Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Not connected, No connections are available di Windows 10/11

 


Pengguna Windows mengalami berbagai error dan masalah terkait network/jaringan. Salah satu error tersebut adalah pop-up error yang mengatakan Not connected - No connections are available. Anda akan melihat tanda silang (X) berwarna merah pada ikon Ethernet/WiFi dan ketika anda mengarahkan mouse ke ikon tersebut, anda akan melihat pop-up pesan error ini. Error ini terjadi bahkan ketika ada koneksi jaringan yang tersedia.


Internet adalah kebutuhan wajib di dunia modern saat ini karena hampir setiap tugas dan aktivitas anda membutuhkan anda untuk terhubung ke internet. Ketika error ini terjadi, itu akan mencegah anda terhubung ke koneksi jaringan yang membuat anda frustrasi. Jadi, menjadi penting untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin. Jika anda mengalami masalah yang sama, artikel ini akan membantu anda. Dalam panduan ini, saya akan memberikan semua kemungkinan perbaikan untuk menyelesaikan error Not connected - No connections are available pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sebelum mencoba solusi yang saya berikan dibawah ini, anda dapat mencoba beberapa praktik standar untuk memperbaiki masalah ini, seperti merestart PC anda untuk mengatasi beberapa gangguan sementara dan memastikan Ethernet/WiFi anda diaktifkan.


Jika itu tidak memperbaiki masalah, lanjutkan dengan metode yang telah saya cantumkan di bawah ini.




Penyebab Error Not connected - No connections are available


Alasan untuk pesan error ini mungkin berbeda untuk setiap pengguna. Berdasarkan laporan beberapa pengguna, ada beberapa kemungkinan penyebab yang mungkin menyebabkan error Not connected - No connections are available pada PC Windows 10 atau Windows 11. Berikut adalah daftar penyebabnya.

  • Error ini mungkin terkait dengan driver network/jaringan yang rusak dan out of date di system anda. Dalam hal ini, anda harus dapat memperbaiki error dengan mengupdate driver network adapter anda.
  • Beberapa pengguna menghadapi masalah setelah update driver. Jika skenario berlaku, anda harus dapat memperbaiki masalah dengan me-rollback ke driver yang lebih lama.
  • Masalah lain mungkin disebabkan karena cache router atau masalah internet lainnya. Anda harus dapat memperbaiki error dengan mereset router anda jika skenario berlaku.
  • Error ini juga dapat disebabkan jika power mode untuk network adapter anda diatur ke power saving mode. Untuk memperbaiki masalah ini, ubah pengaturan power anda.
  • Dalam beberapa kasus, error mungkin dipicu karena perlindungan antivirus yang menghalangi koneksi jaringan anda.



Memperbaiki Not connected, No connections are available


Berikut adalah beberapa metode yang dapat anda coba untuk memperbaiki pesan error Not connected - No connections are available di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart Router Anda


Masalahnya mungkin terkait dengan router anda. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan untuk memperbaiki error ini adalah merestart router anda. Jika masalah disebabkan karena error sementara dengan router anda, maka ini akan memperbaiki masalah.


Anda harus mencoba power cycling router anda. Untuk itu, cabut router anda dan kemudian tunggu sekitar satu menit untuk membiarkannya mati sepenuhnya. Setelah itu, pasang kembali dan restart router. Ini akan menghapus cache router dan mereset perangkat jaringan.


Lihat apakah notifikasi error koneksi masih muncul saat anda mengarahkan mouse anda ke ikon Ethernet/WiFi. Jika ya, anda harus mencoba beberapa metode lain untuk memperbaiki masalah ini.



2. Ubah Pengaturan Power Management


Error ini juga dapat disebabkan oleh pengaturan power management anda. Jika power mode untuk wireless adapter anda tidak diatur ke maximum performance, maka ini mungkin menyebabkan masalah ini. Jadi, coba ubah pengaturan power management anda jika skenarionya berlaku. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.



  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan pilih Power options.
  • Di halaman berikutnya, klik Change plan settings untuk power plan yang anda gunakan.
  • Selanjutnya pilih opsi Change advanced power settings.
  • Di jendela Power Options, perluas Wireless Adapter Settings dan lanjutkan dengan memperluas opsi Power Saving Mode.
  • Sekarang, jika anda mengatur ini di laptop maka ubah opsi On Battery dan Plugged in ke Maximum Performance. Dan jika anda mengaturnya di komputer desktop maka ubah Setting ke Maximum Performance.
  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menerapkan perubahan.


Lihat apakah metode ini memperbaiki masalah Anda.



3. Update Driver Network Adapter


Masalah ini kemungkinan besar terkait dengan driver network adapter anda. Seperti yang kita ketahui, driver yang salah dan out of date diketahui menyebabkan berbagai error dan masalah pada system. Jika skenario berlaku untuk anda, maka anda harus mencoba mengupdate driver network adapter anda dan melihat apakah masalahnya telah diperbaiki.


Anda dapat mengupdate driver secara manual di Windows 10 atau Windows 11 anda melalui Device Manager atau menggunakan Command Prompt. Atau anda dapat mengupdate driver menggunakan tools gratis pihak ketiga untuk mengupdate driver secara otomatis. Selain itu, anda juga dapat mengunjungi website resmi pabrikan dan mendownload driver versi terbaru anda dari sana. Saya akan merekomendasikan anda untuk memilih metode yang terakhir.


Sebagai tambahan, anda juga dapat menghapus driver lama dan tidak berguna di system anda untuk mengatasi masalah ini.


Setelah mengupdate driver network adapter anda, restart PC anda dan kemudian periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak. Jika tidak, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk mengatasi error ini.



4. Instal Ulang Network Driver


Jika anda tidak dapat memperbaiki masalah dengan mengupdate driver network adapter anda, masalahnya mungkin disebabkan karena instalasi driver yang rusak atau salah. Dalam hal ini, anda harus dapat memperbaiki error dengan menginstall ulang driver jaringan anda. Jadi, pertama, uninstall driver melalui Device Manager dan kemudian restart PC anda. Driver baru harus diinstall secara otomatis pada startup berikutnya. Jika tidak, anda bisa mendapatkan driver terbaru dari website resmi produsen perangkat dan kemudian menginstall driver. Mudah-mudahan, ini akan memperbaiki masalah untuk anda.



5. Rollback Driver ke Versi Sebelumnya


Dalam beberapa kasus, error mungkin dipicu karena update driver terbaru. Seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna yang terpengaruh, mereka dapat memperbaiki error dengan merollback ke versi driver yang lebih lama. Jika anda menghadapi masalah yang sama, solusi ini mungkin juga cocok untuk anda, jadi coba lakukan itu. Anda dapat merollback driver anda menggunakan langkah dibawah ini.

  • Luncurkan Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters, kemudian klik kanan pada Network adapter anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Driver dan klik Roll Back Driver. Opsi ini aktif ketika anda baru saja mengupdate driver. Jika tidak aktif maka anda harus menggunakan metode 4.




6. Reset Network Adapter


Jika masalah masih berlanjut di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba mereset network adapter anda. Jika system operasi anda menghadapi masalah terkait dengan jaringan, maka mereset network adapter adalah pilihan terbaik untuk memecahkan masalah ini. Untuk melakukannya anda dapat membaca cara reset Network Adapter di Windows 11 atau cara reset Network Settings pada Windows 10 secara lengkap.



7. Nonaktifkan Firewall Anda


Beberapa pengguna mengatakan bahwa masalah ini disebabkan karena firewall mereka. Ini juga mungkin mengganggu system anda dan mengarah ke notifikasi error Not connected - No connections are available. Jika demikian, anda dapat mencoba menonaktifkan firewall sementara untuk memperbaiki masalah.


Jika masalah teratasi setelah melakukannya, firewall anda adalah penyebab utamanya. Untuk memperbaiki masalah ini, anda harus mengubah beberapa pengaturan di firewall anda.



8. Uninstall Aplikasi yang Bermasalah


Mungkin ada beberapa aplikasi bermasalah pada PC anda yang mengganggu koneksi jaringan anda. Ini bisa berupa antivirus atau firewall pihak ketiga lainnya. Beberapa pengguna melaporkan, mereka menghadapi masalah ini dengan Zone Alarm Firewall dan mereka dapat memperbaiki masalah tersebut dengan menguninstallnya.


Anda dapat mencoba memecahkan masalah ini dalam clean boot. Jadi, lakukan clean boot dan kemudian periksa apakah masalah telah teratasi. Jika ya, masalahnya kemungkinan besar disebabkan oleh konflik software. Anda harus menguninstall software yang menyebabkan konflik untuk menyelesaikan masalah.



Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki masalah koneksi Network dan Internet di Windows 10/11 atau cara meningkatkan kecepatan koneksi internet di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Not connected, No connections are available di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Not connected, No connections are available di Windows 10/11"