Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error This application failed to start because microsoft.directx.directdraw.dll was not found

 


Beberapa pengguna PC mungkin mengalami error microsoft.directx.directdraw.dll was not found pada titik manapun selama memainkan game atau saat menggunakan software. Error ini juga dapat terjadi selama startup Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda terpengaruh oleh masalah serupa, maka artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan memberikan solusi yang paling memadai untuk mengatasi masalah ini dengan mudah.



Apa itu microsoft.directx.directdraw.dll?


File microsoft.directx.directdraw.dll adalah salah satu dari sekian banyak file yang terdapat dalam kumpulan software DirectX. Karena DirectX digunakan oleh sebagian besar game berbasis Windows dan program grafis tingkat lanjut, maka error DLL microsoft.directx.directdraw biasanya hanya muncul saat menggunakan program ini. File DLL ini seperti file DLL lainnya terletak di folder C:\Windows\System32\.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

This application failed to start because microsoft.directx.directdraw.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.



Di bawah ini adalah beberapa varian atau contoh error serupa yang saya ketahui. Silahkan ditambah jika anda menemukan yang lainnya.

  • The file microsoft.directx.directdraw.dll is missing
  • Microsoft.directx.directdraw.DLL Not Found
  • File microsoft.directx.directdraw.dll not found


Terlepas dari contoh error diatas yang anda temui, solusi yang disajikan dalam artikel ini berlaku untuk error ini.


Apa itu driver DirectDraw?

Sederhananya, driver DirectDraw adalah interface/antarmuka khusus perangkat yang biasanya disediakan oleh produsen hardware display. DirectDraw memaparkan metode ke aplikasi dan menggunakan bagian DirectDraw dari driver display untuk bekerja secara langsung dengan hardware. Aplikasi tidak pernah memanggil driver display secara langsung.



Memperbaiki Error microsoft.directx.directdraw.dll was not found atau is missing


Pengguna PC yang menemukan microsoft.directx.directdraw.dll was not found atau is missing error pada PC Windows 10 atau Windows 11, dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan install update yang tersedia di perangkat Windows anda dan lihat apakah error kembali muncul. Juga, seperti yang ditunjukkan pada pesan error (jika ada), anda dapat mencoba menginstall ulang program yang memicu error ini. Hal ini mungkin membantu anda.



1. Restart PC


Cukup dengan merestart PC Windows 10 atau Windows 11 anda, itu mungkin dapat dengan mudah menyelesaikan masalah terkait error microsoft.directx.directdraw.dll not found atau is missing ini. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Update atau Install Versi Terbaru Microsoft DirectX


Solusi ini mengharuskan anda untuk mendownload dan menginstall DirectX End-User Runtime di perangkat Windows anda dan melihat apakah masalah telah teratasi.



3. Kembalikan File microsoft.directx.directdraw.dll


Jika anda tidak sengaja menghapus file microsoft.directx.directdraw.dll dari system anda, maka anda dapat mencoba dan memulihkan file ini dari Recycle Bin. Anda juga dapat memulihkan file ini dengan masuk ke komputer Windows lain yang berfungsi dengan baik dan yang baru saja diupdate, kemudian navigasikan ke folder C:\Windows\System32. Temukan dan copy file microsoft.directx.directdraw.dll ke USB drive, kemudian colokkan USB drive ke PC yang bermasalah dan salin file tersebut ke lokasi yang sama.


Rute lain untuk memulihkan file DLL ini adalah dengan mendownload file dari situs resmi Microsoft dan kemudian meletakkannya di folder yang sesuai. Anda juga dapat mendownloadnya di Winbindex.



4. Daftar Ulang File DLL


Solusi ini mengharuskan anda untuk mendaftarkan ulang file microsoft.directx.directdraw.dll di system anda dan lihat apakah itu membantu memperbaiki masalah anda.



5. Perbaikan Umum untuk Error File DLL yang Hilang


Karena ini adalah kasus error DLL yang hilang atau tidak ditemukan, maka anda dapat mencoba perbaikan umum ini untuk error file DLL yang hilang dan melihat apakah masalah dapat diatasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



6. Update Driver Graphics Card


Driver yang salah atau out of date dapat memicu masalah yang dihadapi. Dalam hal ini, anda perlu mengupdate driver anda, terutama driver graphics card pada system Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager atau melalui Command Prompt atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website produsen graphic card anda. Ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah di artikel berikut untuk mengupdate driver graphics card anda dengan benar.


Jika anda tidak begitu paham atau tidak mengetahui graphics card yang terinstall di PC anda, maka anda dapat membaca artikel ini untuk mengidentifikasi graphics card di PC Windows 10/11 anda.

Namun, jika driver terbaru diinstal, anda dapat merollback driver atau mendownload dan menginstall driver graphics card anda dengan versi yang lebih lama.



7. Lakukan System Restore


Sebagai upaya terakhir, anda dapat melakukan system restore untuk mengembalikan komputer anda ke status kerja saat anda tidak mendapatkan error terkait file DLL ini. Solusi ini sangat membantu ketika anda tidak mengetahui perubahan apapun yang dialami system anda, yang mengakibatkan memunculkan error microsoft.directx.directdraw.dll was not found.



Semoga salah satu solusi diatas membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error This application failed to start because microsoft.directx.directdraw.dll was not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error This application failed to start because microsoft.directx.directdraw.dll was not found"