Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan Network & Internet di Windows 11

 


Windows 11 hadir dengan harapan system akan berjalan lebih cepat, lebih aman dan secara keseluruhan setingkat di atas pendahulunya, Windows 10. Hal ini juga membuat Windows 11 mengalami sedikit perombakan, terutama pada aplikasi Settingsnya yang mengalami perubahan yang jauh dari pada sebelumnya.


Saya membuat artikel khusus ini tentang Settings Windows 11, dimana dalam artikel ini, saya akan menggali lebih dalam tentang Settings Network & Internet di Windows 11. Anda dapat dengan mudah mencapai pengaturan Network dan Internet dengan membuka Settings dan kemudian mengklik tab Network & Internet di panel kiri.




Pengaturan Network & Internet di Windows 11


Pengaturan Network & Internet di Windows 11 memiliki beberapa opsi untuk anda dalam mengkonfigurasi system anda dan membuatnya berfungsi seperti yang anda inginkan. Mari kita lihat satu per satu opsi tersebut.



1. Wi-Fi


Mari kita mulai dengan opsi pertama, Wi-Fi. Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan Wi-Fi, menyambung ke jaringan, melupakan (forget) jaringan dan mengkonfigurasi Wi-Fi.


Anda dapat menggunakan tombol Wi-Fi untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, untuk mengkonfigurasi pengaturan lebih lanjut, anda dapat mengkliknya dan anda akan diarahkan ke pengaturan Wi-Fi anda.


Untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi, anda harus mengklik Show available networks, kemudian pilih jaringan yang ingin anda sambungkan, masukkan passwordnya dan klik OK.



2. Ethernet


Opsi Ethernet berfungsi untuk mengkonfigurasi jaringan anda. Disini anda dapat mengubah type profil Network anda dari Public ke Private ataupun sebaliknya. Anda dapat menggunakan Public jika anda ingin membuat perangkat anda tidak dapat ditemukan, sementara Private jika anda ingin membuat perangkat anda dapat ditemukan.


Dari pengaturan ini, anda dapat mengaktifkan Metered connection jika anda menggunakan paket data. Dari sini anda juga dapat mengubah IP address, mengkonfigurasikan DHCP dan mengkonfigurasikan koneksi Ethernet anda secara umum.



3. VPN


Selanjutnya, anda memiliki Virtual Private Network. Untuk menambahkan koneksi VPN baru, anda harus mengklik Add VPN dari bagian VPN connection. Anda kemudian dapat memberikan informasi yang diperlukan dan terhubung ke VPN.


Anda juga dapat menggunakan kedua opsi dari Advanced settings for all VPN connections, dimana Allow VPN over metered networks untuk mengizinkan VPN menggunakan metered network dan Allow VPN while roaming untuk menizinkan VPN saat roaming.



4. Mobile Hotspot


Mobile Hotspot memulai debutnya di Windows 10 dan sekarang menjadi bagian integral dari Microsoft Windows. Fitur ini memungkinkan anda untuk berbagi internet dengan komputer yang berbeda. Anda dapat menggunakan tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut.


Anda dapat memilih Bluetooth atau Wi-Fi pada bagiab Share my internet connection from dan Share over. Jika anda ingin mengedit hotspot, cukup klik tombol Edit, kemudian beri nama hotspot anda dan password.



5. Airplane mode



Airplane Mode dikembangkan untuk menghentikan komputer anda agar tidak terhubung ke jaringan wireless, Wi-Fi, Bluetooth dan mobile network apapun. Anda dapat mengaktifkan Airplane Mode dari sini jika anda ingin mengasingkan komputer anda dari dunia.



6. Proxy


Setelah Airplane Mode, mari kita konfigurasikan Proxy dy sistem anda. Unruk itu buka sSettings dengan mengklik tombol Win + I. Selanjutnya klik Network & internet di panel kiri dan klik Proxy di panel kanan. Anda sekarang dapat mengatur server Proxy.


Untuk menggunakan pengaturan proxy otomatis, pertama-tama aktifkan Automatic detect settings, kemudian klik Set up. Jika anda ingin mengatur Proxy secara manual, klik Set up pada bagian Manual proxy setup.



7. Dial-up


Dial-up adalah salah satu pengaturan yang paling kurang dimanfaatkan di Windows 11. Itu karena router melakukan panggilan untuk koneksi Internet. Tetapi jika anda ingin Dial-up untuk koneksi Internet, anda dapat melakukannya dari pengaturan. Cukup klik Set up a new connection dan kemudian ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.



8. Advanced network settings


Advanced network settings merangkum lebih banyak opsi dalam diri mereka sendiri. Saat anda membuka pengaturan ini, anda akan melihat opsi untuk menonaktifkan Network adapter anda. Anda dapat menonaktifkan Ethernet, Wi-Fi dan Bluetooth Network Connection.


Dari More settings, anda dapat melihat Data usage, Hardware and connection properties dan Network reset. Semuanya berfungsi seperti namanya.



Itu saja yang perlu anda ketahui tentang pengaturan Network & internet di Windows 11. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki opsi WiFi tidak muncul di Windows 11 atau cara reset Network Adapter di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memehami semua hal tentang pengaturan Network & Internet di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Pengaturan Network & Internet di Windows 11"