Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Windows Security Tidak Bisa Dibuka atau Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Windows Security yang juga dikenal sebagai Windows Defender adalah solusi Antivirus dan Security default yang tersedia di Windows 10 dan Windows 11. Ini adalah salah satu solusi terbaik di luar sana dan untuk sebagian besar situasi, ini berfungsi dengan baik. Anda juga dapat memodifikasi Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Namun, salah satu masalah umum yang telah dilaporkan adalah bahwa setelah upgrade atau secara acak, Windows Security tidak dapat dibuka dan tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Saat pengguna mencoba meluncurkan aplikasi, tidak ada yang terjadi. Jika anda juga mengalami hal yang sama, maka artikel kali ini akan memberikan berbagai solusi yang dapat membantu anda memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Windows Security Tidak Bisa Dibuka atau Tidak Berfungsi


Berikut adalah daftar solusi yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah Windows Security yang tidak dapat dibuka atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat solusinya satu per satu secara terperinci.



1. Install Ulang Windows Security


Masalahnya bukan hal baru dan ini juga telah dilaporkan oleh pengguna Windows 10 ketika mereka mengupgrade dari feature update. Solusinya relatif sederhana. Namun karena Windows Security adalah aplikasi bawaan Windows, jadi diperlukan perlakuan khusus untuk menguninstall aplikasi bawaan Windows ini.


  • Buka Windows PowerShell dengan hak admin. Di Windows 10, tekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Di Windows 11, gunakan Search di taskbar untuk menemukannya, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as Administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dan memilih PowerShell.
  • Selanjutnya, di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


Set-ExecutionPolicy Unrestricted
Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}


Ini akan memastikan development mode untuk salah satu aplikasi dinonaktifkan. Perintah diatas juga akan mendownload dan menginstall ulang semua aplikasi pra-install di system anda. Sekarang, jika anda meluncurkan Windows Security, itu seharusnya akan berfungsi seperti yang diharapkan.


2. Reset Windows Security

Ketika anda mendapati Windows Security tidak dapat dibuka atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba mereset Windows Security untuk memperbaiki masalah ini. Setelah selesai melakukannya, anda dapat membuka Windows Security dan itu seharusnya akan berfungsi seperti yang diharapkan.



3. Jalankan SFC dan DISM

System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dapat membantu memperbaiki file system yang rusak dengan mengganti file yang rusak dengan file baru sehingga aplikasi seperti Windows Security atau file apapun yang dapat diandalkan dapat digunakan seperti yang diharapkan.

Anda dapat menjalankan perintah SFC terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan perintah DISM. Pastikan untuk memeriksa apakah Windows Security terbuka setelah setiap perintah berhasil diselesaikan.


4. Nonaktifkan atau Uninstall Software Antivirus Pihak Ketiga

Jika anda menggunakan software keamanan pihak ketiga, itu bisa mengganggu dan menekan Windows Security. Windows Security selalu dapat bekerja dengan software antivirus pihak ketiga lainnya, tetapi masih ada kemungkinan itu menyebabkan masalah.

Satu-satunya cara untuk menguji adalah menonaktifkan software antivirus tersebut. Jika itu tidak membantu, anda harus menguninstall antivirus tersebut dan memeriksa apakah anda dapat menggunakan Windows Security seperti yang diharapkan.


5. Lakukan Cloud Reset atau Reset PC ini

Jika tidak ada yang berhasil, maka upgrade telah menyebabkan masalah dan satu-satunya jalan keluar adalah mereset PC menggunakan metode Cloud Reset atau metode Reset This PC local. Meskipun metode Cloud Reset membutuhkan waktu lebih lama, namun ini memberi anda versi Windows terbaru dibandingkan dengan metode Reset This PC local, yang akan mereset Windows anda ke versi download terakhir atau yang ditawarkan OEM.



Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara nonaktifkan Windows Security secara permanen di Windows 10/11 atau cara menggunakan Windows Security dari Command Prompt.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows Security tidak bisa dibuka atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Windows Security Tidak Bisa Dibuka atau Tidak Berfungsi di Windows 10/11"