Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Settings Windows 11 yang Harus Segera Anda Periksa dan Mengubahnya

 


Windows 11 secara resmi dirilis untuk masyarakat umum dan memiliki beberapa fitur yang harus anda waspadai. Salah satu fitur tersebut adalah aplikasi Settingsnya yang didesain ulang dan ditingkatkan agar sesuai dengan pengguna modern. Anda juga dapat membuat perubahan pada beberapa pengaturan default untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman anda dalam menggunakan OS Windows 11 yang baru. Dalam panduan ini, saya akan membagikan Settings Windows 11 yang harus anda periksa dan langsung mengubahnya.



Settings Windows 11 yang Harus Segera Anda Periksa dan Mengubahnya


Anda dapat mengubah beberapa pengaturan di Windows 11 untuk meningkatkan pengalaman anda secara keseluruhan. Cukup buka aplikasi Settings Windows 11 menggunakan tombol Win + I dan kemudian buat beberapa perubahan yang sesuai. Berikut adalah beberapa pengaturan Windows 11 yang harus anda periksa dan segera mengubahnya.



1. Sign-in dengan Local Account


Jika anda suka menggunakan Local Account bukan Microsoft Account online, maka anda dapat dengan mudah beralih ke Local Account anda. Ini pada dasarnya akan menonaktifkan semua background telemetry dan service pelacakan. Proses melakukannya mirip dengan Windows 10.



  • Cukup tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Kemudian pilih Account di panel kiri, sementara di panel kanan klik Your info.
  • Di halaman ini, klik opsi Sign in with a local account instead.
  • Selanjutnya, anda dapat mengikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan prosesnya.


Ini adalah opsi pengaturan yang baik untuk diperiksa dan diubah bagi pengguna yang menyukai privasi.



2. Nonaktifkan Notifikasi yang Mengganggu


Jika anda ingin Windows 11 anda terlihat bersih dan ramping tanpa notifikasi mengganggu yang menyarankan anda mencoba produk dan fitur tertentu, maka hal terbaik yang harus anda lakukan adalah menonaktifkan notifikasi tersebut.



  • Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian pergi ke tab System di panel kiri dan klik Notifications di panel kanan.
  • Di halaman ini, anda akan melihat berbagai pengaturan notifikasi.
  • Gulir ke bawah ke bagian akhir halaman dan anda akan melihat dua opsi yang bernama Offer suggestions on how I can set up my device dan Get tips and suggestions when I use Windows.
  • Anda perlu menghapus ceklist pada kedua opsi ini untuk menonaktifkan notifikasi yang disarankan.
  • Selanjutnya, anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi dari aplikasi dan pengirim tertentu.



3. Nonaktifkan Iklan


Jika anda melihat promosi dan iklan muncul sesekali dan anda tidak menyukainya, maka anda dapat menonaktifkan iklan di Windows 11. Iklan ini dapat muncul di Start menu, hasil pencarian, konten yang disarankan di aplikasi Settings dan lainnya. Jadi, nonaktifkan dan tingkatkan serta sesuaikan pengalaman anda sesuka anda.


Untuk menonaktifkan iklan di Windows 11, ikuti langkah-langkah dibawah ini.



  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik General di bawah bagian Windows permissions.
  • Anda sekarang akan melihat beberapa tombol untuk menyesuaikan termasuk Let apps show me personalized ads by using my advertising ID, Let Windows improve Start and search results by tracking app launches, Show me suggested content in the Settings app dan lainnya.
  • Cukup nonaktifkan semua opsi tersebut ke Off untuk menonaktifkan semua jenis iklan di Windows 11.



4. Ubah Browser Default Anda


Anda dapat mengubah browser default anda di Windows 11 ke yang anda sukai. Browser default selalu diatur ke Microsoft Edge, dimana browser ini semuanya sudah ditingkatkan dan merupakan browser web yang hebat. Namun, jika anda lebih suka menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox atau browser web lainnya, maka anda dapat melakukan beberapa penyesuaian di Settings Windows untuk mengubah browser web default anda.



Untuk mengubah browser web default anda, buka aplikasi Settings kemudian buka Appps - Default apps dan gulir ke bawah ke Microsoft Edge dan ketuk di atasnya. Selanjutnya, klik semua type file satu per satu dan kemudian ubah semua file asosiasinya ke browser web yang diinginkan yang sudah anda install sebelumnya. Anda dapat melihat panduan lengkap untuk mengubah browser web default di Windows 11.



5. Periksa Update Windows


Memeriksa update baru Windows penting untuk memastikan anda telah menginstall semua patch dan update termasuk beberapa update driver dan feature update. Untuk itu, anda dapat membuka aplikasi Settings dan menavigasi ke tab Windows Update. Disini, anda dapat memeriksa update dan melihat beberapa opsi di Advanced options seperti Get me up to date, Optional updates, Active hours, Delivery Optimization, Metered connection dan lainnya.




6. Menambahkan Folder Favorit ke Start Menu


Jika anda ingin mengakses beberapa folder yang sering digunakan dengan cepat, maka anda dapat menambahkan folder langsung ke Start menu. Windows 11 memungkinkan anda menambahkan beberapa folder yang telah ditentukan sebelumnya ke Start menu termasuk Videos, Pictures, Music, Documents, Downloads, Personal folder dan File Explorer. Folder yang anda tambahkan dapat langsung diakses dari Start menu yang berada tepat di sebelah tombol Power.




7. Singkirkan Item Recommended dari Start Menu


Jika anda ingin melihat Start menu yang rapi tanpa terlalu banyak item yang mengacaukannya, maka anda dapat menyembunyikan item Recommended dari Start menu. Item ini mungkin berguna bagi sebagian orang karena mencakup beberapa rekomendasi yang dipersonalisasi. Namun, mungkin juga anda tidak terlalu memerlukannya. Jadi, menghapus bagian ini dapat meningkatkan pengalaman anda.




8. Sinkronkan Clipboard Across Devices


Anda dapat membagikan riwayat clipboard antara PC dan smartphone anda. Jadi, pastikan anda telah mengaktifkan pengaturan masing-masing untuk menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan di panel kanan klik Clipboard.
  • Kemudian, aktifkan opsi Sync across your devices.


Anda sekarang dapat mengakses riwayat clipboard anda di perangkat lain yang didukung. Untuk dapat menyinkronkan riwayat clipboard pada smartphone, anda harus memiliki aplikasi beta SwiftKey di ponsel anda.



9. Nonaktifkan Autoplay di Microsoft Store Windows 11


Jika anda tidak suka video diputar secara otomatis di Microsoft Store di Windows 11 anda, maka nonaktifkan. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Buka aplikasi Microsoft Store, kemudian klik ikon profil anda di bagian atas jendela dan pilih opsi App settings.
  • Di halaman settings Microsoft Store, nonaktifkan opsi Video Autoplay ke Off.



10. Ubah Refresh Rate Layar


Windows 11 mendukung high refresh rate display dan dapat dengan mudah beralih dari 60Hz ke 120Hz. Jika monitor anda mendukung refresh rate yang lebih tinggi seperti 120Hz, 144Hz atau 240Hz, maka anda dapat mencoba mengubah refresh rate layar untuk memastikan tampilan konten yang lebih mulus.



  • Untuk melakukannya, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Advanced Display.
  • Disini, anda akan melihat opsi Choose a refresh rate. Cukup pilih refresh rate yang lebih tinggi untuk gerakan yang lebih halus.



11. Sesuaikan Power Mode


Power Mode default di Windows 11 diatur ke Balanced untuk menghemat masa pakai baterai. Namun, anda dapat mengubahnya untuk mendapatkan performa terbaik dari perangkat anda. Jadi, anda dapat mengubahnya menjadi Best Performance.



  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Power & battery di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, gunakan tombol drop-down dari opsi Power Mode untuk memilih Best Performance.



12. Blokir Instalasi Aplikasi Pihak Ketiga


Jika anda memiliki remaja atau orang tua yang menggunakan PC, disarankan untuk memblokir instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Ini akan memastikan bahwa tidak ada aplikasi jahat yang diinstall pada system anda tanpa disadari dan mencegah system anda dari malware dan virus.


Selain itu, dengan Microsoft Store yang baru dan lebih baik di Windows 11, anda bisa mendapatkan sebagian besar aplikasi populer langsung dari Microsoft Store. Karenanya, anda hanya dapat mengizinkan penginstalan aplikasi dari Microsoft Store.



  • Untuk itu, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Selanjutnya, klik pada menu drop-down Choose where to get apps dan pilih The Microsoft Store only (Recommended).
  • Opsi terbaik berikutnya yang saya sarankan adalah Anywhere, but warn me before installing an app that's not from the Microsoft Store.


Fitur-fitur baru lainnya di Windows 11 termasuk Redesigned Start, Taskbar, UI, Snap Layout, Snap Groups dan banyak lagi dapat anda manfaatkan untuk pengalaman yang lebih baik. Jika anda memiliki edisi Business atau Enterprise, ada beberapa fitur Productivity and Collaboration, Security Feature dan banyak lagi fitur yang dapat anda manfaatkan.


Itu dia! Semoga ini membantu! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara nonaktifkan Windows Presentation Settings di Windows 10/11 atau cara membuat dan mengelola ruang penyimpanan dari Settings Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa Settings Windows 11 dan segera mengubah pengaturannya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!



Posting Komentar untuk "Settings Windows 11 yang Harus Segera Anda Periksa dan Mengubahnya"