Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tidak Dapat Sign-in ke Steam dengan Password yang Benar

 


Apakah anda tidak dapat sign-in atau masuk ke Steam? Jangan khawatir, saya akan membantu anda mengatasi masalah ini. Berikut adalah panduan lengkap untuk memperbaiki masalah tidak dapat sign-in ke akun Steam anda. Banyak pengguna mengalami masalah ini dimana setelah beberapa kali mencoba, mereka tidak dapat sign-in ke akun Steam anda. Ketika login gagal, anda akan menerima pesan error seperti di bawah ini.

Steam is having trouble connecting to the Steam servers

Steam cannot currently process your request

You have entered your password or account name incorrectly


Pesan error yang ditampilkan mungkin tidak menunjukkan penyebab pasti masalah login. Misalnya, anda mungkin tidak masuk ke Steam bahkan setelah memasukkan kredensial yang benar beberapa kali.




Penyebab Anda Tidak Dapat Sign-in ke Steam Anda


Masalah login di Steam dapat terjadi karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang mungkin mencegah anda masuk ke Steam anda.

  • Ini bisa menjadi hasil dari pemadaman server. Server mungkin sedang down atau mengalami beberapa masalah. Jadi, anda harus memastikan bahwa server Steam berfungsi dengan baik saat ini.
  • Penyebab umum lainnya untuk hal yang sama adalah anda telah memasukkan kredensial login yang salah. Jelas jika anda memasukkan password atau user name yang salah, anda tidak akan bisa sign-in ke akun Steam anda. Karenanya, tuliskan password yang benar di suatu tempat dan kemudian masukkan ke Steam.
  • Masalah login dapat disebabkan karena masalah internet seperti internet yang lemah atau tidak stabil, masalah kelambatan internet, cache router dan banyak lagi. Uji koneksi internet anda dalam kasus itu.
  • Konflik atau gangguan aplikasi pihak ketiga apapun dengan Steam juga menyebabkan masalah login. Ini biasanya terjadi dengan antivirus anda. Jika skenario berlaku, nonaktifkan antivirus anda lalu coba sign-in ke Steam.
  • Cache Steam yang buruk atau rusak adalah alasan lain untuk masalah yang sama.
  • Mungkin ada beberapa bug di client Steam yang mencegah anda sign-in ke akun anda.


Bagaimanapun, jika anda tidak dapat sign-in ke Steam bahkan setelah beberapa kali mencoba, maka artikel ini pasti akan membantu anda. Disini, saya akan membuat daftar semua metode yang mungkin yang akan membantu anda memperbaiki masalah login.



Tidak dapat masuk ke Steam dengan kata sandi yang benar


Jika anda tidak dapat sign-in ke client Steam bahkan dengan password yang benar atau setelah mengubah password, coba saran ini untuk memperbaiki masalah dibawah ini. Mari kita lihat satu persatu metode perbaikan secara mendetail.



1. Pastikan Anda Telah Memasukkan Kredensial Login dengan Benar


Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah memastikan bahwa anda telah memasukkan user name dan password yang benar untuk akun anda. Jika anda tidak dapat sign-in ke akun anda karena kredensial yang salah, maka anda harus mencoba sign-in dengan user name dan password yang benar. Saya akan menyarankan anda mengetikkan password anda di Notepad dan kemudian mencopy dan mempastenya ke Steam. Ini akan memastikan anda telah memasukkan password dengan benar.


Jika kredensial sign-in anda baik-baik saja dan anda masih tidak dapat sign-in ke akun anda di Steam, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.



2. Periksa Status Server Steam


Anda mungkin tidak dapat sign-in ke akun anda di Steam karena server Steam sedang tidak aktif. Dalam hal ini, anda harus menunggu Steam untuk memperbaiki masalah dari sisnya. Anda dapat memeriksa status Steam saat ini menggunakan beberapa website gratis seperti downdetector.com. Jika server memang sedang down, masalah ini harus diperbaiki dalam beberapa waktu. Jadi, coba masuk ke Steam setelah beberapa waktu. Sementara itu, anda dapat mencoba bermain game di platform lain.



3. Coba Sign-in ke Steam dari Browser Web


Masalah ini mungkin terkait dengan client Steam dan bukan dengan akun anda. Jadi, coba sign-in ke akun anda melalui browser web. Jika masalah teratasi, maka anda akan baik-baik saja. Jika tidak, anda harus mencoba beberapa solusi lain untuk memperbaiki masalah ini.




4. Hapus Cache Steam


File cache Steam yang rusak dapat menjadi alasan yang mencegah anda sign-in ke akun anda. Jika skenario berlaku, maka anda harus dapat memperbaiki masalah dengan membersihkan cache Steam. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus file cache Steam.

  • Tekan Win + E untuk membuka File Explorer.
  • Sekarang, navigasikan ke lokasi berikut di File Explorer.


C:\Users\User_Name\AppData\Local\Steam

  • Di lokasi ini, pilih semua temporary file menggunakan tombol Ctrl + A.
  • Setelah itu, hapus semua file menggunakan opsi Delete dari menu klik kanan.


Selanjutnya, luncurkan kembali client Steam dan coba sig-in kembali ke akun anda. Lihat apakah metode ini dapat memperbaiki masalah. Jika tidak, mungkin ada alasan lain di balik masalah ini. Jadi, coba beberapa solusi lain dari daftar ini untuk memperbaiki masalah.


5. Periksa Koneksi Internet Anda

Jika anda tidak terhubung ke koneksi internet yang stabil, itu dapat mencegah anda berhasil sign-in ke akun anda di Steam. Jadi, periksa koneksi internet anda dan jika ada masalah dengan jaringan anda, pecahkan masalah network dan internet. Juga, periksa kecepatan koneksi internet anda dan jika lambat, pertimbangkan untuk mengganti WiFi anda.

Selain itu, anda juga dapat merestart router dan modem untuk memperbaiki masalah internet. Untuk melakukannya, cabut router dan modem anda, lalu tunggu setidaknya 30 detik untuk mematikannya sepenuhnya. Setelah itu, colokkan router dan modem anda dan mulai ulang.

Coba sign-in kembali ke akun anda sekarang dan lihat apakah masalah telah diperbaiki.


6. Tambahkan Steam ke Whitelist Antivirus dan Firewall Anda

Antivirus atau firewall anda mampu memblokir tugas dan proses terkait Steam dan mungkin juga mencegah anda sign-in ke akun anda. Jadi, coba nonaktifkan firewall/antivirus anda dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Jika ya, masalahnya disebabkan karena security suite anda.


Menonaktifkan security suite anda dapat mengekspos PC anda ke berbagai ancaman. Jadi, saya tidak menyarankan melakukan itu. Sebagai gantinya, anda dapat memasukkan program Steam ke daftar putih di firewall atau antivirus anda sehingga tidak memblokir Steam. Jika anda menggunakan Windows Firewall, anda dapat mengikuti panduan ini untuk menambahkan Steam ke whitelist. Demikian pula, anda dapat menambahkan Steam ke daftar pengecualian antivirus anda.

Mudah-mudahan, ini akan memperbaiki masalah untuk anda.


7. Tutup Program Background

Jika ada beberapa program background yang mengganggu Steam dan mencegah anda sign-in ke akun anda, tutup program background. Untuk itu, buka saja Task Manager menekan tombol Ctrl + Shift + Esc dan pilih program background yang dicurigai. Setelah itu, tekan tombol End Task untuk menutupnya. Anda sekarang dapat mencoba meluncurkan kembali client Steam dan melihat apakah anda dapat sign-in tanpa masalah.


8. Gunakan VPN

Jika anda terkunci dari Steam setelah terlalu banyak mencoba login, anda dapat menggunakan VPN alias Virtual Private Network. VPN menganonimkan dan mengenkripsi lalu lintas internet anda dan akan memungkinkan anda untuk sign-in ke akun Steam anda jika akun anda diblokir setelah beberapa upaya masuk yang gagal. Anda dapat menggunakan VPN Game. Ada beberapa lagi software VPN gratis yang bisa anda gunakan untuk Windows 10 atau Windows 11.


9. Periksa Update Client Steam Baru

Masalah login mungkin dipicu karena bug dalam software. Namun, bug ini diperbaiki oleh pengembang dengan update baru. Jadi, pastikan anda telah menginstall update terbaru untuk client Steam. Untuk mengupdate Steam, anda dapat menggunakan aplikasi update pihak ketiga gratis yang akan memeriksa dan mengupdate Steam.

Cara lain untuk mengupdate Steam adalah dengan terlebih dahulu menguninstall program dari system anda melalui Settings. Dan kemudian, download Steam versi terbaru dari website resminya. Jalankan installer dan ikuti instruksi yang diminta untuk menyelesaikan instalasi Steam.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki tidak ada suara pada game Steam di Windows 10/11 atau memperbaiki error saat install atau update game Steam.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat Sign-in ke Steam dengan password yang benar di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tidak Dapat Sign-in ke Steam dengan Password yang Benar"