Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Kursor Mouse Berkedip di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 10 dan Windows 11 mengeluh bahwa kursor mouse mereka selalu dan terus berkedip, sementara pengguna yang lain mengatakan bahwa komputer mereka hang secara bersamaan saat kursor mouse mulai berkedip. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengatasi masalah tersebut di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Dua alasan paling utama untuk masalah ini adalah error pada driver Display dan driver Mouse di PC anda. Kedua driver tersebut mungkin rusak atau out of date. Saya akan membahasnya di artikel ini. Terkadang, masalah ini juga dapat bertahan jika ada beberapa error di File Explorer Windows, dimana ini dapat dengan mudah diatasi dengan menutup semua program. Selanjutnya, kita akan melihat cara memperbaiki masalah yang sama dengan lebih banyak lagi metode.



Memperbaiki Kursor Mouse Berkedip di Windows 10/11


Ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menghentikan kursor mouse yang terus berkedip di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart File Explorer


Mari kita mulai dengan solusi termudah dan alasan paling umum untuk error ini. Anda harus merestart File Explorer dan melihat apakah masalah berlanjut atau tidak.

  • Untuk melakukannya, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del.
  • Di jendela Task Manager, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih End Task atau Restart.



Setelah membuka kembali Explorer, periksa apakah masalah tetap ada.



2. Reset Pengaturan Mouse


Ketika mouse anda berperilaku tidak wajar di Windows anda, maka anda juga dapat mereset pengaturan mouse ke default di Windows 10 atau Windows 11 anda. Lakukan itu dan lihat, apakat masalah anda teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke metode perbaikan berikutnya.




3. Periksa Driver Anda


Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda mungkin menghadapi masalah karena beberapa masalah pada driver graphics dan/atau driver mouse anda. Jadi anda dapat me-rollback atau update atau menginstal ulang kedua driver tersebut dan lihat apakah masalah telah diperbaiki. Dianjurkan untuk melakukan hal yang sama dalam urutan yang diberikan (rollback - update - instal ulang) untuk mendapatkan hasil yang diinginkan seefektif mungkin.


Beberapa artikel dibawah ini akan membantu anda dalam melakukan semua proses ini.



4. Jalankan Hardware and Device Troubleshooter


Selanjutnya, jika masalah berlanjut, anda harus menjalankan Hardware and Device Troubleshooter dan membiarkan Windows melakukan pekerjaan untuk anda. Karena opsi Hardware and Device Troubleshooter ini tidak lagi tersedi di jendela Settings Windows, maka anda harus mengaksesnya dengan bantuan perintah dari command prompt. Ikuti petunjuk di layar untuk memperbaiki masalah kursor yang terus berkedip. Jika masalah berlanjut, ikuti metode perbaikan selanjutnya



5. Hubungkan Kembali Monitor (hanya untuk Desktop)


Jika anda menggunakan Desktop, lepaskan semua kabel HDMI, sambungkan kembali, kemudian lihat apakah kursor mouse berhenti berkedip. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengganti kabel HDMI, karena kabel HDMI yang rusak dapat menyebabkan error ini.



6. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Anda harus mempertimbangkan bahwa masalahnya bisa jadi karena intervensi aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, coba pemecahan masalah ini di Clean Boot untuk menemukan pelakunya dan kemudian menghapus atau menguninstallnya untuk memperbaiki masalah yang anda hadapi.



Semoga masalah anda terselesaikan. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menonaktifkan Acceleration Mouse di Windows 10/11 atau cara meningkatkan akurasi kursor Mouse di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki kursor mouse berkedip di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Kursor Mouse Berkedip di Windows 10/11"