum kita ke solusi perbaikannya, anda perlu memperhatikan bahwa NVIDIA GeForce Experience tidak mendukung semua game. Untuk memeriksa apakah game anda benar-benar didukung atau tidak, anda dapat memeriksanya di halaman NVIDIA Supported Games. Jika game anda masuk dalam daftar yang didukung, maka anda dapat memeriksa metode yang telah saya siapkan di bawah ini untuk mencoba menyelesaikan masalah ini.


Jika game anda didukung namun anda melihat bahwa GeForce Experience anda tidak menscan game di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka kemungkinan besar softwarenya rusak. Dalam hal ini, anda mungkin perlu menginstal ulang software untuk mengatasi masalah tersebut. Masalahnya akan diperbaiki dengan memperbaiki file atau entri komputer yang rusak. Klik uninstall di menu aplikasi Settings untuk menguninstallnya dari komputer anda. Kemudian buka website resmi NVIDIA untuk mendownload kembali installernya.


Cara Scan Game dengan NVIDIA GeForce Experience

Untuk menscan game dengan NVIDIA GeForce Experience di PC Windows 10 atau Windows anda, maka anda dapat mengikuti petunjuk berikut dibawah ini.

  • Buka aplikasi NVIDIA GeForce Experience.
  • Di Home screen aplikasi, klik menu tiga titik di kanan atas dan pilih opsi Optimize all games.
  • Selanjutnya, klik tombol yang sama lagi dan pilih Scan for games. Biarkan scan selesai.
  • Home screen akan menampilkan game baru yang ditemukannya.



Memperbaiki Error Scanning Failed Saat Scan Game di NVIDIA GeForce Experience


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error Scanning Failed di NVIDIA GeForce Experience.



1. Clean Install Driver Graphics NVIDIA


Untuk melakukan clean install driver graphics NVIDIA di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda untuk memperbaiki error Scanning Failed di NVIDIA GeForce Experience, maka anda harus terlebih dahulu menguninstall driver graphics anda melalui Device Manager atau sebagai alternatif menggunakan tools Display Driver Uninstaller (DDU). Setelah selesai, anda dapat melanjutkan dengan mendownload driver NVIDIA  dan melakukan clean install driver graphics NVIDIA di komputer WIndows 10 atau Windows 11 anda.



Setelah instalasi driver selesai, restart PC anda dan periksa untuk melihat apakah error masih muncul. Jika demikian, coba solusi berikutnya.



2. Jalankan GeForce Experience dengan Hak Admin


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan GeForce Experience dengan hak admin pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah masalah telah teratasi atau tidak. Anda cukup mengklik kanan pada aplikasi GeForce Experience dan memilih Run as Administrator. Jika ini tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat mencoba solusi berikutnya.



3. Ambil Kepemilikan Folder Instalasi Game


Solusi ini mengharuskan anda untuk mengambil alih kepemilikan folder Instalasi Game. Anda juga dapat menetapkan Full Control permission ke folder. Anda dapat mengikuti langkahnya di video tutrial dibawah ini.


 

Jika setelah melakukan ini, masalahnya masih belum terselesaikan, anda dapat mencoba solusi berikutnya.


4. Install Ulang GeForce Experience

Pada titik ini, aman untuk mengasumsikan bahwa masalahnya cukup spesifik untuk versi GeForce Experience yang diinstall pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Dalam hal ini, anda dapat menguninstall aplikasi NVIDIA GeForce Experience melalui aplikasi Settings atau Control Panel. Namun pastikan anda membersihkan semua file sisa secara komplit. Setelah itu, download GeForce Experience dan install kembali aplikasi versi terbaru di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.



Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang Nvidia Control Panel : Semua yang harus anda ketahui atau apa itu Nvidia DLSS dan bagaimana cara menggunakannya?

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Scanning Failed saat scan game dengan NVIDIA GeForce Experience di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Scanning Failed Saat Scan Game di NVIDIA GeForce Experience"