Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Hyper-V Error Could not initialize memory, Ran out of memory (0x8007000E) di Windows 10/11

 


Ketika anda memulai virtual machine Hyper-V di komputer host Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error Could not initialize memory: Ran out of memory (0x8007000E). Jika masalah ini terjadi pada anda, maka artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap yang serupa seperti di bawah ini.


Hyper-V Manager

An error occurred while attempting to start the selected virtual machine(s).

Windows failed to start.

Not enough memory in the system to start the virtual machine Windows 10 1903.

Could not initialize memory: Ran out of memory (0x8007000E).




Memperbaiki Hyper-V Error Could not initialize memory, Ran out of memory (0x8007000E)


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini dalam urutan yang disajikan dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah Could not initialize memory, Ran out of memory (0x8007000E) pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart Komputer Host


Langkah pemecahan masalah pertama yang dapat anda ambil untuk menyelesaikan masalah Could not initialize memory: Ran out of memory (0x8007000E) pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda adalah dengan merestart PC anda. Merestart system anda akan mereboot virtual machine dan mengosongkan memory.


Saat boot, periksa apakah masalah teratasi atau tidak. Jika kehabisan memory adalah kasusnya, maka lanjutkan dengan solusi berikutnya.



2. Hapus Cache Memory


Masalah ini dapat terjadi ketika anda kehabisan memory di system anda. Solusi ini mengharuskan anda untuk menghapus cache memory pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



3. Alokasikan Lebih Sedikit Memory ke Virtual Machine


Pengguna PC dapat menyesuaikan berapa banyak RAM yang dapat digunakan virtual machine Hyper-V pada komputer host Windows 10 atau Windows 11. Namun, anda harus ingat untuk tidak mengalokasikan terlalu sedikit, karena ini akan menghasilkan virtual machine berjalan sangat lambat, sementara terlalu banyak memory dapat memicu masalah yang dihadapi dan seringkali tidak berdampak positif pada performa/kinerja.


Untuk mengalokasikan lebih sedikit memori ke virtual machine, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Hyper-V Manager.
  • Kemudian klik kanan pada virtual mahine dan klik Settings.
  • Di panel kiri, klik Memory.
  • Sekarang, di panel kanan, di bawah Specify the amount of memory that this virtual machine can use dan bidang Minimum RAM, atur nilainya menjadi 2048 MB (2 GB).
  • Setelah itu tutup Hyper-V Manager.



Sekarang anda dapat memeriksa apakah masalah yang dihadapi telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.

Catatan: Jangan menetapkan nilai apapun yang lebih rendah dari 2048 MB RAM, karena akan memperlambat VM anda secara nyata. Bahkan dapat menyebabkan VM tidak dapat booting sama sekali. Namun, ini mungkin disertai dengan kinerja yang lebih rendah dalam VM.



4. Tutup aplikasi


Jika anda menjalankan beberapa program sekaligus pada saat yang bersamaan, maka program ini juga dapat menggunakan resource memory. Dalam hal ini, anda cukup menutup program lainnya untuk mengosongkan memory ekstra sehingga anda dapat memulai virtual machine. Anda dapat memeriksa program yang menggunakan memory yang tinggi melalui Task Manager pada tab Details. Anda kemudian dapat memeriksanya pada kolom Memory. Mengkliknya akan mengurutkan penggunaan memory dari yang terbanyak.



Setelah VM anda berhasil dimulai, anda dapat memulai aplikasi lagi. Performa VM tetap terjamin. VM sering menggunakan memory paling banyak saat startup. Segera setelah anda masuk ke Windows, penggunaan memory sedikit berkurang.



5. Beli Lebih Banyak Memory


Sebagai upaya terakhir, anda mungkin perlu membeli memory tambahan dengan asumsi jika saat ini anda memiliki memory fisik hanya 4 GB. Ini hampir merupakan satu-satunya pilihan untuk anda. Mesin host Windows 10 atau Windows 11 anda pasti akan mendapat pukulan kinerja saat mengalokasikan 2GB untuk PC anda dan 2GB untuk VM anda.


Perlu diingat saat membeli memory, perhatikan baik-baik tipe memory dan apakah anda masih memiliki slot kosong untuk memory tambahan. Anda mungkin memerlukan layanan teknisi hardware PC.



Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mempercepat Hyper-V di Windows 10/11 atau cara membuat Virtual Machine dengan Hyper-V di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Hyper-V error Could not initialize memory, Ran out of memory (0x8007000E) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Hyper-V Error Could not initialize memory, Ran out of memory (0x8007000E) di Windows 10/11"