Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Steam Remote Play Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Banyak pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat terhubung ke remote computer atau komputer jarak jauh dengan bantuan Steam Remote Play. Ada beberapa laporan yang berbeda dengan varian error yang berbeda dari error ini. Beberapa pengguna mengatakan bahwa Steam stuk/macet di loading page, sementara beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka mendapatkan error yang mengatakan Couldn’t connect to the remote computer.


Jika anda juga mengalami masalah yang sama dimana Steam Remote Play tidak berfungsi pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan metode yang disebutkan dalam artikel ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.




Mengapa Remote Play saya tidak berfungsi di Steam?

Biasanya, pengguna mengalami masalah ini setelah update. Ini adalah bug tetapi juga dapat dilihat karena beberapa error. Itu juga bisa karena antivirus atau antimalware memblokir fitur atau terjadi error dalam network module anda. Saya akan membahas tentang semua solusi yang mungkin untuk menyelesaikan masalah ini.



Memperbaiki Steam Remote Play tidak berfungsi di PC Windows


Mari kita mulai dengan memeriksa apakah komputer anda memerlukan update. Terkadang mengupdate OS dapat menyelesaikan masalah, tetapi jika tidak, tidak ada salahnya anda mengupdate OS anda. Jadi, periksa update dan lihat apakah masalah berlanjut.


Jika Steam Remote Play tetap tidak berfungsi pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti solusi yang diberikan dibawah ini.



1. Periksa Apakah Game Anda Mendukung Remote Play


Semua game di Store Steam tidak kompatibel dengan Remote Play dan anda harus memeriksa apakah game tersebut bukan salah satunya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Buka Steam dan kemudian pilih tab Store.
  • Temukan game yang ingin anda periksa kompatibilitasnya.
  • Sekarang, gulir ke bawah sedikit dan dari panel kanan periksa apakah game anda mendukung Remote Play.



Jika game anda mendukung fitur tersebut tetapi anda tidak dapat menggunakannya, lanjutkan membaca.



2. Update Steam


Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka mulai mengalami error ini setelah update dan secara teknis tidak dapat kembali ke versi sebelumnya. Oleh karena itu, mengupdate Steam adalah satu-satunya pilihan yang anda miliki. Meskipun Steam mengupdate aplikasi client segera setelah anda online, tetapi terkadang anda harus melakukannya secara manual.

  • Untuk melakukannya, buka aplikasi Steam.
  • Di jendela Steam, klik menu Steam dan pilih Check for Steam client updates.




3. Nonaktifkan Antivirus atau Firewall


Terkadang, antivirus atau firewall anda dapat memblokir Steam atau remote aplikasi apapun untuk melakukan tugasnya. Jadi, dalam hal ini, anda harus menonaktifkan Firewall atau antivirus pihak ketiga yang mungkin anda miliki untuk sementara dan melihat apakah masalah tetap ada. Anda dapat menemukan antivirus anda di system tray, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi untuk menonaktifkannya.



4. Lepaskan dan Perbarui IP


Terkadang, error dalam kerja IP dapat menyebabkan error network yang dapat menghentikan Steam Remote Play. Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah ini, anda harus melepaskan IP saat ini dan memperbarui IP address dan melihat apakah masalah tetap ada.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter.


ipconfig /release
ipconfig /renew

Setelah menjalankan kedua perintah diatas ini, lihat apakah masalah diselesaikan atau berlanjut.


5. Gunakan Steam Beta Update

Banyak pengguna yang mengalami error ini telah melaporkan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah dengan mengikuti program Beta. Untuk mendapatkan Steam Beta Update, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Buka Steam.
  • Kemudian klik menu Steam dan pilih Settings.
  • Pastikan anda berada di tab Account dan klik Change pada bagian Beta participation di panel kanan.


  • Sekarang, pada menu drop-down Beta participation, pilih Steam Beta Update dan klik OK.


Sekarang, lihat apakah masalah berlanjut.

Catatan: Jika anda merupakan bagian dari program Beta, maka keluarlah darinya dan lihat apakah masalah tetap ada.


Semoga ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Steam yang error atau cara mempercepat download Steam anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Steam Remote Play tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Steam Remote Play Tidak Berfungsi di Windows 10/11"