Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Brightness di Windows 11

 


Beberapa pengguna Windows 11 mengeluh bahwa mereka tidak dapat mengubah brightness/kecerahan layar karena tidak ada opsi brightness di Settings Windows 11 mereka. Mereka juga mencoba mengubah brightness layar dari Quick Access, tetapi mereka menemukan bahwa slider untuk mengubah brightness berwarna abu-abu.


Saya telah berhasil mengatasi masalah ini dan mencatat bahwa opsi untuk mengubah brightness di Settings Windows 11 menghilang saat value key registry tertentu dan pengaturan Group Policy diubah. Selain itu, masalah ini juga dapat terjadi karena driver monitor yang rusak. Jika anda mengalami masalah yang sama pada system anda, maka artikel ini dapat membantu anda menghilangkan masalah ini.


Masalah ini juga terjadi jika Generic PnP Monitor dinonaktifkan. Anda dapat memeriksa ini di Device Manager. Buka Device Manager dan perluas Monitor. Klik kanan pada Generic PnP Monitor dan lihat apakah ada opsi untuk mengaktifkan driver. Jika ya, maka aktifkan. Sekarang periksa apakah slider brightness tersedia dan dapat digunakan di aplikasi Settings atau tidak. Jika ini tidak memperbaiki masalah atau jika Generic PnP Monitor tidak dinonaktifkan di komputer anda, mulailah dengan mencoba solusi di bawah ini.




Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Brightness


Jika slider atau pengontrol Brightness tidak berfungsi atau tidak ada Brightness di jendela Settings, coba perbaikan berikut dan lihat apakah mereka mengembalikan tombol slider Brightness di Settings Windows 11.



1. Periksa Pengaturan Group Policy


Opsi brightness menghilang dari Settings Windows 11 jika pengaturan bernama Disable the Display Control Panel diaktifkan di Group Policy Editor. Anda dapat memeriksa pengaturan ini dan dapat menonaktifkan pengaturan ini jika anda menemukannya diaktifkan.


Perhatikan bahwa Group Policy Editor tidak tersedia pada edisi Windows 11 Home. Oleh karena itu, pengguna Windows 11 Home dapat melewati metode ini atau aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Langkah-langkah berikut akan membantu anda dalam menonaktifkan pengaturan Disable the Display Control Panel.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.


User Configuration - Administrative Templates - Control Panel - Display

  • Disini, di panel kanan, anda akan menemukan kebijakan Disable the Display Control Panel. Karena slider brightness tidak ada di Settings komputer anda, anda mungkin menemukan pengaturan Group Policy Editor ini diaktifkan. Anda harus menonaktifkannya. Jadi klik dobel pada kebijakan ini.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Disabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Sekarang, restart komputer anda.

Ini akan mengembalikan slider brightness di Settings Windows 11. Jika tidak berhasil, pada jendela edit kebijakan, pilih Not Configured di atas dan restart kembali komputer anda. Lihat apakah itu membawa perubahan.


2. Periksa DWORD Registry

Ada DWORD di registry yang menyembunyikan slider brightness di aplikasi Settings Windows 11 dan membuatnya tidak berfungsi di Quick Settings. Oleh karena itu, mengubah value data dari DWORD ini dapat memperbaiki masalah ini. Sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda membuat system restore point atau membackup registry anda.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mencopy jalur dan mempastenya ke address bar Registry Editor dan tekan Enter.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

  • Karena slider brightness telah menghilang dari Settings komputer anda, maka Registry Editor akan menampilkan DWORD bernama NoDispCPL di panel kanan. Jika key System tidak ada, lihat langkah dibawah.
  • Klik dobel pada DWORD NoDispCPL, kemudian ubah Value datanya dari 1 menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah melakukannya, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.


Jika anda tidak menemukan subkey System di bawah key Policies, ikuti langkah dibawah ini.

  • Klik kanan pada key Policies, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan System.


  • Sekarang, dengan key System di pilih di panel kiri, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan NoDispCPL.


  • Secara default, Value datanya harus menunjukkan 0 (nol). Jika tidak, klik dobel pada NoDispCPL, kemudian ubah Value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK.


  • Setelah selesai, tutup registry editor dan restart komputer anda.

Setelah merestart perangkat anda, aplikasi Settings akan menampilkan slider brightness daik di Quick Settings maupun di jendela Settings.


3. Update Driver Generic Monitor

Jika metode di atas tidak memperbaiki masalah anda, maka anda harus mencoba mengupdate driver Generic Monitor. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Klik kanan pada Start Menu atau tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, temukan dan perluas Monitor.
  • Kemudian klik kanan pada driver monitor anda dan pilih Update Driver.
  • Sekarang, di jendela update driver, pilih Browse my computer for drivers.
  • Di halaman berikutnya, pilih opsi Let me pick from a list of available drivers on my computer.


  • Selanjutnya, pilih Generic PnP Monitor dari daftar dan klik Next.


  • Ini akan menginstall driver Generic PnP Monitor pada system anda. Klik Close untuk menutup jendela update driver.
  • Setelah proses instalasi selesai, restart komputer anda.

Ini akan mengembalikan slider brightness di aplikasi Settings Windows 11 anda.


4. Install Ulang Driver Generic Monitor

Anda juga dapat mencoba menginstal ulang driver Generic Monitor dan melihat apakah itu membantu. Langkah-langkah untuk ini tercantum di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Monitor, kemudian klik kanan pada Generic PnP Monitor dan pilih Uninstall device.
  • Ikuti petunjuk di layar.
  • Setelah proses uninstall selesai, restart komputer anda.
  • Saat restart, Windows 11 akan menscan perubahan hardware dan menginstall ulang Generic PnP Monitor secara otomatis.

Sekarang, periksa apakah masalah teratasi atau tidak dan apakah anda dapat melihat slider Brightness di Windows 11.



Menonaktifkan Auto-brightness pada Windows 11
Windows 11 memiliki fitur bernama CABC (Content Adaptive Brightness Control). Ini adalah teknologi yang menyesuaikan brightness layar komputer pengguna sesuai dengan konten yang ditampilkan di dalamnya. Anda dapat menonaktifkan Auto-brightness dengan menonaktifkan CABC di komputer Windows 11 anda.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan dipanel kanan klik Display.
  • Dihalaman ini, beri ceklist pada opsi Automatically adjust contrast based on the display content to help improve battery dan tutup jendela Settings.



Hanya itu yang anda lakukan. Mulai sekarang brightness pada layar anda akan di sesuaikan dengan konten yang sedang di tampilkan.

Semoga metode perbaikan diatas membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu fitur Dynamic Refresh Rate di Windows 11 dan cara kerjanya atau cara memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat mengubah Brightness di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Brightness di Windows 11"